Viral Aksi Perawat Lindungi Bayi daripada Selamatkan Diri dari Gempa Ini Bikin Salut

Perawat tersebut lebih memilih melindungi bayi di inkubator daripada menyelamatkan diri dari gempa.

oleh Selma Intania Hafidha diperbarui 14 Feb 2023, 14:52 WIB
Diterbitkan 14 Feb 2023, 14:15 WIB
Viral Aksi Perawat Pilih Lindungi Bayi daripada Selamatkan Diri dari Gempa Ini Bikin Salut
Viral Aksi Perawat Pilih Lindungi Bayi daripada Selamatkan Diri dari Gempa. (Sumber: Twitter/@ProfesorZubairi)

Liputan6.com, Jakarta Situasi Turki pasca gempa mengguncang pada 6 Februari 2023 belum pulih. Bahkan gempa susulan masih sering terjadi yang membuat warga makin khawatir, mengingat masih banyak korban yang tertimbun reruntuhan gempa Turki.

Video hingga kisah pilu penyelamatan korban gempa masih terus bermunculan di media sosial. Tak hanya itu saja, aksi mulia orang baik yang rela berkorban untuk melindungi orang lain juga bikin haru.

Belum lama ini viral aksi perawat yang memilih melindungi bayi di inkubator agar tidak terbalik daripada menyelamatkan dirinya sendiri dari gempa. Bertanggung jawab atas tugasnya meski taruhannya nyawa, perawat ini banjir doa dari warganet.

Sigap langsung memegang inkubator ketika gempa mengguncang, perawat di RS Gaziantep Inayet Topçuoğlu ini bertahan memegang inkubator tersebut dengan kuat sampai gempa benar-benar berhenti.

Berikut Liputan6.com melansir dari Twitter @ProfesorZubairi dan @BORSAIZINDE tentang aksi mulia perawat melindungi bayi di inkubator dari getaran gempa, Selasa (14/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pilih Lindungi Bayi di Inkubator daripada Selamatkan Diri

Melihat dari situasinya, dua perawat di RS Gaziantep Inayet Topçuoğlu ini sangat mungkin untuk melarikan diri dan menyelamatkan dirinya sendiri. Namun saat gempa mengguncang, dua perawat tersebut langsung menghampiri inkubator bayi yang sudah bergoyang.

Terekam di CCTV, gempa tersebut terjadi pada 6 Februari 2023 pukul 04.17 waktu setempat yang di mana merupakan waktu saat gempa mematikan mengguncang Turki. Tidak terekam hingga akhir sampai bagaimana keadaan setelahnya, video tersebut hanya berdurasi 39 detik.

Mengabdi dengan sepenuh hati, mengesampingkan ego dan berusaha mengendalikan rasa takut, warganet salut dengan aksi mulia yang sudah dilakukan perawat di salah satu rumah di Turki ini.

Selain soal aksi perawat yang berani dan memang sudah tugasnya untuk melindungi pasien, warganet juga menambahkan informasi di kolom komentar bahwa bangunan seperti rumah sakit memang dirancang untuk lebih tahan gempa.

“Secara keteknikan, struktur bangunan vital seperti rumah sakit dirancang untuk lebih mampu menahan beban gempa.” Tulis @heelme_d_a.


Komentar Warganet

Viral Aksi Perawat Pilih Lindungi Bayi daripada Selamatkan Diri dari Gempa Ini Bikin Salut
Viral Aksi Perawat Pilih Lindungi Bayi daripada Selamatkan Diri dari Gempa. (Sumber: Twitter/@ProfesorZubairi)

Diunggah pertama kali oleh Twitter @ProfesorZubairi, video viral tersebut kemudian di repost oleh akun @BORSAIZINDE untuk memberikan apresiasi kepada dua perawat yang memilih menjaga inkubator bayi daripada melindungi dirinya.

Video singkat berdurasi 39 detik ini sudah ditonton lebih 300 ribu kali dan di retweet sebanyak 2 ribu kali oleh pengguna Twitter.

“Walaupun itu memang sudah tugas mereka, tapi tetap Salut, hormat, dan takjub dengan petugas disana.” Tulis @BNatawijaya

“Padahal secara naluri, bisa saja lari menyelamatkan diri. Hormat buat para perawat dan tenaga medis lainnya. Semoga Turkiye lekas pulih dan bangkit.” Kata @Zakiyu123.

“sehat terus orang orang baik..” Timpal @ohmydims.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya