Passing Atas Adalah Teknik Operan dengan Dua Tangan Dalam Permainan Bola Voli

Passing atas adalah teknik operan, dengan dua tangan terbuka di atas kepala dalam permainan bola voli.

oleh Silvia Estefina Subitmele diperbarui 06 Jan 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 06 Jan 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi Bola Voli
Ilustrasi Bola Voli/Pixabay.com

Liputan6.com, Jakarta Passing bawah dan passing atas adalah elemen kunci dari serangan bola voli. Seorang pemain bola voli harus bisa melakukan operan ke setter selama pertandingan, kemudian setter melakukan tugasnya dan penyerang melakukan serangan. Keberhasilan passing dalam permainan bola voli banyak bergantung pada passing.

Passing atas adalah teknik operan, dengan dua tangan terbuka di atas kepala dalam permainan bola voli. Sangat penting bagi pemain bola voli untuk mempelajari teknik passing bola voli yang benar. Melansir dari dari modul resmi Kemdikbud, permainan bola voli pertama kali digagas oleh Direktur Pendidikan Jasmani Young Man Christian Association (YMCA), William C.  Morgan, pada 1895.

Sesuai dengan karakteristiknya, permainan ini mewajibkan peserta menjaga bola tetap melambung, tanpa boleh menyentuh tanah (volley).Terdapat sejumlah teknik dasar yang perlu dikuasai ketika hendak bermain voli, salah satunya adalah teknik passing. Passing atas adalah teknik operan di atas kepala, dalam permainan bola voli di mana titik perkenaan bola yang ideal terletak pada jari-jari tangan. 

Berikut ini teknik passing atas yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (6/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Passing Atas

Foto: Mengintip Keseruan Pemusatan Latihan Timnas Voli Putri Singapura di Indonesia, Dijajal Tiga Tim dari Proliga
Chua Zi Tian (kiri) dan kolega mendapatkan perlawanan sengit dari sang juara bertahan Proliga. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Passing atas adalah salah satu teknik untuk memberi umpan, atau mengoper bola kepada pemain setim. Dilansir dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (2016) milik Kemdikbud, bola yang dioper dengan teknik passing cenderung mudah diterima dan sulit direbut lawan.

Terdapat langkah-langkah persiapan yang harus dilakukan, sebelum mempraktikkan teknik passing atas.

- Mengambil posisi berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kemudian rendahkan lutut hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan.

- Posisikan lengan di depan badan, lalu renggangkan jari-jari dan telapak tangan hingga menyerupai mangkuk di atas wajah.

- Fokuskan pandangan ke arah datangnya bola, lalu lanjutkan tahapan di atas dengan gerakan inti berikut.

- Dorong kedua lengan menyongsong arah datangnya bola, lalu naikkan lutut dan pinggul serta angkat sedikit bagian tumit. Usahakan arah datang bola berada tepat di bagian tengah atas wajah, kemudian pastikan titik perkenaan bola yang ideal terletak pada jari-jari tangan.

 

- Dua Jenis Passing

 

1. Pass Lengan Bawah

Umpan bola voli lengan bawah, melibatkan memukul bola dengan cara yang terkontrol ke rekan setim Anda. Lengan bawah dibuat menjadi platform datar, diposisikan siap untuk bersentuhan dengan bola. Mengayunkan lengan akan menghasilkan operan yang kurang terkontrol, sehingga teknik passing bawah lebih merupakan gerakan tubuh total, bukan ayunan lengan.

2. Overhead 

Umpan overhead melibatkan memukul bola menggunakan gerakan bermain di atas kepala, untuk mengarahkan bola ke rekan satu tim Anda. Bola dimainkan dengan jari menggunakan aksi pengaturan di atas kepala. Pemain harus menggunakan teknik passing yang disukai, untuk mengoper bola ke setter. Tidak semua pemain memiliki tingkat keterampilan yang sama.


Posisi Tubuh Saat Passing Atas

Ilustrasi Bola Voli
Ilustrasi Bola Voli (en.ria.ru)

Posisi Tubuh untuk saat ingin melakukan passing atas adalah sebagai berikut:

1. Lengan bawah harus miring ke target Anda, dan jika lintasan terlalu tinggi atau terlalu rendah, sesuaikan platform dengan sudut Anda.

2. Semakin cepat bola datang, semakin sedikit gerakan lengan ke depan yang diperlukan untuk mengoper bola.

3. Sebelum mengoper bola, Anda harus berdiri dalam posisi atletis yang nyaman dengan lutut ditekuk dan kaki siap bergerak. Saat Anda akan mengoper, luruskan bahu Anda dan posisikan kaki Anda sehingga Anda menghadap target. 

4. Semakin cepat Anda dapat mengatur ke tempat untuk mengoper, semakin mudah untuk mengoper bola secara akurat.

Kesalahan umum yang dilakukan pemain saat melakukan operan bola voli.

- Tidak menjauh dari bola, melindungi dan menyerap bola

- Tidak sesuai target

- Tidak mengikuti bola ke lengan Anda

 


Berbagai Jenis Operan dalam Bola Voli

Ilustrasi Bola Voli
Ilustrasi Bola Voli/Freepik

Mulailah dengan posisi santai dengan kaki sedikit ditekuk. Untuk menerima servis, Anda harus siap bergerak dengan nyaman ke segala arah, siap mencegat bola. Untuk melakukan operan lengan bawah, pemain mencondongkan tubuh ke depan sehingga lengannya menggantung ke lantai dan lurus secara alami.

Berikut ini adalah metode berbeda untuk membuat platform passing yang bagus. 

- Bungkus Tinju

Lipat satu tangan menjadi kepalan yang longgar, bungkus tangan lainnya di sekitar kepalan tangan, pastikan ibu jari sejajar. Setelah itu tekan kedua ibu jari ke arah tanah.

- Tangan ditangkupkan

Letakkan kedua sisi tangan berlawanan dengan ibu jari bersamaan, lalu pastikan tumit tangan dan pergelangan tangan berada pada level yang sama. Putar punggung jari satu tangan ke bagian depan jari tangan lainnya, buat cangkir. Satukan ibu jari sehingga sejajar satu sama lain.

- Gerakan untuk melewati

Pemain tidak boleh membuat platform lengan bawah sebelum atau saat bergerak. Sebaliknya harus bergerak secara alami, kemudian membiarkan lengannya menggantung lurus untuk mengantisipasi menyatukannya sebelum menyentuh bola.

- Menghubungi bola

Umpan bola voli dari garis tengah tubuh, akan membantu memastikan pinggul dan bahu menghadap sasaran. Anda ingin bergerak dalam posisi di mana menempatkan tubuh di sekitar bola, dan pinggul berada di bawah bola. Ingat, selalu menghadap target saat Anda mengoper dan menyentuh bola di dekat garis tengah tubuh Anda.

- Strategi melewati

Saat mengoper dari bagian yang lebih dalam di lapangan, Anda perlu memiringkan platform sehingga bola akan lebih lurus ke depan (platform miring lebih dekat ke tegak lurus) dan tidak terlalu tinggi di udara. Selain itu, Anda perlu mengetahui dari mana setter Anda berasal. Misalnya, jika setter menempuh jarak yang jauh untuk menyetel bola, Anda harus mengoper bola lebih tinggi di udara agar setter memiliki lebih banyak waktu untuk mencapai posisi setel.


Tips Bagi Pemain Untuk Meningkatkan Skill Passing Bola Voli

Ilustrasi Bola Voli
Ilustrasi Bola Voli (observator.ro)

 

 

 

- Sikap badan sedikit jongkok, lalu lutut agak sedikit ditekuk.

- Kedua tangan bersiap di atas kepala dengan telapak tangan membuka lebar.

- Mengambil tumpuan kaki selebar bahu, lalu ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga. Jangan lupa untuk pandangan mata selalu ke arah datangnya bola. 

- Latih kecepatan kaki dan latihan ketangkasan. Anda bisa berada di belakang setiap bola datang dengan cepat, menggunakan kaki terlebih dahulu dengan meningkatkan kecepatan jarak pendek 

- Mengalihkan pandangan dari bola atau melacaknya setelah melewati jaring yang terlambat. Berfokus pada bola lebih awal memungkinkan Anda mengantisipasi penyesuaian kecil yang diperlukan. 

- Lakukan passing dengan kedua kaki di lantai lapangan voli daripada melakukan “lompatan”. Anda dapat melakukan penyesuaian kecil dengan kaki di tanah yang tidak dapat Anda lakukan dengan kaki di udara.

- Dalam latihan, pertahankan teknik passing yang baik setiap saat, terutama untuk servis yang mudah. Anda telah mengajari tubuh Anda posisi passing yang benar dan secara otomatis, akan bereaksi dengan teknik yang benar tidak peduli seberapa keras atau cepat servisnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya