Ini Cara Praktis Awasi Penggunaan Gadget pada Anak

Awasi kegiatan anak di internet dengan aplikasi ini

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 28 Mar 2019, 21:17 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2019, 21:17 WIB
Pantau anak bermain gadget menggunakan aplikasi
(Orangtua bisa pantau anak bermain gadget/Sumber: families.google.com)

Liputan6.com, Jakarta Di era yang serba digital ini, membuat segala aktivitas manusia dapat dengan mudah dilakukan. Kehadiran beragam produk digital mampu bantu manusia dari berbagai kalangan untuk melakukan segala kegiatan agar lebih cepat dan mudah. Tidak hanya orang dewasa, beberapa tahun terakhir anak-anak sudah sangat aktif menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-harinya. 

Kini anak-anak sudah sangat aktif dalam menggunakan gadget. Biasanya mereka bermain gadget untuk berselancar di dunia maya atau internet. Aktifnya anak-anak dalam menggunakan gadget ini terkadang membuat orangtua menjadi resah. Bagaimana tidak, berbagai hal bisa anak lakukan di internet tanpa sepengetahuan orangtuanya.

Namun saat ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Mulai saat ini Anda sudah bisa mengetahui dan memantau kegiatan anak di internet melalui aplikasi dari Google. Tepat pada tahun 2017 lalu, Google telah meluncurkan aplikasi Family Link. Aplikasi ini bisa dijadikan alat bagi orangtua untuk memantau kegiatan anak Anda saat berselancar di internet.

Aplikasi Family Link ini bisa bantu orangtua untuk membatasi waktu pemakaian dan mengunci perangkat saat waktu istirahat tiba sesuai yang telah diatur oleh orangtua.

Di sini orangtua juga memiliki control untuk menyetujui dan memblokir aplikasi apa saja yang boleh diunduh dari Google Play Store. Selain itu, para orangtua juga bisa melacak di mana lokasi anak, melalui perangkat yang dibawanya.

Dengan aplikasi ini, orangtua bisa mengevaluasi seberapa banyak waktu yang dihabiskan oleh anaknya untuk mengakses aplikasi di Android. Nah, berikut ulasan tentang aplikasi Family Link yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Kamis (28/3/2019) tentang penggunaan gadget anak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pantau Anak dengan Aplikasi Family Link

Aplikasi ini sudah bisa diunduh bagi Anda yang menggunakan perangkat Andorid maupun iOS. Bagi orangtua yang ingin menggunakan aplikasi ini, pastikan perangkat Anda sudah pada versi yang terbaru, ya. Untuk Android, pastikan sudah dalam versi 4.4 ke atas. Sedangkan untuk perangkat iOS pastikan sudah pada versi 9 ke atas.

Selain itu, pastikan Anda sudah memiliki akun Google agar bisa menggunakan aplikasi Family Link ini. Kalau sudah, masukkan tanggal lahir anak Anda. Kalau anak Anda berusia di bawah 13 tahun, orangtua akan diminta untuk memberikan [ersetujuan dalam membuat akun.


Sambungkan dengan Perangkat Anak

Sedangkan untuk anak Anda, aplikasi bisa berjalan pada perangkat Android 7.0 ke atas. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan di Chromebook.

Untuk proses verifikasi akun bagi anak, Google akan meminta nomor kartu kredit Anda. Walaupun dalam keterangannya tidak akan memungut biaya dalam penggunaaan aplikasi Family Link ini.

Kalau sudah selesai, aplikasi ini akan secara otomatis diunduh ke perangkat anak Anda. Kemudian Anda bisa memilih aplikasi dan pengaturan yang diinginkan untuk mereka. Kalau pengaturan sudah selesai, Anda sudah bisa mulau mengawasi anak saat sedang bermain gadget.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya