Only Artinya Hanya, Pahami Bedanya dengan Just dalam Bahasa Inggris

ketahui pengertian only, penempatan only, contoh penggunaan only, dan perbedaan only dengan just.

oleh Ayu Rosiana Angelia diperbarui 24 Mei 2023, 12:35 WIB
Diterbitkan 24 Mei 2023, 12:35 WIB
Ilustrasi kamus (Pixabay)
Ilustrasi kamus (Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Only artinya merupakan kosakata bahasa Inggris yang umum digunakan dalam bahasa sehari-hari. Kata only artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki makna sebagai "hanya" atau "saja". 

Seringkali kata only digunakan dalam berkomunikasi untuk menunjukkan bahwa sesuatu terbatas pada satu hal atau juga menunjukkan jumlah yang terbatas. 

Arti "only" sebagai "hanya" menjadi penggunaan paling umum dari kata ini. Namun pada beberapa kasus, terjemahan ini tidak selalu tepat karena tergantung pada konteks penggunaannya. 

Oleh sebab itu selain mengetahui arti only, penting juga diketahui penempatan kata only yang tepat dalam sebuah kalimat. Berikut Liputan6.com rangkum informasi dari berbagai sumber terkait pengertian, penempatan, contoh penggunaan, dan perbedaan only dengan just, Rabu (24/5/2023).

 

 


Only Artinya?

Ilustrasi kamus bahasa Inggris
Ilustrasi kamus bahasa Inggris. (Photo created by rawpixel.com on www.freepik.com)

Only artinya adalah kata dalam bahasa Inggris yang sering digunakan untuk menunjukkan eksklusivitas atau pembatasan seperti satu-satunya atau tunggal. Kata ini digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu dibatasi hanya untuk orang, benda, atau situasi tertentu. 

Jika menggunakan kata only dengan tepat, maka dapat memberikan kejelasan dan presisi dalam komunikasi. Sebaliknya, apabila penggunaannya tidak tepat atau keliru, maka penggunaan kata only dapat menyebabkan kebingungan atau kesalahpahaman. 

Dengan begitu, penting untuk memahami berbagai konteks penggunaan kata only dan selalu memperhatikan konteks kalimat untuk memastikan makna yang dimaksudkan tersampaikan dengan jelas.


Contoh Penggunaan Only dalam Berbagai Konteks Kalimat

Memberikan Respon yang Sesuai Dengan Karakter Lawan Bicara
Ilustrasi mengobrol dan berdiskusi. Credit: freepik.com

Only artinya “Hanya”

Only dapat digunakan sebagai pemaknaan "hanya". Dalam konteks ini, kata only artinya menunjukkan bahwa sesuatu adalah satu-satunya pilihan atau tindakan yang dapat diambil. 

Misalnya, "The supermarket is open only on weekdays" berarti bahwa swalayan tersebut hanya buka pada hari kerja. Contoh lainnya adalah "We can only speak French" yang berarti kita hanya bisa berbicara bahasa Prancis.

Only artinya “Hanya jika”

Selain itu, only artinya dapat bermakna "hanya jika" atau "hanya ketika". Dalam penggunaan ini, only menunjukkan kondisi yang harus terpenuhi agar sesuatu terjadi. 

Misalnya, "You can enter the venue only if you're 17 or older" berarti bahwa Kamu dapat masuk tempat ini hanya jika berusia 17 tahun atau lebih. Contoh lainnya adalah "I will buy the wallet only when it goes on sale" yang berarti Aku akan membeli dompet itu hanya jika ada diskon.

Only artinya “Baru saja”

Tak hanya itu saja, kata only artinya juga dapat memiliki makna "baru saja" atau "hanya beberapa saat yang lalu". Dalam penggunaan ini, kata only mengindikasikan waktu yang sangat dekat atau baru saja terjadi. 

Misalnya, "He left the toilet only a moment ago" berarti bahwa dia baru saja meninggalkan WC itu. Contoh lainnya adalah "The movie ended only a few minutes ago" yang berarti bahwa film tersebut baru saja berakhir beberapa menit yang lalu.

Only untuk menyampaikan keterbatasan

Terakhir, kata only artinya dapat digunakan untuk menyampaikan keterbatasan atau batasan dalam kemampuan atau peluang seseorang. 

Misalnya, "I can only do so much to help you" berarti bahwa saya hanya bisa melakukan sebanyak itu untuk membantu Anda. Contoh lainnya adalah "We can only try our best and see what happens" yang berarti kita hanya bisa mencoba yang terbaik dan melihat apa yang terjadi.


Beda Only dengan Just

Rajin Membaca Kamus
Ilustrasi Membaca Kamus Credit: unsplash.com/Priscilla

Setelah mengetahui pengertian dan penggunaan kata only, perlu diketahui juga perbedaan makna only dengan just.  Meskipun keduanya sering digunakan secara bergantian, mereka memiliki perbedaan dalam penggunaan dan nuansa.

Only digunakan untuk menunjukkan keterbatasan dalam konteks suatu pernyataan. Kata only sering digunakan untuk mengekspresikan bahwa sesuatu terbatas pada satu hal atau jumlah yang terbatas. Misalnya, “I have only one eraser” yang berarti Aku hanya punya satu penghapus.

Sementara kata just digunakan untuk menunjukkan bahwa sesuatu baru saja terjadi atau dilakukan. Dengan kata lain kata just menunjukkan waktu yang sangat dekat, menekankan kebaruan atau keterkaitan waktu yang sangat dekat. Misalnya, “He just arrived” yang artinya Dia baru saja tiba.

Dalam banyak kasus, kata only dan just dapat saling menggantikan tergantung pada konteks dan arti yang ingin disampaikan.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya