8 Cara Menjaga Kehangatan Tubuh di Musim Hujan, Perhatikan Asupan Makanan

Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan dilakukan untuk menjaga kesehatan kamu.

oleh Husnul Abdi diperbarui 25 Nov 2020, 09:15 WIB
Diterbitkan 25 Nov 2020, 09:15 WIB
Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan
Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan (Image by StockSnap from Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan dilakukan untuk menjaga kesehatan kamu. Perubahan suhu yang ekstrem dari cuaca yang panas terik menjadi dingin dan lembap bisa menyebabkan kamu terserang penyakit.

Tidak heran banyak orang mengalami flu dan pilek saat musim hujan tiba. Hal ini berkaitan dengan pertukaran cuaca tersebut. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa upaya untuk menjaga kehangatan badan sekaligus menjaga kesehatan.

Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan bisa dilakukan dengan memperhatikan konsumsi makanan. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan pakaian yang tepat baik saat di luar rumah maupun di dalam rumah. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran.

Kamu juga perlu untuk selalu membawa payung saat musim hujan. Kehujanan dapat membuat suhu tubuh menurun secara drastis. Hal ini membuat kamu berisiko terkena penyakit. Oleh karena itu, selalu bawa payung kemana pun pergi. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter, Rabu (25/11/2020) tentang cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan dengan Memperhatikan Asupan Makanan

Penuhi Kebutuhan Cairan
Penuhi Kebutuhan Cairan. Sumber: Freepik

Penuhi Asupan Kalori Tubuh

Memenuhi kebutuhan kalori menjadi salah satu cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan “bahan bakar” agar suhunya tetap terjaga, apalagi saat cuaca dingin. 

Oleh karena itu, kamu harus memenuhi kebutuhan kalori agar tubuh bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal. Konsumsi setidaknya satu makanan hangat dalam sehari. Selain itu, konsumsi juga berbagai buah, sayuran, dan makanan yang tidak diolah lainnya.

Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh juga tetap harus terhidrasi saat musim hujan. Hal ini disebabkan karena kekurangan cairan dapat membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat kita gampang terserang penyakit. Kamu bisa mengonsumsi susu atau teh hangat sebagai salah satu cara menghangatkan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan cairan. Namun, usahakan tetap minum air putih minimal 8 gelas atau sebanyak 2 liter per hari.

 


Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan dengan Memperhatikan Asupan Makanan

Ilustrasi Makan Pedas
Ilustrasi makan pedas (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Makan Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa menjadi cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Saat makan makanan pedas, keringat akan keluar dan biasanya kamu akan kegerahan dan rasa dingin tak lagi terlalu terasa menusuk. Namun, saat kamu punya masalah atau gangguan pencernaan, sebaiknya jangan makan makanan pedas terlalu banyak.

Penuhi Kebutuhan Zat Besi dan Vitamin B12

Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan berikutnya adalah memenuhi kebutuhan zat besi dan vitamin B12.  Hal ini karena kedua zat tersebut harus tercukupi agar kamu tidak terkena anemia. Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah terlalu sedikit dan tak bisa mengantarkan oksigen dengan cukup ke seluruh tubuh. Anemia bisa membuat kamu merasa kedinginan.

Wanita hamil rentan anemia karena kadar kebutuhan zat besinya lebih tinggi. Kamu bisa mengonsumsi daging ayam, telur, atau ikan untuk mendapatkan vitamin B12. Sementara itu, dapatkan kandungan zat besi dengan mengonsumsi unggas, makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.


Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan dengan Memperhatikan Penggunaan Pakaian

Outfit
Ilustrasi Fashion di Musim Hujan Credit: pexels.com/Daniel

Pakai Kaus Kaki saat Tidur

Cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan berikutnya adalah dengan pakai kaus kaki. Tidak hanya membantu menghangatkan seluruh tubuh, kaki yang hangat juga dapat memberi sinyal ke otak bahwa ini adalah waktu untuk tidur.

Sebab, banyak orang tidak bisa tidur karena kakinya kedinginan. Jadi, salah satu cara sederhana adalah menghangatkan tubuh dengan memakai kaus kaki. 

Memakai Pakaian Berlapis

Jika hendak keluar saat musim hujan seperti sekarang, tak ada salahnya memakai pakaian berlapis. Mulailah dengan kain tipis, seperti pakaian dalam yang menyerap kelembapan. Lalu, tambahkan kaus tebal atau sweater dan kenakanlah jaket sebagai pakaian terluar.

Tiga lapisan biasanya sudah cukup menahan tubuh dari rasa dingin. Cukup tambahkan lapisan lain jika kamu masih kedinginan dan copot satu di antaranya jika sudah merasa kegerahan.


Cara Menjaga Kehangatan Tubuh saat Musim Hujan dengan Memperhatikan Penggunaan Pakaian

Ilustrasi seorang pria berolahraga di rumah.
Ilustrasi seorang pria berolahraga di rumah.

Gunakan Flanel

Cara menjaga kehangatan tubuh selanjutnya adalah memilih pakaian yang tepat. Pakaian berjenis flanel akan membuat kamu tetap nyaman dan memberi kesempatan tubuh "bernapas".  Tubuh juga tidak akan terlalu panas atau lembap karena berkeringat saat mengenakan baju berbahan flanel. Apabila benar-benar kedinginan, coba pakai celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

Berolahraga

Jalan-jalan atau joging bisa dilakukan sebagai cara menjaga kehangatan tubuh saat musim hujan. Jika di luar terlalu dingin, lakukan saja olahraga di dalam ruangan, seperti sit up dan push up. Tidak hanya menghangatkan tubuh, olahraga ringan ini membantu membangun otot dan membakar kalori.

Olahraga ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh, setidaknya untuk sementara waktu. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap sehat.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya