Pendiri Google dan Sejarah Perkembangannya dari Masa ke Masa

Pendiri Google dan sejarahnya berawal dari Amerika Serikat.

oleh Husnul Abdi diperbarui 27 Sep 2023, 20:44 WIB
Diterbitkan 27 Sep 2023, 20:30 WIB
Pendiri Google dan Sejarah Perkembangannya dari Masa ke Masa
Pendiri Google, Larry Page (kiri) dan Sergey Brin saat masih berkantor di sebuah garasi (Sumber: Google)

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Google dan sejarahnya perlu kamu ketahui pada hari ulang tahun ke-25 mesin pencarian terpopuler di dunia ini. Google pun memperingati hari ulang tahun ini dengan Googgle Doodle dengan tulisan G25GLE.

Ketika ingin mencari sebuah informasi di internet, Google adalah tujuan utama sebagai alat pencariannya. Google membuat kamu bisa mencari informasi apa saja dari berbagai belahan dunia. Setiap harinya jutaan bahkan miliaran orang di seluruh penjuru dunia menggunakan Google. Google merupakan situs paling banyak dibuka di internet.

Pendiri Google dan sejarahnya berawal dari Amerika Serikat. Mesin pencarian terpopuler ini berawal proyek penelitian dari dua mahasiswa Stanford. Kemudian, berkembang menjadi satu dari beberapa perusahaan terbesar di dunia saat ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/9/2023) tentang pendiri Google dan sejarahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pendiri Google dan Sejarahnya

Pendiri Google, Larry Page. Foto: AFP
Pendiri Google, Larry Page. Foto: AFP

Pendiri Google dan sejarahnya tidak terlepas dari peran dua mahasiswa Stanford, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Saat itu kedua pendiri Google ini merupakan mahasiswa Ph.D yang sedang membuat proyek penelitian. Page dan Brin tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet. Kedua pendiri Google ini kemudian merancang jenis teknologi pencarian baru di kamar asrama Page pada tahun 1996.

Nama domain www.google.com kemudian didaftarkan pada 15 September 1997 dan perusahaan didirikan pada 4 September 1998. Google memiliki misi yaitu "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang". Awalnya, Google bernama "BackRub", karena sistem memeriksa backlink untuk memperkirakan pentingnya sebuah situs. Namun, Page dan Brin kemudian menggantinya menjadi Google.

Sejarah Google merupakan pelesetan dari "googol". Googol merupakan istilah matematika untuk angka satu dengan seratus nol di belakangnya. Nama ini dipilih untuk menandakan bahwa mesin pencari dimaksudkan untuk memberikan informasi dalam jumlah besar. Jadi, arti Google yaitu sebuah mesin pencari yang dimaksudkan untuk memberikan informasi dalam jumlah besar.

Menariknya, kantor pertama Google pada tahun 1998 dioperasikan dari sebuah garasi yang terletak di Menlo Park, California, yang kebetulan dimiliki oleh karyawan mereka no. 16 Susan Wojcicki. Dia kemudian menjadi CEO YouTube, platform berbagi video online resmi di bawah Google. Pendiri Google dan sejarahnya kemudian berkembang dengan cepat.


Perkembangan Google dari Tahun ke Tahun

Pendiri Google, Sergey Brin.
Pendiri Google, Sergey Brin.

Pendiri Google dan sejarahnya berkembang begitu pesat dalam waktu yang singkat. Dalam waktu sekitar satu tahun, perusahaan telah menerima sekitar $25 juta dalam pendanaan modal ventura, dan mesin pencari memproses 500.000 kueri per hari. Aktivitas meledak ketika Google menjadi mesin pencari klien untuk Yahoo!, salah satu situs Web paling populer kala itu.

Pada tahun 2004, ketika Yahoo! ditiadakan dengan layanan Google, pengguna melakukan pencarian Google sekitar 200 juta kali sehari, dan pada tahun 2008 mereka melakukannya sekitar 65 juta kali per jam. Mesin pencari ada di mana-mana sehingga "Googling" menjadi ungkapan umum yang berarti "mencari di Internet."

Google kemudian menjadi perusahaan publik pada tahun 2004. Penawaran umum perdana perusahaan ini berhasil meraup $ 1,66 miliar dan membuat kedua pendiri Google, Page dan Brin, menjadi miliarder secara instan. Pada tahun 2010 Google peringkat bersama raksasa teknologi seperti Microsoft Corporation dan IBM dalam nilai pasar.

Google kemudian terus meningkatkan teknologi mesin pencari (algoritmanya) dan menawarkan berbagai penyempurnaan. Google juga mulai menyediakan layanan pencarian untuk pengguna ponsel. Google memperoleh sebagian besar pendapatannya dari iklan yang ditampilkan di halaman Web yang dikembalikan oleh mesin pencarinya.

Pada tahun 2003 Google membeli perusahaan Pyra Labs, pembuat perangkat lunak pembuatan blog populer Blogger. Pada 2005 Google meluncurkan Google Earth, layanan pemetaan online yang memungkinkan pengguna untuk memanggil gambar satelit terperinci dari sebagian besar lokasi di Bumi.

Pada 2006, Google meluncurkan Google Apps yang berisi kalender, program pesan instan, program pembuatan halaman Web, dan Google Documents. Google juga membeli YouTube pada tahun 2006 seharga $1,65 miliar dalam bentuk saham. Google kemudian merilis browser Web gratis Chrome pada tahun 2008. Google kemudian mengembangkan sistem operasi gratis.

Pada 10 Agustus 2015, Google melalui postingan blog, CEO Google Larry Page mengumumkan pembentukan perusahan baru bernama Alphabet yang akan menjadi perusahaan induk mencakupi Google dan usaha-usaha lain yang tak terlalu terkait erat dengan bisnis utama Google. Sekarang, Google sudah berusia 25 tahun pada tahun 2023 ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya