Cara Menghitung Median Data Ganjil dan Genap, Pahami Juga Mean dan Modus

Cara menghitung median bisa dilakukan dengan dua cara, tergantung jumlah angka dalam daftar.

oleh Mabruri Pudyas Salim diperbarui 27 Feb 2023, 13:50 WIB
Diterbitkan 27 Feb 2023, 13:50 WIB
Ilustrasi matematika dan angka. Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash
Ilustrasi matematika dan angka. Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Cara menghitung median bisa dilakukan dengan dua cara. Cara menghitung median yang pertama adalah dengan mengamati angka ganjil, dan cara menghitung media yang kedua adalah dengan menjumlahkan dua angka yang berada di tengah lalu dibagi dua.

Memahami cara menghitung median merupakan hal yang penting dalam pemrosesan data. Sebab median adalah nilai yang memisahkan separuh lebih tinggi dari separuh bawah suatu data, populasi atau distribusi probabilitas. Bersama dengan mean dan modus, median merupakan bagian penting dalam statistika.

Cara menghitung median bukan satu-satunya hal penting dalam pemrosesan data. Selain median, ada hal lain yang perlu dihitung dalam pemrosesan data, yakni mean dan modus. Lalu bagaimana cara menghitung median?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara menghitung median, mean, dan modus, berikut penjelasan selengkapnya mengenai ketiga hal itu seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (27/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Median

Sebelum membahas cara menghitung median, penting bagi kita untuk memahami apa itu median. Median dalam angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan, naik atau turun dan dapat lebih deskriptif dari kumpulan data tersebut daripada rata-rata. Median adalah titik di atas dan di bawah di mana setengah (50 persen) data yang diamati dan dengan demikian mewakili titik tengah data.

Jika daftar angka berjumlah ganjil, nilai median adalah bilangan yang berada di tengah, dengan jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atas. Jika jumlah angka dalam daftar genap, pasangan tengah harus ditentukan, dijumlahkan, dan dibagi dua untuk menemukan nilai median. Dari penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa, median adalah angka tengah dalam daftar angka yang diurutkan.


Cara Menghitung Median

Ilustrasi ahli matematika
Ilustrasi Matematika. (Sumber: CareerCast)

Cara menghitung median bisa dilakukan dengan dua cara tergantung jumlah angka yang ada dalam daftar. Jika jumlah angka dalam daftar ganjil, maka kita bisa langsung mengambil angka yang ada di tengah, setelah kumpulan angka tersebut diurutkan.

Misalnya dalam daftar terdapat tiga angka yang terdiri dari 2, 5, 8, makan nilai media adalah 5.

Kemudian, jika jumlah angka dalam daftar genap, maka cara menghitung median adalah menjumlahkan dua angka yang berada di tengah, setelah kumpulan angka tersebut diurutkan. Kemudian hasil penjumlahan tersebut dibagi dua.

Misalnya dalam daftar terdapat empat angka yang terdiri atas, 4,5,6, dan 7, maka cara menghitung median dari data tersebut adalah dengan menjumlahkan angka 5 dan 6. Hasilnya nanti dibagi dua, yakni 5,5.

Kedua cara menghitung median di atas tentu akan mudah untuk dilakukan jika data yang diproses adalah data yang berjumlah kecil. Namun akan jika data berjumlah besar, makan cara menghitung media seperti itu akan sangat merepotkan dan membutuhkan waktu yang lama.

Oleh karena itu, cara menghitung media juga bisa dilakukan dengan menerapkan rumus berkut:

Median = {(n+1)/2} suku ke

Jika jumlah pengamatan yang diberikan genap, maka rumus untuk mencari median diberikan oleh:

Median = [(n/2) suku ke- + {(n/2)+1} suku ke -]/2

Di mana,"n" adalah jumlah pengamatan.


Contoh Soal Median

Potret Aura Kasih Jika Alih Profesi Jadi Guru hingga Petani Ini Curi Perhatian
Kalau setiap hari belajar dengan bu guru Aura Kasih, kira-kira bakal ibunda Arabella ini bakal mengajar mata pelajaran apa ya? Matematika, Fisika, atau Seni? Tentunya bakalan banyak murid yang tidak akan melewatkan mata pelajaran ini setiap harinya. (Liputan6.com/IG/@aurakasih)

Contoh 1:

Tentukan median untuk dataset yang diberikan:

5, 7, 4, 8, 6

Cara menghitung median:

Dataset yang diberikan: 5, 7, 4, 8, 6

Di sini, jumlah pengamatan ganjil, yaitu, 5 pengamatan diberikan.

n = 5

Sekarang, atur angka dalam urutan menaik

4, 5, 6, 7, 8

Rumus untuk menghitung median untuk pengamatan ganjil adalah:

Median = {(n+1)/2} suku ke-

Median = {(5+1)/2} suku ke-

Median = suku ke- 3

Di sini, suku ke-3 adalah 6.

Oleh karena itu, median untuk dataset yang diberikan adalah 6.

 

Contoh 2:

Tentukan median untuk dataset yang diberikan:

4, 7, 3, 8, 6, 2

Cara menghitung median:

Dataset yang diberikan: 4, 7, 3, 8, 6, 2

Di sini, jumlah pengamatan genap, yaitu, 6 pengamatan diberikan.

n = 6

Sekarang, atur angka dalam urutan menaik

2, 3, 4, 6, 7, 8

Rumus untuk menghitung median untuk pengamatan ganap adalah:

Median = [(n/2) suku ke- + {(n/2)+1} suku ke -]/2

Median = [(6/2) suku ke- + {(6/2)+1} suku ke -]/2

Median = (suku ke-3 + suku ke-4 ) /2

Di sini, suku ke-3 adalah 4 dan suku ke-4 adalah 6

Jadi, median = (4+6)/2 = 10/2 = 5

Oleh karena itu, median untuk dataset yang diberikan adalah 5.


Mean dan Modus

Ilustrasi Matematika
Ilustrasi Matematika (Photo created by stories on Freepik)

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, memahami cara menghitung media bukan satu-satunya hal yang penting dalam memproses data. hal lain yang tak kalah penting dalam pemrosesan data adalah mean dan modus.

Mean adalah nilai rata-rata dari suatu bilangan. Nilai mean dapat diketahui dengan cara menjumlahkan seluruh data dengan membaginya sesuai jumlah datanya. Maka dari itu terdapat rumus mean untuk memudahkan kalian memahami arti mean, cara menghitung mean dan contoh penerapannya. Ini rumus mean dalam pelajaran matematika.

Mean = ? X / n

Catatan:

Mean: Rerata

N: Banyaknya data

? X: Jumlah seluruh data

Sedangkan modus adalah angka yang sering muncul dalam data. Artinya modus digunakan untuk mengetahui bilangan paling banyak muncul. Untuk memudahkan tahu cara menghitung modus, maka dapat diurutkan terlebih dahulu bilangannya dari yang terkecil ke terbesar.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya