Tiket Parkir Gratis untuk Penderita Kegemukan di Inggris

Saking banyaknya orang gemuk sekali, sampai ada rencana memberi tiket parkir gratis untuk mereka yang kegemukan

oleh Melly Febrida diperbarui 21 Jan 2014, 16:45 WIB
Diterbitkan 21 Jan 2014, 16:45 WIB
parkir-obesitas-140120b.jpg
Obesitas kini dikategorikan sebagai penyakit dan jumlahnya pun semakin banyak. Di Inggris, orang obesitas atau kegemukan akan mendapatkan lencana biru sehingga gratis bila memarkirkan kendaraannnya. Ini semua karena mereka tak bakal mampu berjalan jauh.

Untuk mendapatkan lencana biru tentu mereka harus menjalani penilaian medis lebih dahulu. Jika memenuhi syarat, maka boleh mendapatkannya.

Lebih dahulu mereka harus mengajukan permohonan agar bisa mendapat lencana biru itu jika berat badannya sudah membatasi kemampuannya untuk berjalan.

Namun kritikan muncul. Para pengkritik minta agar tes dilakukan lebih ketat untuk mencari tahu dan memutuskan dengan bijak apakah masalah berat badan pemohon itu karena kesalahan mereka sendiri.

"Dewan harus melakukan penelitian yang cukup dalam dan bagus untuk meyakinkan bahwa mereka tak mengecualikan orang yang gemuk bukan karena kesalahan mereka sendiri," ujar Tam Fry dari National Obesity Forum seperti dikutip Dailymail, Senin (20/1/2014).

"Ada banyak orang yang memiliki masalah genetik yang membuatnya gemuk."

Fry menjelaskan, rencana ini hanya membuang-buang uang saja. Apalagi di Inggris ada 2 juta orang yang obesitas. Jangan sampai dewan melakukan ini semua karena masalah obesitas semakin memburuk. "Apakah kamu akan memberikan 2 juta orang tiket gratis di seluruh negeri ini?"

"Dewan lokal harus mengatur program manajemen berat badan dan menempatkan orang-orang ini pada program manajemen berat badan, yang jauh lebih murah. Orang-orang yang dapat dijamin melewati ini harus memiliki surat dari dokter atau semacam pelayan medis dan mereka harus lulus,"ujarnya.

Walsall Council mengungkapkan, mereka telah meloloskan pendaftar yang obesitas. Coventry City Council juga mengungkapkan bahwa pemohon telah meletakkan obesitas sebagai salah satu alasan mereka di balik permintaan lencana biru.

Dalam pedoman Departemen Transportasi disebutkan, seseorang bisa mengajukan izin jika mereka memiliki ketidakmampuan tetap dan subtansial yang menyebabkannya tak mampu berjalan atau sangat sulit berjalan.

Sementara Robert Oxley, Campaign Director of the TaxPayers Alliance mengatakan, dewan harus berhati-hati dalam memberikan izin dan memastikan itu hanya diberikan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan.

"Obat terbaik (obesitas) adalah olahraga dan diet. Sedikit berjalan mungkin resep terbaik yang tersedia," ujarnya.

Seperti diketahui, lebih dari seperempat orang dewasa (26 persen) mengalami obesitas, naik dari yang hanya 8 persen pada tahun 1980. Pada tahun 2007, sebuah tinjauan pemerintah memperingatkan bahwa pada tahun 2050 obesitas akan diderita oleh setengah dari semua orang dewasa.

(Mel/Abd)

Baca Juga:

Mulai Sekarang Kegemukan Masuk Golongan Penyakit
Obesitas, Akibat Gangguan Makan Hingga Penyakit
Obesitas Juga Penyakit, Bisa Bikin Diabetes

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya