10 Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia, Pahami Juga Pengertiannya

pengertian dan manfaat bioteknologi untuk kehidupan manusia.

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 13 Okt 2022, 15:45 WIB
Diterbitkan 13 Okt 2022, 15:45 WIB
Ilustrasi bioteknologi
Ilustrasi bioteknologi. (Photo on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia bisa diterapkan dalam bidang kesehatan, pertanian dan lingkungan. Bioteknologi secara sederhana adalah teknologi yang berbasis biologi. Cukup mudah untuk mengetahuinya dari kata, bio, dan teknologi yang digabungkan menjadi satu.

Ahli mengatakan bahwa bioteknologi akan menjadi alat bertahan hidup di masa depan karena meningkatnya kebutuhan akan teknologi baru di berbagai bidang, mulai dari sektor pertanian hingga sektor kesehatan. Manfaat bioteknologi di berbagai sektor ini membuat teknologi ini terus berkembang pesat.

Nyatanya ada banyak manfaat bioteknologi yang telah dirasakan oleh manusia, mulai dari konsumsi makanan olahan sehat seperti keju dan yogurt, hingga manfaat bioteknologi dalam aspek kesehatan seperti penemuan vaksin dan antibiotik.

Lalu apa saja manfaat bioteknologi? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian dan manfaat bioteknologi untuk kehidupan manusia. Kamis (13/10/2022).


Apa itu Bioteknologi?

FOTO: Mengintip Dapur Produksi Alat Tes Mandiri COVID-19
Seorang karyawan perusahaan bioteknologi inovatif NG Biotech membuat alat tes mandiri COVID-19 di Guipry-Messac, Prancis, 13 Januari 2022. Sebuah perusahaan bioteknologi inovatif asal Prancis, NG Biotech, mengembangkan dan memproduksi alat tes mandiri COVID-19. (Damien MEYER/AFP)

Apa itu Bioteknologi?

Bioteknologi menggunakan proses seluler dan molekuler untuk membuat kemajuan teknologi guna mengurangi jejak lingkungan kita, menggunakan lebih sedikit energi, melawan penyakit langka dan meningkatkan efisiensi kita dalam proses manufaktur industri. Dalam bioteknologi, sektor yang dimanfaatkan tidak terbatas.

Bioteknologi bukanlah disiplin baru, bioteknologi diperkenalkan 6000 tahun yang lalu untuk fermentasi anggur, keju, dan roti. Namun, pertumbuhan nya berkembang sangat pesat seiring waktu. Bioteknologi modern dibagi menjadi beberapa cabang, yang biasanya diwakili oleh warna.

Merah untuk bioteknologi medis, Hijau untuk bioteknologi lingkungan dan bioteknologi pertanian, Putih untuk bioteknologi industri, Biru untuk bioteknologi kelautan, Kuning untuk bioteknologi pangan. Selama berabad-abad bioteknologi telah dibatasi pada sektor pertanian untuk memanen lebih banyak tanaman dan meningkatkan hasil.

Sayangnya industri bioteknologi membutuhkan banyak uang untuk mengembangkan teknologi biotek. Mereka menghabiskan banyak uang untuk membuat penelitian dan teknologi baru. Namun, bahkan dengan biaya tinggi yang dibutuhkan untuk industri bioteknologi, investasi di bidang bioteknologi dianggap berisiko, meskipun mereka memiliki potensi imbalan yang sangat tinggi.

Bioteknologi adalah istilah umum untuk apa pun yang melibatkan organisme hidup dan produknya, seperti obat untuk mengobati kanker atau tanaman yang direkayasa dengan pestisida bawaan. Dengan begitu banyak potensi aplikasi, bioteknologi dapat memberikan dampak yang signifikan setiap hari.


Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

Watimpres Dukung Kementan Kembangkan Bioteknologi Reproduksi
(Foto:Dok.Kementerian Pertanian RI)

Manfaat Bioteknologi

Dilansir dari forum ekonomi dunia, terdapat beberapa manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia di berbagai sektor kehidupan.

1. Bioproduksi bahan kimia, energi, dan bahan lainnya yang berkelanjutan

Manusia telah menghabiskan sejumlah besar cadangan bahan bakar fosil dunia. Cadangan ini terbatas dan tidak dapat diperbarui. Selain itu, penggunaannya berkontribusi besar terhadap gas rumah kaca yang berdampak negatif terhadap lingkungan.

Bioteknologi dapat berkontribusi pada kelestarian lingkungan melalui proses yang dikenal sebagai biosintesis buatan, yang menggunakan organisme hidup seperti bakteri, jamur atau tanaman untuk membuat bahan bakar, bahan kimia dan bahan lainnya.

 

2. Bioproses

Manfaat bioteknologi yang selanjutnya adalah dapat mengurangi limbah. Biorefineries dapat menggunakan aliran limbah industri untuk menghasilkan bahan kimia dan bahan bakar, sehingga menutup lingkaran produksi limbah dan menempatkan kita selangkah lebih dekat untuk menjadi masyarakat tanpa limbah.


Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

bioteknologi-130704b.jpg
bioteknologi

3. Tanaman yang dimodifikasi secara genetik meningkatkan produksi pangan yang berkelanjutan

Ketika populasi global menggelembung ke jumlah yang menakjubkan, memproduksi cukup makanan untuk orang-orang tersebut serta untuk seluruh makhluk hidup lainnya adalah masalah yang berkelanjutan karena sulitnya produksi yang berkelanjutan. Dan modifikasi genetik tanaman dapat membantu memecahkan masalah ini.

Bukti menunjukkan bahwa, di tempat-tempat yang diperbolehkan, tanaman hasil bioteknologi modern berkontribusi pada pertumbuhan produktivitas pertanian. Tanaman bioteknologi juga berkontribusi terhadap keberlanjutan tanaman dengan memungkinkan penggunaan pestisida yang lebih sedikit dan mengurangi kebutuhan pengolahan tanah yang memicu erosi.

 

4. Obat regeneratif untuk membuat organ baru

Dalam aspek kesehatan, manfaat bioteknologi telah dikembangkan menjadi obat regenerative untuk membuat organ. Bioteknologi akan memungkinkan pertumbuhan jaringan dan organ di laboratorium dan memungkinkan ahli bedah untuk menggunakannya dengan aman ketika tubuh tidak dapat menyembuhkan dirinya sendiri.


Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

FOTO: Mengintip Dapur Produksi Alat Tes Mandiri COVID-19
Karyawan perusahaan bioteknologi inovatif NG Biotech membuat alat tes mandiri COVID-19 di Guipry-Messac, Prancis, 13 Januari 2022. Sebuah perusahaan bioteknologi inovatif asal Prancis, NG Biotech, mengembangkan dan memproduksi alat tes mandiri COVID-19. (Damien MEYER/AFP)

5. Bioproses air laut untuk menghasilkan bahan bakar dan bahan kimia

Berpegang pada tema biofuel, sumber bahan bakar dan bahan kimia potensial yang kaya adalah lautan. 70% dari permukaan dunia tertutup air, dan dengan demikian, anda dapat membayangkan bahwa ada banyak rumput laut yang mengapung.

Rumput laut itu dapat dikonversi dengan bioproses untuk membuat biofuel. Bakteri dan mikroalga yang hidup di lautan juga dapat direkayasa untuk tumbuh lebih efisien dan dengan demikian digunakan untuk membuat bahan bakar dan bahan kimia juga.

 

6. Pengembangan dan pembuatan obat dan vaksin yang cepat dan tepat

Manfaat bioteknologi selanjutnya adalah untuk pembuatan obat dan vaksin. Dimana kemampuan terapi dan vaksin untuk mengobati dan mencegah penyakit telah didokumentasikan dengan baik. Bioteknologi sekarang menawarkan potensi untuk secara cepat menghasilkan terapi dan vaksin terhadap hampir semua target penyakit.


Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

Kolaborasi Unpad ITB
Peneliti Unpad berkolaborasi dengan peneliti ITB dan industri bioteknologi menciptakan dua inovasi alat tes keberadaan virus Covid-19 yang bisa menjadi alat tes alternatif Covid-19 di luar PCR dan Rapid Tes. (Foto: Humas Jabar)

7. Perbaikan biotek pada tanah dan air

Tanah yang subur dan air tawar adalah dua dari sumber daya yang paling penting, namun terbatas, secara global. Selama bertahun-tahun, penyalahgunaan dan penyelewengan telah mengancam sumber daya ini sementara pada saat yang sama, permintaan meningkat. Bioteknologi berfungsi untuk mengembalikan vitalitas dan kelangsungan hidup kedua sumber daya tersebut.

Generasi baru dari teknologi yang sedang berkembang, seperti bioremediasi untuk menggunakan metabolisme mikroba untuk menghilangkan polutan, bioregenerasi untuk memperbarui atau memulihkan sumber daya pendukung kehidupan menggunakan proses biologis. Rekayasa untuk mengolah tanah atau air yang terkontaminasi ini tidak hanya memulihkan sumber daya tetapi juga meningkatkan potensinya.

 

8. Perawatan kesehatan tingkat lanjut melalui pengurutan genom

Manfaat bioteknologi yang selanjutnya adalah untuk perawatan kesehatan tingkat lanjut melalui pengurutan genom. Urutan genom manusia memungkinkan kita untuk lebih memahami blok bangunan kehidupan dan bagaimana mereka berbeda satu sama lain. Jadi, melalui bioteknologi, dan pemahaman kita tentang variasi genetik dan konsekuensinya, kita dapat mencegah penyakit bahkan sebelum itu terjadi.


Manfaat Bioteknologi Bagi Kehidupan Manusia

sistem bioteknologi.
Karena perkembangan teknologi, pekerjaan yang dilakukan manusia kini bisa digantikan oleh robot, kecerdasan buatan dan sistem bioteknologi.

9. Karbon dioksida sebagai bahan baku

Meskipun karbon dioksida sebagian besar dianggap sebagai penyebab pemanasan global dan perubahan iklim, bioteknologi sebenarnya dapat mengubahnya. Kemajuan yang dibuat baru-baru ini dalam komunitas ilmiah telah membawa kita untuk lebih memahami bagaimana organisme hidup mengkonsumsi karbon dioksida.

Dengan demikian, para ilmuwan mulai memahami bagaimana karbon dioksida sebenarnya dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk membuat bahan bakar, energi, bahan kimia, dan bahan untuk memenuhi kebutuhan dunia.

 

10. Diagnostik dan prognostik yang akurat, cepat, murah dan personalisasi

Salah satu ancaman paling nyata dan serius bagi umat manusia adalah potensi pandemi global. Bioteknologi memiliki potensi untuk menyediakan platform yang dibutuhkan untuk identifikasi cepat ancaman biologis, pengembangan potensi penyembuhan dan pembuatan solusi global. Identifikasi target yang lebih baik dan penggunaan gabungan nanoteknologi dan teknologi informasi memungkinkan pengembangan sistem diagnostik dan prognostik yang cepat, akurat, personal, dan murah.

 

Demikian manfaat bioteknologi bagi kehidupan manusia, berguna bagi banyak aspek kehidupan manusia mulai dari pertanian, kesehatan, energi hingga lingkungan. Bioteknologi menjadi teknologi terbaru yang berkembang dengan pesat.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya