Jangan Cuma Sekedar Memotret Bila Tak Ingin Kehilangan Memori

Memotret menurut peneliti dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingat detail yang ada dalam memori tersebut.

oleh Kusmiyati diperbarui 15 Des 2013, 16:01 WIB
Diterbitkan 15 Des 2013, 16:01 WIB
photo-131215b.jpg
Hampir semua orang saat berada dalam momen tak terlupakan pasti akan mengabadikannya lewat dengan memotret.

Menurut Peneliti dari Fairfeld University di Connecticut, Linda Henkel dalam sebuah studinya yang dikutip Nydailynews, Minggu (15/12/2013) memotret justru dapat mengurangi kemampuan seseorang untuk mengingat detail memori tersebut.

"Ketika seseorang memotret sebuah momen indah dan menyenangkan dan hanya mengandalkan kamera saja. Suatu saat mereka hanya dapat melihat apa yang ada di gambar namun kemampuan mengingat detail dari peristiwa tersebut akan berkurang. Dan mereka hanya mengamatinya saja bukan mengingat detailnya," katanya.

Linda melakukan penelitian tersebut dengan melibatkan 28 subjek foto dan beberapa orang. Dengan subjek secara acak tim peneliti meminta beberapa orang tersebut mengamati dan menceritakan kembali kejadian tersebut.

"Orang-orang itu tidak dapat mengingat secara detail apa yang ada di sekelilingnya. Mereka hanya sedikit mengingat tetapi tidak dapat merincikan dengan detail apa yang terjadi," katanya.

Menurut Linda sebaiknya saat mengabadikan gambar tidak hanya sekedar memotret tetapi juga memperhatikan sekelilingnya. "Berinterasksilah dengan foto-foto tersebut bukan hanya sekadar mengabadikan saja tetapi perhatikan juga sekelilingnya," ujar Linda. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya