Maunah Adalah Pertolongan Allah SWT pada Orang Biasa, Kenali Bedanya dengan Mukjizat

Maunah adalah istilah yang kerap kali disandingkan dengan mukjizat, karomah, hingga irhas.

oleh Husnul Abdi diperbarui 24 Feb 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2023, 20:10 WIB
Ilustrasi Islami, muslim
Ilustrasi Islami, muslim. (Photo by Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Maunah adalah istilah yang mungkin masih belum dikenali oleh sebagian orang. Istilah ini memang cukup jarang disebutkan dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, umat Islam tentunya perlu memahami makna kata ini.

Maunah adalah istilah yang kerap kali disandingkan dengan mukjizat, karomah, hingga irhash. Keempat istilah tersebut kerap kali digunakan untuk menyebutkan sesuatu atau kejadian yang luar biasa dalam Islam.

Maunah, mukjizat, karomah, dan irhash tentunya memiliki makna yang berbeda-beda walaupun memiliki kaitan konteks yang hampir sama. Maunah ini mungkun saja kerap kamu temui dalam kehidupan sehari-hari, biasanya di berita.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/2/2023) tentang maunah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengenal Maunah

Ilustrasi Islami, muslim, berdoa
Ilustrasi Islami, muslim, berdoa. (Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay)

Maunah adalah kemampuan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada seorang mukmin untuk mengatasi suatu kesulitan. Maunah adalah suatu hal yang bisa saja diberikan Allah SWT kepada siapa pun. Kamu mungkin mengenal kejadian atau istilah maunah ini biasanya dijadikan berita yang luar biasa.

Maunah adalah kejadian yang terjadi pada orang biasa berkat bantuan Allah SWT. Contoh maunah adalah ketika terjadi kecelakaan jatuhnya pesawat, sebagian besar penumpang meninggal dunia, namun ada satu bayi yang selamat dan ditemukan. Hal semacam ini disebut Maunah. Jadi, maunah adalah suatu pertolongan yang Allah SWT berikan kepada seorang mukmin untuk mengatasi kesulitannya.


Mukjizat

Ilustrasi Nabi dan Rasul
Ilustrasi Nabi dan Rasul (Photo created by pch.vector on freepik)

Maunah adalah kejadian luar biasa yang terjadi pada orang biasa. Hal ini berbeda dengan mukjizat. Mukjizat adalah perkara di luar kebiasaan yang Allah SWT berikan kepada Nabi dan Rasulnya. Hal ini diberikan Allah SWT untuk mengokohkan dan membuktikan kebenaran mereka sebagai nabi dan Rasul. Contoh mukjizat adalah mukjizat yang diberikan kepada Nabi Musa saat membelah lautan, mukjizat yang diberikan kepada nabi Ibrahim pada saat dilempar ke dalam api, serta mukjizat Nabi Muhammad SAW yaitu Al-Quran.

Ciri-Ciri Mukjizat

Melansir an-nur.ac.id, ciri-ciri mukjizat adalah sebagai berikut:

- Diturunkan hanya kepada para Nabi/Rasul

- Merupakan kejadian luar biasa di luar kemampuan manusia

- Diturunkan sebagai bukti kekuasaan Allah

- Diturunkan sebagai bukti kenabian atau kerasulan

- Bertujuan untuk memperlemah orang kafir atau memecahkan masalah kaum

Macam-Macam Mukjizat

- Mukjizat Syakhsiyyah. Mukjizat syakhsiyyah adalah mukjizat yang keluar dan berasal dari tubuh seorang Nabi serta Rasul. Seperti halnya peristiwa air yang keluar dari celah-celah jari Rasulullah SAW, cahaya bulan hingga memancar dari tangan Nabi Musa AS, serta adanya penyembuhan penyakit buta dan juga kista oleh Nabi Isa AS.

- Mukjizat Aqliyyah. Mukjizat Aqliyyah merupakan mukjizat rasional atau pun masuk akal. Hanya ada satu mukjizat ini, yaitu kitab suci Al-Quran.

- Mukjizat Kauniyah. Mukjizat Kauniyah adalah mukjizat yang memiliki kaitan dengan peristiwa alam, seperti misalnya peristiwa bulan yang dibelah menjadi 2 oleh Nabi Muhammad dan peristiwa dibelahnya Laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.

- Mukjizat Salbiyyah. Mukjizat Salbiyyah adalah membuat sesuatu tidak berdaya. Seperti peristiwa nabi Ibrahim AS yang dibakar oleh Raja Namrud akan tetapi api tak mampu membakar tubuhnya.


Karomah

Serunya Menapak Tilas Gua Ashabul Kahfi di Yordania
Menapak tilas Gua Ashabul Kahfi di Yordania tak kalah menarik dengan mengunjungi tempat bersejarah lainnya. (Doc: Aria Sankhyaadi)

Karamah adalah perkara luar biasa namun bukan dari para nabi dan rasul, akan tetapi dari wali Allah SWT. Contoh karamah adalah pada kisah Maryam ibunda dari nabi Isa AS. Dalam Al-Quran surat Maryam ayat 25, diterangkan bahwa Allah SWT menyuruh Maryam menggoyangkan pohon kurma. Pada saat itu kondisi Maryam sedang dalam hamil tua dan akan melahirkan, pada saat itu maryam kelaparan dan Allah SWT menyuruh untuk menggoyangkan pohon kurma.

Perlu diketahui pohon kurma itu besar dan kuat, jika dicoba menggoyangkan, maka tidak akan mampu. Namun pada saat itu Maryam hanya dengan menggoyangkan sedikit saja buah kurma tersebut langsung berjatuhan. Maka hal ini disebut dengan karamah.

Ciri-Ciri Karomah

Melansir an-nur.ac.id, ciri-ciri karomah adalah sebagai berikut:

- Orang yang mendapat karamah bukanlah seorang Rasul/Nabi

- Tidak memiliki syarat khusus berupa doa, bacaan, ataupun dzikir khusus

- Terjadi pada seorang hamba yang shalih, baik dia mengetahui terjadinya (karomah tersebut) ataupun tidak

- Bertujuan menguatkan keimanan dan keislaman orang yang mendapat karomah

- Diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang benar-benar beriman serta bertaqwa kepada-Nya.

Contoh Karomah Lainnya

Kisah Ashabul Kahfi

Ashabul kahfi adalah tujuh orang pemuda keturunan bangsawan dari Rum yang sangat mengkhawatirkan keimanan. Peristiwa ini terjadi sesudah zaman Nabi Isa A.S. Raja mereka tidak sepaham bahkan sangat benci sekali dengan apa yang mereka yakini. Mereka pun keluar menjauhi kerajaan dan masuk ke dalam gua, lalu tertidur di dalamnya selama 309 tahun.


Irhas

Ilustrasi Cerita Nabi
Ilustrasi Cerita Nabi

Maunah adalah kejadian luar biasa yang terjadi pada orang biasa, sementara irhas memiliki pengertian yang berbeda. Irhas adalah suatu perkara luar biasa yang terjadi atau Allah berikan kepada calon Nabi dan Rasulnya. Contoh irhas adalah saat dahulu Nabi Muhammad SAW masih muda, ketika nabi lewat di suatu kawasan maka ada batu yang memanggil dan memberi salam kepadanya. Maka hal semacam ini dinamakan dengan Irhas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya