Profil PT Hitachi Asia Indonesia, Perusahaan Konglomerat Asal Jepang

Induk perusahaan PT Hitachi Asia Indonesia, Hitachi Ltd mulai merintis usaha pada 1910 sebagai sebuah bengkel listrik yang melayani sebuah perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kota Hitachi.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 11 Jan 2023, 12:00 WIB
Diterbitkan 11 Jan 2023, 12:00 WIB
PT Hitachi Asia Indonesia
PT Hitachi Asia Indonesia (Sumber: www.hitachi.co.id)

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan sala Jepang menjadi perusahaan yang banyak melakukan ekspansi ke Indonesia, salah satunya PT Hitachi Asia Indonesia. Perusahaan ini merupakan perusahaan konglomerat di negara asalnya. Hitachi memiliki lini bisnis dengan jangkauan yang beragam dengan jangkauan Internasional.

Nama PT Hitachi Asia Indonesia mengikuti perusahaan induknya, Hitachi Ltd yang diambil dari nama sebuah kota di Jepang. Meski baru resmi beroperasi di Indonesia pada 2013, Hitachi berhasil membuktikan dirinya mampu bersaing dengan perusahaan lain dalam menghadirkan solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

Kiprah PT Hitachi Asia Indonesia tidak dapat dilepaskan dari perusahaan induknya yang telah melintasi zaman sejak 1910. Dengan kerja keras dan profesionalitas Hitachi mempu bertahan melewati masa krisis akibat Perang Dunia 1 dan Perang Dunia 2.Berikut ulasan Liputan6.com tentang perjalanan usaha PT Hitachi Asia Indonesia  yang dilansir dari laman resmi perusahaan, Rabu (11/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Perjalanan Hitachi Induk PT Hitachi Asia Indonesia

Hitachi Energy telah berhasil membangun microgrid di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Microgrid 4MWp/3MW/3MWh ini juga merupakan bagian dari program dedieselisasi PLN. (Dok PLN)
Hitachi Energy telah berhasil membangun microgrid di Nusa Penida, Klungkung, Bali. Microgrid 4MWp/3MW/3MWh ini juga merupakan bagian dari program dedieselisasi PLN. (Dok PLN)

Induk perusahaan PT Hitachi Asia Indonesia, Hitachi Ltd mulai merintis usaha pada 1910 sebagai sebuah bengkel listrik yang melayani sebuah perusahaan pertambangan yang beroperasi di Kota Hitachi. Kota ini kemudian menjadi inspirasi nama perusahaan. Dalam bahasa Jepang, "hi" berarti "matahari" sementara "tachi" berarti "terbit" itulah mengapa Hitachi juga disebut "Sunrise" atau "ri li" dalam bahasa Cina maupun Jepang.

Perusahaan didirikan oleh seorang insinyur elektro bernama Namihei Odaira di Prefektur Ibaraki.Saat merambah ke bidang manufaktur, Hitachi meluncurkan produk pertama berupa motor listrik dengan kapasitas 4-kilowatt (5 hp). Produk ini menjadi motor listrik pertama buatan Jepang yang awalnya dikembangkan untuk digunakan untuk pertambangan tembaga.

Pendiri Hitachi, Namihei Odaira membuat visi, misi, dan value perusahaan yang masih diterapkan dalam kegiatan bisnis semua perusahaan yang berada di bawah naungannya. Berikut visi, misi, dan value Hitachi.

Visi

Mengembengakan inovasi yang mampu menjawab tatangan sosial. Dengan tin yang bertalenta serta pengalaman yang sudah terbukti di pasar global, Hitachi mampu memberi inspirasi pada dunia.

Misi

Berkontribusi pada lingkungan sosial melalui development of superior, sera teknologi dan produk yang original.

Value

- Harmoni

- Ketulusan

- Semangat perintis

Ketiga hal yang menjadi identitas perusahaan telah diwariskan dengan hati-hati kepada generasi karyawan dan pemangku kepentingan sepanjang 100 tahun perjalanan perusahaan. Value mencerminkan semangat pendiri Hitachi, yang dibentuk oleh pencapaian para pendahulu perusahaan saat mereka bekerja keras untuk memenuhi Misi Hitachi. Visi dibuat berdasarkan misi dan value perusahaan yang menjadi tujuan Grup Hitachi di masa depan seiring pertumbuhan zaman.


PT Hitachi Asia Indonesia

Hitachi
Launching tiga produk terbaru Hitachi di Empirica, SCBD, Jakarta, 12 Desember 2018. (Liputan6.com/Asnida Riani)

Hitachi melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia dengan entitas perusahaan PT Hitachi Asia Indonesia pada Oktober 2013. Bisnis yang dikerjakan mencakup sistem transmisi dan distribusi daya dan peralatan, sistem peralatan dan komponen industri, sistem infrastruktur, sistem dan produk TI, layanan pusat data, serta sistem pencitraan diagnostik medis. 

PT Hitachi Asia Indonesia juga melakukan bisnis di bidang pemasaran sistem otomotif. Secara keseluruhan bidang bisnis perusahaan adalah menyediakan beragam solusi untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia, serta memasarkan secara luas produk dan jasa untuk berbagai sektor industri.

PT Hitachi Asia Indonesia menjalankan bisnis di Indonesia dibawah naungan kantor pusat regional Hitachi Asia yang berpusat di Singapura. Hitachi Asia membawahi perusahaan Hitachi lain yang beroperasi di wilayah Asia Tenggara, seperti Indonesia, Mianmar, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. 

Secara keseluruhan Hitachi memiliki 4 kantor pusat regional yang dibangun dalam jangka waktu 84 tahun. Kantor pusat regional tersebut adalah , Hitachi Ltd di Jepang, Hitachi America Ltd, Hitachi Europe Ltd, dan Hitachi Asia.

Sama seperti induk perusahaannya PT Hitachi Asia Indonesia memiliki misi untuk  berkontribusi kepada masyarakat melalui pengembangan teknologi dan produk yang unggul dan original. Perusahaan bergerak dalam Bisnis Inovasi Sosial secara global. Dengan menggabungkan TI canggih dengan TO (teknologi operasional) dan produk maupun sistem yang digunakan.

PT Hitachi Asia Indonesia hadir untuk menciptakan masa depan di mana orang dapat hidup lebih amana. PT Hitachi Asia Indonesia berencana membawa Bisnis Inovasi Sosial yang dimiliki ke fase yang lebih maju di masa mendatang. Tentusaja dengan teknologi digital yang disempurnakan untuk mempercepat “penciptaan kolaboratif,” mengatasi masalah bersama dan menyusun solusi bersama dengan pelanggan dan mitra bisnisnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya