7 Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan, Jangan Anggap Sepele

Pastikan untuk mandi sekali dalam sehari.

oleh Nisa Mutia Sari diperbarui 13 Jun 2023, 15:30 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2023, 15:30 WIB
Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Ilustrasi mandi. Foto: forwallpaper.

Liputan6.com, Jakarta Mandi merupakan kegiatan untuk membersihkan tubuh dan harus dilakukan setiap hari. Jika melewatkan mandi beberapa hari, kamu mungkin saja mengalami beberapa hal yang mengganggu kesehatan tubuh. 

Mandi secara tidak langsung dapat membersihkan tubuh dari kuman, bakteri, debu, keringat, dan minyak yang menempel di kulit seharian. Selain membersihkan diri, mandi ternyata punya banyak manfaat.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa mandi bisa membantu membuat kamu lebih rileks, tidur lebih nyenyak, dan menjaga agar pikiran tetap segar di pagi hari. Apabila kamu melwatkan membersihkan diri dengan tidak mandi atau jarang mandi, maka aka nada dampak buruk yang akan menganggu kesehatan.

Berikut tujuh dampak buruk jarang mandi bagi kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/12/2019).


Infeksi Kulit

Liputan 6 default 3
Ilustraasi foto Liputan 6

Dampak buruk jarang mandi bagi kesehatan pertama adalah infeksi kulit. Jarang mandi akan menghadirkan ribuan bakteri untuk hidup di area kulit kamu.

Sebagian bakteri ini merupakan bakteri jahat  yang dapat memicu penyakit. Jika kamu melewatkan mandi setidaknya selama dua hari, kamu berarti mengundang banyak bakteri untuk bersarang di beberapa area tubuh.

Terlebih tidak mandi setelah melakukan aktivitas juga dapat memicu infeksi kulit. Hal ini bisa terjadi karena badan yang kotor merupakan tempat yang paling menyenangkan bagi banyak bakteri. Akibatnya, kulit bisa mengalami iritasi. 

Bakteri juga akan menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan di sekitar kulit. Kondisi ini akan membuat kamu tergoda untuk menggaruknya dan memungkinkan menyebabkan kulit terluka. Kulit yang terluka semakin meningkatkan kemungkinan terkena infeksi. 


Mudah Terserang Penyakit

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Flu

Dampak buruk jarang mandi juga dapat menyebabkan seseorang rentan terserang penyakit. Hal ini dikarenakan bakteri-bakteri yang bersarang di kulit. 

Ketika kamu jarang mandi dan tidak membersihkan diri, maka bakteri-bakteri jahat yang ada di permukaan kulit kamu mungkin akan menemukan jalan menuju bagian tubuh lainnya. Seperti saat menggaruk kulit yang gatal, bakteri berpindah ke telapak tangan.

Apabila tangan yang sama menggaruk hidung, maka bakteri akan menemukan jalan untuk menyusup ke dalam saluran pernapasan kamu. Bakteri ini nantinya akan menginfeksi. Kamu bisa jadi akan terserang gangguan saluran pernapasan.


Bau Badan Tidak Sedap

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Ilustrasi bau badan (iStock)

Dampak buruk jarang mandi selama berhari-hari memungkinkan tumpukan bakteri menyebarkan bau yang tidak sedap. Bakteri pada kulit yang jarang dibersihkan dapat menimbulkan banyak sekali jenis bau yang sangat tidak enak.

Bau badan tidak sedap akibat jarang mandi ini akan mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu kegiatan.


Penampilan yang Buruk

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
(Sumber: iStockphoto)

Dampak buruk jarang mandi juga dapat memperburuk penampilan. Hal ini dikarenakan tubuh secara alami memproduksi minyak, yang jika jarang dibersihkan akan membuat kulit terlihat berminyak. 

Kondisi ini juga berlaku bagi rambut kamu. Kulit dan rambut yang berminyak akan sangat mengganggu penampilan.


Kulit Jadi Kering

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Kulit Kering (sumber: iStockphoto)

Dampak jarang mandi bagi kesehatan juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Apabila kamu menderita penyakit kulit seperti eksim, kamu bisa mencegahnya dengan mandi secara teratur. Melewatkan mandi selama beberapa hari akan menyebabkan masalah kulit lainnya.

Organisasi Eksim Nasional merekomendasikan untuk mandi sekali dalam sehari. Hal ini berguna untuk mendapatkan kulit yang lembap. Selain itu, perhatikan durasi mandi agar tidak terlalu lama dan tidak menggunakan air panas.


Muncul Bintik-bintik Coklat di Kulit

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Bintik cokelat wajah (sumber: iStockphoto)

Dermatitis neglecta merupakan kondisi yang terjadi ketika membiarkan kotoran atau keringat menumpuk di kulit. Kondisi ini benar-benar hanya akan terjadi ketika kulit kamu jarang atau tidak dibersihkan dengan benar.

Apabila kamu terlalu sering tidak mandi dan mulai melihat bintik-bintik coklat pada kulit, maka kamu perlu untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut. Selain itu, kamu juga perlu berkonsultasi ke dokter terhadap kondisi kulit yang kamu alami.


Kesehatan Organ Vital Terganggu

Dampak Buruk Jarang Mandi Bagi Kesehatan
Ilustrasi Foto Vagina (iStockphoto)

Jarang mandi juga akan mengakibatkan area vital kamu terganggu. Jarang mandi dapat mengakibatkan organ vital akan berbau tidak sedap dan rentan terhadap infeksi jamur.

Sensasi gatal akibat kotoran yang ada di area tersebut akan berkembang dan akan membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya