18 Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat dan Aman, Jaga Kesehatan Kulit

Cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman yang ada pada artikel ini bertujuan mengembalikan warna kulit seperti semula dengan mempercepat proses regenerasi pada kulit.

oleh Fitriyani Puspa Samodra diperbarui 06 Feb 2023, 15:50 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 15:50 WIB
7 Tips Menjaga Kelembapan Kulit agar Wajah Sehat Berseri
Berkurangnya kelembapan kulit dapat menyebabkan berbagai masalah. (pexels/sora shimazaki).

Liputan6.com, Jakarta Wajah yang putih memang masih menjadi standar kecantikan yang ingin dimiliki oleh banyak orang saat ini. Sayangnya, sinar matahari yang  sangat kuat di Indonesia membuat wajah tampak kusam dan gelap. cara memutihkan wajah dengan cepat banyak dicari oleh orang-orang yang tinggal di negara dengan sinar matahari melimpah seperti Indonesia.

Cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman yang ada pada artikel ini bertujuan  mengembalikan warna kulit seperti semula dengan mempercepat proses regenerasi pada kulit. Sebetulnya tidak ada cara aman yang dapat mengubah tone kulit wajah menjadi lebih putih, namun apa upaya yang dapat dilakukan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan sehat. 

Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM dengan tegas melarang prosedur maupun produk yang mengklaim dapat memutihkan kulit, terutama bagian wajah. Saat ini, produk perawatan yang mendapat sertifikasi BPOM tidak diperkenankan mencantumkan label pemutih. Kalaupun masih ada produk yang mengklaim dapat memutihkan kulit, maka perlu dicek apakah produk tersebut sudah lulus sertifikasi BPOM. Berikut cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat

7 Tips Menjaga Kelembapan Kulit agar Wajah Sehat Berseri
Ilustrasi merawat wajah (pexels/cotton bro).

Memutihkan wajah memerlukan waktu dan konsistensi. Jangan terburu-buru dalam mencari hasil dan hindari metode yang dapat membahayakan kulit dan kesehatan secara keseluruhan. Semua cara memutihkan wajah yang disebutkan mungkin memiliki efek yang berbeda untuk setiap individu. Berikut cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman.

1. Membersihkan Wajah Secara Rutin

Langkah pertama dalam cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman adalah membersihkan kulit wajah secara rutin, dua kali sehari. Tumpukan kotoran dan sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat kusam. Membersihkan kulit di pagi dan malam hari sebelum tidur juga dapat membantu regenerasi kulit baru sehingga kulit tampak lebih cerah dan sehat. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit dan hindari produk yang mengandung bahan-bahan kimia yang keras.

2. Eksfoliasi

Selain membersihkan wajah, melakukan eksfoliasi sekali atau dua kali dalam seminggu juga membantu proses regenerasi kulit. Eksfoliasi akan mengikis sel kulit mati di lapisan kulit terluar yang menyebabkan kulit kusam. Selain itu rutin melakukan eksfoliasi akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

3. Mengoleskan Toner 

Setelah dibersihkan dan dieksfoliasi, cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman  selanjutnya adalah mengembalikan kelembaban kulit dengan toner. Mengaplikasikan toner dengan kapas juga dapat membantu mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal di wajah. Toner juga dapat digunakan untuk menutrisi kulit dari luar. Pilih toner dengan kandungan vitamin A, C, E, niacinamide, kolagen, dan nutrisi lain yang dapat membantu mencerahkan kulit.

5. Mengoleskan Pelembab Wajah

Setelah benar-benar bersih, kelembaban kulit perlu di kunci dengan pelembab khusus wajah. Pelembab juga dapat digunakan untuk memberikan nutrisi pada kulit. Pilih produk pelembab yang diperkaya zat antioksidan, niacinamide, dan gliseroll yang dapat mencerahkan sekaligus melembabkan kulit wajah. Produk mengandung bahan-bahan alami seperti kojic acid, vitamin C, dan glycolic acid juga dapat membantu mempercepat cara memutihkan wajah dengan cepat.


Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat

Produk Makeup Multifungsi yang Praktis untuk Merias dan Merawat Wajah
Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kusam./ Photo by Aiony Haust on Unsplash

6. Pakai Sunscreen

Salah satu penyebab kulit kusam adalah perlindungan yang kurang. Pada cara memutihkan wajah secara alami dan aman, penting untuk mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit agar tidak terbakar lagi. Aplikasikan sunscreen yang mengandung minimal SPF 30 setiap pagi sebelum mulai beraktifitas. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan dengan memakai topi saat berada di luar ruangan.

7. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C membantu meningkatkan produksi kolagen yang membantu proses regenerasi kulit menjaga kulit tetap kenyal. Vitamin C juga merupakan nutrisi yang membantu mencerahkan kulit dengan menekan produksi melanin. Vitamin C dapat diperoleh dari tomat, jeruk, lemon, strawberry dan buah-buahan bercita rasa asam lainnya.

Beberapa orang menggunakan makanan dengan kandungan vitamin C sebagai masker. Sebenarnya para pakar kecantikan telah menghimbau untuk tidak menggunakan makanan dengan kandungan vitamin C sebagai masker, sebab mengoleskan buah seperti lemon dan tomat langsung ke kulit justru dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

8. Konsumsi Vitamin E

Cara memutihkan wajah dengan cepat selanjutnya adalah dengan rutin konsumsi vitamin E. Vitamin E merupakan jenis nutrisi yang banyak ditambahkan pada produk perawatan kulit. Vitamin E adalah antioksidan yang sudah terbukti memiliki peran yang baik bagi kesehatan kulit.

Vitamin E berperan sebagai agen anti radang yang mendukung fungsi sel, sistem kekebalan tubuh, serta kesehatan kulit. Oleh sebab itu, jenis vitamin larut lemak ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan membuat kulit terlihat lebih muda dan cerah.

9. Konsumsi Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk memelihara kesehatan mata. Mengkonsumsi vitamin satu ini dapat membantu cara mencerahkan wajah secara alami. Memenuhi kebutuhan vitamin A untuk kulit akan memberikan berbagai manfaat, mulai dari menghaluskan kulit, memperbaiki kerusakan pada sel-sel kulit, mencerahkan kulit, mengurangi garis halus dan kerutan, serta mencegah risiko timbulnya jerawat.

10. Konsumsi Kolagen

Tubuh manusia secara alami dapat memproduksi kolagen sendiri. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin berkurang. Untuk menjaga kesehatan dan mencerahkan kulit, makanan seperti kaldu daging, ceker, atau suplemen kolagen yang banyak dijumpai di pasaran dapat menjadi alternatif asupan kolagen yang dapat membantu cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman. 


Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat

skincare
Merawat kulit wajah. | unsplash.com/ Ahmad Qime

11. Tidur Cukup

Cara memutihkan wajah dengan cepat selanjutnya adalah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Pada saat tidur terjadi proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak, termasuk sel kulit wajah. Memiliki waktu tidur yang cukup dapat membantu cara memutihkan wajah dengan cepat.

12. Minum Air Putih Cukup

Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh juga dapat membantu proses regenerasi pada kulit wajah. Seseorang membutuhkan setidaknya asupan 2 liter air per hari. Mencukupi kebutuhan air ini akan membantu memperbaiki tekstur wajah yang rusak karena terbakar matahari. 

13. Rutin Gunakan Masker

Beberapa bahan alami seperti beras, lemon, dan alpukat dapat membantu memutihkan wajah secara alami. Lemon memiliki sifat pencerah, sedangkan mentimun dan alpukat memiliki sifat melembabkan dan menutrisi kulit. Namun seperti sudah dijelaskan mengoleskan lemon secara langsung ke wajah sangat tidak dianjurkan. 

Sebaiknya gunakan produk masker mengandung bahan-bahan yang dapat mencerahkan kulit yang sudah diformulasikan oleh produsen produk perawatan wajah. Produk yang dibuat para produsen perawatan wajah sudah melewati uji lab yang menjamin produk tersebut aman dipakai. 

14. Hindari Makanan dan Minuman Tertentu

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu kulit iritasi yang menyebabkan kulit memerah kemudian menggelap. Menghindari jenis makanan dan minuman tersebut dapat membantu mempertahankan warna kulit putih. Makanan yang harus dihindari antara lain alkohol, makanan pedas, makanan tinggi gula, susu, dan makanan berminyak.

15. Hindari stres

Stres dapat berdampak pada kesehatan kulit. Para ilmuwan percaya bahwa stres dapat meningkatkan tingkat peradangan, menurunkan aliran darah ke kulit, dan menunda penyembuhan kulit. Mengurangi stres dan meluangkan waktu untuk bersantai bisa menjadi upaya dalam cara memulihkan kulit yang sehat.


Cara Memutihkan Wajah dengan Cepat

Ini Lho Caranya Perawatan yang Tepat untuk Wajah Berjerawat
Merawat Wajah.

16. Olahraga Rutin

Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat kulit terlihat lebih sehat dan bersinar. Melakukan olahraga seperti jogging dan yoga dapat membantu mengurangi stres dan memperbaiki suplai oksigen ke kulit. Latihan yoga seperti pranayama dan sarvangasana dapat membantu memperlancar sirkulasi darah dan membuat kulit terlihat lebih cerah dan sehat.

17. Pakai Serum

Memakai serum dapat menjadi salah satu cara memutihkan wajah dengan cepat dan aman. Serum kulit mengandung bahan aktif seperti vitamin C, kojic acid, dan arbutin yang dikenal membantu memutihkan kulit dan mengatasi tanda-tanda penuaan. Namun, hasil yang dicapai mungkin berbeda untuk setiap individu dan membutuhkan waktu untuk terlihat.

Sebelum membeli serum, selalu berkonsultasi dengan dokter atau profesional kulit untuk memastikan bahwa serum tersebut sesuai dengan jenis kulit Anda dan meminimalisir resiko kerusakan kulit. Jangan lupa untuk mengikuti petunjuk pemakaian yang diberikan dan memastikan bahwa Anda memakai produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

18. Perawatan Dengan Dokter

Jika memiliki masalah kulit yang parah atau melihat adanya tanda-tanda iritasi atau reaksi alergi setelah menggunakan produk pemutih wajah, sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat dan aman. Dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan memastikan bahwa metode yang Anda gunakan aman dan efektif.

19. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat membuat kulit terlihat lebih gelap dan kusam. Oleh karena itu, penting untuk menghindari paparan sinar matahari pada siang hari dan untuk menggunakan pelindung sinar setiap kali berada di luar ruangan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya