Viral Penampakan Ribuan Laron Membentuk Pola Seperti Keset, Bikin Merinding

Viral penampakan ribuan laron membentuk pola seperti keset ini bikin merinding.

oleh Arini Nuranisa diperbarui 24 Sep 2023, 07:00 WIB
Diterbitkan 24 Sep 2023, 07:00 WIB
Viral Penampakan Ribuan Laron Membentuk Pola Seperti Keset, Bikin Merinding
Viral penampakan ribuan laron membentuk pola seperti keset ini bikin merinding. (Sumber: TikTok/@scorpioladv)

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video menjadi perhatian warganet, menampilkan ribuan laron yang sudah terkapar di lantai. Video tersebut menunjukkan adanya serangan laron yang terjadi di sebuah rumah. Video tersebut diunggah oleh laman TikTok @scorpioladv yang berdurasi 25 detik.

Tampak kumpulan laron yang sudah tidak beterbangan lagi. Serangga tersebut tampak berada di luar rumah dan berkumpul di sisi tembok dekat pintu. Menariknya, ribuan laron itu membentuk sebuah pola unik seperti keset. Hal itu juga menjadi pemikiran awal sebagian warganet yang ikut berkomentar di unggahannya.

Bahkan, pemilik akun sendiri tidak menyangka kalau kawanan laron itu bisa berkumpul dan membentuk sebuah pola unik. Laron yang saling berhimpitan itu tampak menyembunyikan kepala ke bawah, sehingga yang tampak hanya sayapnya saja.

"Hmmm kok bisaa," tulis pemilik akun, seperti dikutip Liputan6.com dari laman TikTok akun @scorpioladv, Sabtu (23/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kawanan laron membentuk pola seperti keset

Viral Penampakan Ribuan Laron Membentuk Pola Seperti Keset, Bikin Merinding
Viral penampakan ribuan laron membentuk pola seperti keset ini bikin merinding. (Sumber: TikTok/@scorpioladv)

Awalnya, pemilik akun memperlihatkan sayap-sayap laron yang berserakan di dalam rumahnya. Namun, kamera kemudian mengarah ke luar rumah dan di dekat pintu ada pemandangan yang unik. Tampak ribuan laron yang berkumpul di lantai, sisi tembok dekat pintu rumah.

Kawanan serangga itu tampak menyelipkan kepala dan juga badannya bak sedang kedinginan, sehingga yang tampak hanya sayapnya saja. Sayap-sayap itu lah yang membentuk sebuah warna menarik dengan pola. Pola yang tertata dengan rapi itu membuat kumpulan laron terlihat seperti keset.

Ditambah lagi, ada sepasang sandal japit berwarna biru yang tergeletak di sana. Ada pula laron yang menyelipkan tubuhnya ke bawah sebuah guci cokelat yang ada di sana. Mereka tampak berkumpul dan tertata rapi bak sedang menyerbu sesuatu di bawah lantai.

Jika diperhatikan, penampakan kumpulan laron berpola itu memiliki panjang hampir 2 meter dari pintu rumah. Serangga laron sering muncul sebagai tanda masuknya musim hujan. Laron biasanya keluar pada malam hari untuk mencari tempat yang terang.


Keluarnya laron manandai datangnya musim hujan

Video penampakan laron yang membentuk pola unik itu pun mencuri perhatian warganet. Tak sedikit yang mengaku merinding melihat serangga laron dalam jumlah banyak itu. Serangga itu bisa dihalau dengan meminimalisir keberadaan cahaya, misalnya mematikan lampu.

Laron sebenarnya merupakan jenis rayap bersayap yang hidup berkoloni. Rayap bersayap ini akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan. Pada musim hujan, tanah tempat laron bersarang akan lembap, pada saat inilah kawanan laron keluar mencari kehangatan sekaligus mencari pasangan.

Laron yang menemukan pasangan kemudian akan melepaskan sayapnya dan berjalan berdampingan untuk kawin dan mencari sarang baru. Kedatangan serangga ini dalam jumlah banyak bisa mengotori rumah dengan sayap-sayapnya yang rontok.


Tonton video viralnya berikut ini:

@scorpioladv

hmmm kok bisaa🤔 #laron #fypシ #fyp #binatang

♬ suara asli - sinnson - sinnson
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya