5 Doa Hujan Berkah dan Keutamaannya untuk Umat Islam

Doa hujan berkah bisa kamu lafalkan tergantung situasi hujannya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 13 Mar 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 13 Mar 2023, 11:00 WIB
Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami. (Image by jcomp on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Doa hujan berkah perlu dikenali oleh seluruh umat Islam. Hal ini tentunya bertujuan agar hujan tersebut dapat menjadi berkah. Doa turun hujan juga merupakan perwujudan rasa syukur manusia atas nikmat yang diberikan Allah SWT.  

Berdoa saat turun hujan merupakan bentuk harapan setiap umat Islam agar hujan tersebut turun dengan membawa berkah. Doa hujan berkah sekaligus menjadi permintaan setiap muslim agar hujan tersebut membawa rezeki bagi kehidupan manusia.  

Doa hujan berkah bisa kamu lafalkan tergantung situasi hujannya. Pasalnya, doa saat hujan lebat, beraing, dan disertai petir berbeda-beda. Kamu dapat melafalkannya sesuai situasi hujan yang sedang kamu alami.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (13/3/2023) tentang doa hujan berkah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Doa Hujan Berkah

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan. (Photo by Ryoji Iwata on Unsplash)

Doa hujan berkah yang pertama yaitu permintaan agar hujan yang terjadi dapat memberikan manfaat. Berikut doa hujan berkah diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu 'anha mengatakan:

Allahumma shoyyiban nafi'an.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.

Doa hujan berkah ini juga memiliki pelafalan lainnya, yaitu:

Allahumma shayyiban haniyyaa wa sayyiban naafi‘a.

Artinya, “Wahai Tuhanku, jadikan ini hujan terpuji kesudahannya dan menjadi aliran air yang bermanfaat.”


Doa saat Hujan Lebat

Doa hujan berkah berikutnya dapat dilafalkan saat hujan lebat. Doa ini dilafalkan agar kamu terhindar dari mara bahaya dan tentunya mendapatkan kebaikan dari hujan yang turun. Berdasarkan hadis riwayat Bukhari, inilah doa ketika turun hujan lebat yang pernah dibaca Rasulullah SAW:

Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, waz-zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: "Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan." (HR. Al-Bukhari)


Doa saat Hujan Disertai Angin Kencang

Ilustrasi doa, harapan, Islami
Ilustrasi doa, harapan, Islami.

Membaca doa ketika hujan dengan angin kencang, dapat menjadi sebuah bentuk meminta perlindungan pada Allah SWT. Ketika turun hujan disertai angin kencang, doa hujan berkah yang perlu dibaca adalah seperti hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Bahwa Rasulullah SAW selalu membaca doa ini ketika turun hujan disertai angin kencang.berikut bunyi doanya:

Allohumma inni as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’udzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan dari angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau datangkan bersamanya. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.

Selain itu ada pula hadis lainnya, yaitu dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata:

"Aku mendengar Nabi SAW bersabda: "Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya."


Doa saat Hujan Disertai Petir

Doa hujan berkah yang disertai petir juga bisa kamu lafalkan ketika ini terjadi Diriwayatkan di dalam hadis Imam Malik, Nabi Muhammad SAW membaca doa hujan yang disertai petir seperti berikut ini:

Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih

Artinya: Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.


Doa Saat Hujan Reda

ilustrasi hujan.
ilustrasi hujan. (Pixabay)

Lalu ketika hujan reda, baiknya kamu tetap membaca doa hujan berkah. Bukan tanpa alasan, hal itu menjadi bentuk rasa syukur manusia karena Allah SWT telah memberikan rahmat-Nya melalui tetesan air hujan yang membasahi Bumi.

Doa setelah hujan reda ini diriwayatkan dalam hadis riwayat Al Bukhari nomor 1038 dan Muslim nomor 240, Rasulullah bersabda:

Muthirnaa bi Fadh-Lillaahi Wa Rohmatihi.

Artinya: Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Pada pagi hari, di antara hambaKu ada yang beriman kepadaKu dan ada yang kafir. Siapa yang mengatakan 'Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih' (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepadaku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan yang mengatakan 'Muthirna binnau kadza wa kadza' (kami diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepadaku dan beriman pada bintang-bintang." (HR. Bukhari-Muslim)


Keutamaan Berdoa saat Hujan

Keutamaan Berdoa saat Hujan
Keutamaan Berdoa saat Hujan (dok.freepik.com)

Tidak hanya doa hujan berkah, kamu juga bisa berdoa tentang keinginanmu saat sedang hujan. Pasalnya, berdoa saat turun hujan sangat besar keutamaannya. Berdoa saat turun hujan diyakini sebagai waktu mustajab untuk berdoa, seperti hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh HR Baihaqi, yang mengatakan bahwa ada tiga kondisi untuk berdoa yang paling mustajab, salah satunya saat turun hujan. Berikut arti hadis tersebut:

"Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun." (H.R. Baihaqi)

Membaca doa saat turun hujan adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hadis lainnya menyebutkan bahwa; 

"Sesungguhnya pintu-pintu langit dibuka saat perang fi sabilillah berkecamuk, turunnya hujan, ketika salat wajib, maka perbanyaklah berdoa pada waktu tersebut." (HR. Abu Hurairah).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya