Simulasi adalah Peragaan Sesuatu dalam Bentuk Tiruan, Pahami Bidangnya

Simulasi adalah pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya.

oleh Husnul Abdi diperbarui 11 Mei 2023, 14:02 WIB
Diterbitkan 11 Mei 2023, 14:02 WIB
[Bintang] Apa Itu Simulasi UNBK?
Ilustrasi simulasi UNBK (Foto: alliedmedtraining.com)

Liputan6.com, Jakarta Simulasi adalah istilah yang sudah tidak jarang didengarkan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini berkaitan dengan suatu hal yang dilakukan menyerupai dengan keadaan yang sesungguhnya. Banyak orang memahaminya sebagai latihan sebelum melakukan sesuatu.

Istilah ini kerap kali digunakan saat melakukan praktek dalam konteks apapun. Simulasi dilakukan terlebih dahulu sebelum melaksanakannya dalam bentuk yang sebenarnya. Biasanya, simulasi ini bertujuan untuk keberhasilan praktek dari suatu rencana.

Simulasi adalah pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Istilah simulasi biasanya dilakukan sebelum kamu melakukan sesuatu atau keadaan yang sesungguhnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/11/2021) tentang simulasi adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Simulasi adalah

Simulasi adalah
Simulasi adalah. Credit: pexels.com/Burst

Simulasi adalah kata yang sudah sering kali terdengar di kalangan masyarakat. Namun, masih banyak orang yang masih belum memahami artinya. Simulasi adalah istilah yang dikenal dengan percobaan yang mirip situasi asli sebelum memulai praktek situasi tersebut. Sederhananya, simulasi adalah proses peniruan.

Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), simulasi adalah metode pelatihan yang meragakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. KBBI, juga mendefinisikan simulasi adalah penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan berupa model statistik atau pemeranan.

Sementara itu, istilah yang berkaitan seperti menyimulasi dan menyimulasikan tentu juga harus kamu pahami. Menyimulasi adalah kata kerja yang berarti menirukan (menyerupakan) kepada sesuatu yang besar dengan ukuran yang lebih kecil. Sementara itu, menyimulasikan berarti membuat (menjadikan) dalam bentuk simulasi. Istilah simulasi ini sering kali juga berkaitan dengan bidang komputer atau digital.


Pengertian Simulasi Menurut Para Ahli

Simulasi sekolah tatap muka di SMPN 1 Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Istimewa)
Simulasi sekolah tatap muka di SMPN 1 Surabaya, Jawa Timur (Foto: Dok Istimewa)

Hoover dan Perry.

Pengertian simulasi adalah proses perancangan model matematis atau logis dari sistem nyata, melakukan eksperimen terhadap model dengan menggunakan komputer untuk menggambarkan, menjelaskan, dan memprediksi perilaku sistem.

Law dan Kleton.

Pengertian simulasi adalah sekumpulan metode dan aplikasi untuk menirukan atau merepresentasikan perilaku dari suatu sistem nyata, yang biasanya dilakukan pada komputer dengan perangkat lunak tertentu.

Khosnevis.

Pengertian simulasi adalah proses aplikasi membangun model dari sistem nyata atau usulan sistem, melakukan eksperimen dengan model tersebut untuk menjelaskan perilaku sistem, mempelajari kinerja sistem, atau untuk membangun sistem baru sesuai dengan kinerja yang di inginkan.

Schroeder.

Pengertian simulasi adalah suatu teknik yang dapat dipakai untuk memformulasikan dan memecahkan model ± model dari golongan yang luas.

Shannon.

Pengertian simulasi adalah proses perancangan model dari sistem nyata yang dilanjutkan dengan pelaksanaan eksperimen terhadap model untuk mempelajari perilaku system atau evaluasi strategi.

Siagian.

Pengertian simulasi adalah suatu metodologi untuk melaksanakan percobaan dengan menggunakan model dari suatu sistem nyata.

Hasan.

Pengertian simulasi adalah suatu model pengambilan keputusan dengan mencontoh atau mempergunakan gambaran sebenarnya dari suatu sistem kehidupan dunia nyata tanpa harus mengalaminya pada keadaan yang sesungguhnya.


Simulasi Komputer

Ilustrasi komputer | Christina Morillo dari Pexels
Ilustrasi komputer | Christina Morillo dari Pexels

Memahami pengertian simulasi tentunya juga perlu dilakukan dalam bidang komputer. Apalagi, istilah simulasi ini memang sering kali digunakan pada bidang komputer. Simulasi komputer adalah simulasi yang dijalankan oleh satu komputer atau jaringan komputer untuk memperlihatkan sebuah perilaku dari suatu sistem. Simulasi komputer banyak digunakan di hampir semua bidang ilmu seperti matematika, fisika (khususnya fisika komputasi), astrofisika, kimia, biologi, geologi, teknik, ekonomi, psikologi, dan ilmu sosial.

Simulasi dari sebuah sistem diwakili oleh model dari sistem tersebut yang dijalankan di komputer sehingga dapat digunakan untuk menggali pengetahuan lebih dalam dan lebih jauh dengan cara yang lebih mudah seperti meramalkan suatu kejadian atau memperkirakan performa dari suatu sistem yang kompleks.

Jenis-jenis simulasi komputer bervariasi dari yang hanya dijalankan selama beberapa menit dalam program komputer sederhana hingga berhari-hari yang dijalankan oleh beberapa komputer yang terhubung. Skala simulasi dapat melebihi apa yang biasa dilakukan permodelan matematika di atas kertas dan dapat menghasilkan sesuatu yang berbeda dari yang diperkirakan sebelumnya.

 

Simulasi di Bidang Fisika

Simulasi dalam bidang fisika misalnya, merupakan metode alternatif sebagai ganti dari sistem eksperimen atau analisis teori seperti halnya dengan penyelesaian secara analitis, penyelesaian numerik memakai persamaan diferensial dan lain-lain.

Cara analisa tradisional ini mempunyai kelemahan terutama karena perubahan perubahan parameter sistemnya sangat sukar dilaksanakan, ataupun jika dapat dikerjakan memerlukan proses perhitungan yang panjang dan kompleks.

Selain dari itu, banyak sistem dalam bidang fisika yang tidak dapat direpresentasikan dengan menggunakan persamaan yang deterministik sehingga harus digunakan pendekatan angka acak atau random yang sering dikenal sebagai metode Monte Carlo.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya