5 Wisata Boyolali Paling Hits, Cocok Buat Kamu Si Pecinta Alam

Wisata Boyolali ini memiliki pemandangan alam pegunungan dengan udara yang sejuk.

oleh Rizzaq Aynur Nugroho diperbarui 27 Mar 2019, 15:50 WIB
Diterbitkan 27 Mar 2019, 15:50 WIB
Merapi dari Gunung Merbabu
Pemandangan Gunung Merapi dilihat dari atas Gunung Merbabu di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019). Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir masih tinggi dan masih berada di level 2 atau waspada. (Merdeka/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta Boyolali adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, dengan pusat administrasi berada di Kemiri dan Mojongsongo. Kabupaten Boyolali terletak kurang lebih 25 kilometer sebelah barat Kota Surakarta, dan berbatasan dengan beberapa kabupaten lainnya seperti Kabupaten Klaten bahkan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dengan luas sekitar 1.015 kilometer persegi, Kabupaten Boyolali memiliki populasi kurang lebih 930.531 jiwa. Kabupaten yang memiliki julukan New Zealand Van Java atau Selandia Baru dari jawa ini menjadi daerah yang terkenal dengan produksi susu yang cukup terkenal dan produsen daging sapinya.

Kabupaten Boyolali secara topografi wilayahnya merupakan wilayah dataran rendah dengan perbukitan dan pegunungan. Berada di ketinggian rata-rata 700 meter di atas permukaan laut, dan titik tertinggi di Kabupaten Boyolali adalah 1.500 meter di atas permukaan laut yang berada di Kecamatan Selo.

Terdapat dua gunung yaitu Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang berada di bagian Kabupaten Boyolali. Karena letaknya yang berada di daerah pegunungan dan dataran yang cukup tinggi, Kabupaten Boyolali memiliki potensi dibidang perternakan, pertanian, hingga kawasan industri.

Tidak hanya itu, Boyolali juga memiliki banyak tempat pariwisata yang beragam dan cukup terkenal. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Boyolali yang patut kamu ketahui dan bisa menjadi salah satu tempat berekreasi yang unik dan menarik, Rabu (27/03/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Air Terjun Kedung Kayang

[Bintang] Jawa Tengah
Air Terjun Kedung Kayang, Boyolali, Jawa Tengah. (izofora/Instagram)

Wisata Boyolali yang pertama adalah Air Terjun Kedung Kayang. Wisata Boyolali ini sudah cukup terkenal, dengan pemandangan utamanya adalah air terjun yang cukup tinggi dengan air yang segar dari pegunungan di sana.

Air Terjun Kedung Kayang ini menjadi wisata Boyolali yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Boyolali. Air terjun ini berada di dua gunung terkenal, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Lokasi dari air terjun ini memang menjadi rebutan dari dua daerah, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Boyolali karena terletak di antara kedua kabupaten ini. Wisata ini berjarak 55 kilometer dari Yogyakarta, 30 kilometer dari Kabupaten Boyolali, dan 30 kilometer dari Kabupaten Magelang.


2. Waduk Kedung Ombo

[Bintang] Jawa Tengah
Waduk Kedung Ombo, Boyolali, Jawa Tengah. (Sumber Foto: yanuar_ardidiansyah/Instagram)

Wisata Boyolali selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Waduk Kedung Ombo. Di sini kamu bisa berfoto ria dan memanjakan mata dengan pemandangan alam dan luasnya hamparan waduk dengan udara yang cukup sejuk.

Fasilitas lainnya yang disediakan di Waduk Kedung Ombo lainnya adalah bumi perkemahan, hutan wisata, tempat memancing, wisata air, hingga rumah makan apung.

Lokasi dari wisata Boyolali yang satu ini berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, kurang lebih 50 kilometer ke arah utara dari Kota Boyolali. Sebenarnya waduk ini berada di tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Boyolali, Kabupaten Sragen, dan Kabupaten Grobogan. Kebayangkan betapa luasnya waduk ini.


3. New Selo

New Selo Boyolali
New Selo Boyolali (sumber: instagram/nurrahman007

New Selo adalah salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berada di Boyolali. Meskipun untuk menuju kelokasi cukup memakan tenaga karena jalan menuju kesana adalah pegunungan, namun kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan yang ada di sana.

Wisata Boyolali satu ini akan menyuguhkan pemandangan alam di sekitar Gunung Merbabu dan Gunung Merapi, letaknya memang berada tepat di kaki Gunung Merapi dan juga merupakan salah satu jalur utama pendakian menuju puncak Gunung Merapi.

New Selo juga merupakan wisata dari Taman Nasional Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kamu harus berhati-hati jika sudah memasuki kawasan New Selo, karena untuk menuju di pusat wisatanya, kamu harus menyusuri jalan aspal beton dengan tanjakan yang cukup terjal.


4. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Merapi dari Gunung Merbabu
Para pendaki melintasi pemandangan Gunung Merapi dari atas Gunung Merbabu di Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (2/2/2019). Aktivitas Gunung Merapi dalam beberapa hari terakhir masih tinggi dan masih berada di level 2 atau waspada. (Merdeka/Arie Basuki)

Kedua gunung ini merupakan gunung yang berada di Kabupaten Boyolali. Di sini kamu bisa melakukan pendakian dan melakukan kamping di gunung ini. Gunung Merapi memang sudah terkenal hingga keluar negeri karena sifatnya yang masih aktif atau kapan saja bisa mengalami erupsi.

Kamu harus selalu waspada ketika ingin mendaki ke Gunung Merapi dan selalu bertanya di pos pendakian sebelum pergi ke puncak. Terkadang Gunung Merapi tidak boleh didaki oleh sembarangan orang atau untuk umum terkecuali untuk proses penelitian dan itu juga harus sesuai dengan izin dari pihak pengelola Taman Nasional Gunung Merapi.

Gunung Merbabu berada di sebelah Gunung Merapi. Gunung ini menjadi pilihan kedua apa bila Gunung Merapi sedang tidak boleh didaki oleh pendaki umum. Gunung Merbabu juga tidak kalah menarik pemandangan yang disuguhkan di wisata Boyolali.


5. Agro Wisata Sapi Perah

Ilustrasi Boyolali Pusat Susu Sapi
Ilustrasi Boyolali Pusat Susu Sapi (sumber: instagram/febysyahril)

Wisata Boyolali yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Boyolali memang terkenal dengan produksi susu sapi dan peternakan sapinya. Jika kamu sedang berlibur ke Kabupaten Boyolali, sempatkanlah untuk mengunjungi salah satu Agro Wisata Sapi Perah yang ada di sana. Kamu bisa belajar bagaimana cara merawat sapi hingga mencoba memerah susunya.

Kamu juga bisa menikmati susu sapi secara langsung di sana. Tidak hanya susu sapi biasa, kamu juga bisa menikmati olahan-olahan susu sapi lainnya yang biasanya juga di jual.

Itulah beberapa wisata Boyolali yang wajib kamu tahu dan kamu kunjungi ketika berada di sana. Masih banyak sekali wisata Boyolali dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata kuliner yang beragam.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya