Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya yang Benar, Wajib Dipahami Umat Islam

Huruf Hijaiyah dan cara bacanya merupakan dasar dari ilmu mempelajari Alquran.

oleh Husnul Abdi diperbarui 24 Mei 2023, 02:30 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 02:30 WIB
Ilustrasi baca Al-Quran
Membaca Al-Qur'an / Sumber: iStockphoto

Liputan6.com, Jakarta Huruf hijaiyah dan cara bacanya merupakan dasar dari ilmu mempelajari Alquran. Apalagi, membaca Alquran wajib hukumnya dipahami oleh setiap muslim karena dalam menunaikan ibadah salat, umat Islam tentunya harus membaca surat-surat pendek yang terdapat di dalam Alquran.

Penting bagi umat Muslim untuk belajar membaca Alquran sejak dini menilik dari begitu pentingnya mempelajari Alquran untuk umat Islam sebagai pedoman hidup. Jika seorang umat islam tidak bisa membaca dan memahami Alquran, tentunya ia tidak memiliki pedoman dalam kehidupan.

Huruf hijaiyah dan cara bacanya perlu dipelajari sedari dini. Huruf Hijaiyah adalah huruf alfabet yang berasal dari Arab. Untuk bisa memahami isi dari kitab suci Alquran, kamu harus mengenali terlebih dahulu apa saja huruf hijaiyah dan cara bacanya dengan baik dan benar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (29/1/2020) tentang huruf hijaiyah dan cara bacanya.


Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Huruf hijaiyah sendiri adalah huruf abjad yang berasal dari Arab. Huruf hijaiyah memiliki aturan urutan yang berbeda dengan terminologi abjad. Abjad Arab ditulis dari arah kanan ke kiri bergaya kursif dan terdiri dari 29 huruf.

Huruf Hijaiyah dan cara bacanya sangat penting dipelajari sebelum melanjutkanya pada Alquran. Selain itu, dalam mempelajari huruf hijaiyah dan cara bacanya, kamu harus berlandaskan dengan niat yang tulus dan ikhlas karena Allah SWT supaya dimudahkan.

Huruf hijaiyah dan cara bacanya memiliki total huruf sebanyak 29 buah. Berikut huruf hijaiyah dan cara bacanya:

ا           : alif

ب         : ba

ت         : ta

ث         : tsa

ج          : jim

ج          : ha

خ          : kho

د           : dal

ذ           : dzal

ر          : ro

ز          : zay, zayy atau za

س         : sin

ش         : syin

ص        : shod

ض        : dhod

ط          : tho

ظ          : zho

ع          : ain

غ          : ghoin

ف         : fa

ق          : qof

ك          : kaf

ل          : lam

م           : mim

ن          : nun

هـ          : ha

و          : waw

ي          : ya

ء          : hamzah


Mengenali Isyarat Tanda Baca

Ilustrasi Al-qur'an
Ilustrasi Al-qur'an (sumber: Pixabay)

Lancar membaca Alquran tentu kamu juga perlu mengetahui tanda baca dalam Alquran. Tanda baca ini mempengaruhi nada membacamu dan arti yang dilafalkan. Tanda baca dalam Alquran penting diketahui bagi kamu yang ingin membaca Alquran dengan baik dan benar.

Tanda baca ini disebut harakat. Dengan mengenal harakat kamu jadi tahu bagaimana cara membaca Alquran. Harakat sebagai penentu bagaimana huruf hijaiyah dibaca dalam Alquran. Sama seperti dalam huruf abjad A I U E O, harakat pun begitu.

Tanda baca dalam Alquran misalnya Kasrah yang bermakna melanggar, artinya jika ada tanda Kasrah bacaan dibaca panjang. Tasydid adalah tanda baca untuk menunjukkan bacaan memiliki kononan ganda. Waqaf adalah tanda baca untuk berhenti sejenak dan melanjutkan bacaan dengan kata terakhir sebelumnya dan tanda bacaan lainnya.


Mengenal Bacaan Tajwid Alquran

Agar kamu lebih lancar dalam membaca Alquran, setelah mengenal huruf hijaiyah dan cara bacanya kamu harus mengetahui bacaan tajwid. Bacaan tajwid adalah ilmu bacaan Alquran yang digunakan untuk mengetahui bagaimana membunyikan huruf Alquran secara baik dan benar.

Dalam bacaan tajwid ada cara membaca huruf dengan berdengung, samar dan jelas. Kamu perlu mengenal bacaan tajwid agar kamu dapat membaca Alquran dengan pelafalan yang baik dan benar.

Beberapa istilah dalam bacaan tajwid seperti Izhar yang berarti cara membacanya harus jelas. Idhgam berati harus membaca dengan berdengung atau melebur, Ikhfa yang memiliki arti membaca dengan samar-samar dan masih banyak lagi.


Mempelajari Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya

Mempelajari Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya
Mempelajari Huruf Hijaiyah dan Cara Bacanya(merdeka.com/Arie Basuki)

Mengenal huruf hijaiyah dan cara bacanya memang harus membutuhkan kesabaran dan ketekunan agar dapat membaca Aquran dengan baik dan benar.

Membaca Alquran dengan baik dan benar maka diharapkan dapat mencermati isi dari kandungan Alquran untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah ibadah dan amalan baik.

Agar kamu bisa memahami dengan baik huruf hijaiyah dan bacaannya kamu bisa belajar dengan didampingi orang tua atau guru mengaji.

Manfaat membaca Alquran yang bisa kamu dapatkan antara lain seperti mendapatkan pahala dan kebaikan, memberikan derajat yang lebih baik, memperoleh rahmat dan perlindungan oleh para malaikat, terbiasa menjadi pribadi yang berperilaku mulia dan yang paling penting adalah hati lebih tenang dan tentram.

Demikian penjelasan tentang huruf hijaiyah dan cara bacanya bagi kamu yang ingin memulai mempelajari cara membaca Alquran dengan baik dan benar. Salah satu kunci kamu bisa menguasai membaca Alquran dengan baik dan benar adalah sering membaca secara rutin dan rajin agar lebih terbiasa. 

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya