Viral Obat Tablet Tidak Boleh Digerus, Ini Alasannya

Kenapa obat tablet tidak boleh digerus?

oleh Woro Anjar Verianty diperbarui 07 Mei 2024, 14:45 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2024, 14:45 WIB
Ilustrasi Meminum Obat Tidur/ Pexels
Ilustrasi Meminum Obat Tidur (Foto oleh JESHOOTS.com dari Pexels).

Liputan6.com, Jakarta Masyarakat ramai membicarakan kontroversi seputar penggunaan obat tablet yang langsung diminum atau digerus. Ada yang menganggapnya sebagai solusi ketika sulit menelan obat padat, sementara pendapat lain menekankan bahwa menggerus obat seharusnya dikonsultasikan dengan dokter. Bagaimana sebenarnya fakta di balik viral ini? Apakah benar ada alasan tertentu mengapa obat tablet sebaiknya tidak digerus secara sembarangan? Mari kita telusuri lebih lanjut.

Di tengah perdebatan ini, muncul pertanyaan mengenai keamanan dan efektivitas obat tablet yang digerus. Apakah hal ini dapat mempengaruhi kinerja obat dalam tubuh? Pun apakah ada risiko efek samping yang mungkin timbul akibat praktik ini? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kebijakan yang sebaiknya diambil dalam mengonsumsi obat dalam bentuk tablet.

Dalam menjaga kesehatan dan keselamatan diri, penting untuk memahami prosedur yang benar dalam penggunaan obat, termasuk penggunaan obat tablet. Namun, di balik kemudahan mengonsumsi obat dalam bentuk tablet, tersimpan berbagai pertimbangan yang tidak boleh diabaikan. Apa saja alasannya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber fakta-faktanya, pada Selasa (7/5).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Kenapa Beberapa Obat Tablet Tidak Boleh Digerus

Ilustrasi obat-obatan
Ilustrasi obat-obatan. (Sumber: Freepik)

Beberapa pil sebaiknya tidak digerus karena beberapa alasan khusus. Meskipun sebagian orang mungkin mengalami kesulitan menelan pil utuh, ada cara lain untuk mendapatkan obat tersebut dalam bentuk yang lebih mudah dikonsumsi, seperti tablet dispersible. 

Obat-obatan diproduksi dalam berbagai format, seperti tablet, kapsul, cairan, atau plester. Formulasi ini memiliki tujuan yang berbeda, seperti formulasi pelepasan lambat atau formulasi mudah ditelan, dan telah diuji secara ketat untuk keamanan dan efektivitasnya.

Formulasi yang mudah ditelan biasanya tersedia bagi mereka yang mengalami kesulitan dengan tablet, namun bisa memiliki harga yang mahal atau memerlukan persyaratan penyimpanan yang tidak praktis - seperti harus disimpan di dalam lemari pendingin.

Mungkin menggiling beberapa obat menjadi serbuk membuat obat jadi mudah dikonsumsi, namun hal ini dapat mengubah baik aksi maupun keamanannya. Berikut adalah beberapa alasan utama untuk berhati-hati sebelum melakukan perubahan pada obat Anda:

1. Beberapa memiliki lapisan pelindung khusus

Meskipun banyak obat tersedia dalam bentuk tablet standar (atau 'pelepasan segera'), ada yang dilapisi khusus untuk mengendalikan tempat di tubuh mana obat tersebut diaktifkan dan dalam jangka waktu berapa lama.

Lapisan enterik (mungkin memiliki EN atau EC di akhir nama obat). Ini menghentikan obat untuk hancur di dalam perut, untuk melindungi baik lambung atau obat itu sendiri, atau untuk memungkinkan pelepasan lebih lanjut dalam proses pencernaan - misalnya, obat antiinflamasi nonsteroid diklofenak (juga dikenal sebagai Voltarol) dan naproksen.

Modifikasi atau pelepasan berkepanjangan (mungkin memiliki XL, LA, SR, atau MR di akhir nama obat). Obat-obatan ini - juga dikenal sebagai pelepasan diperpanjang, pelepasan lambat, atau pelepasan terkontrol - dilepaskan secara bertahap, yang berarti tidak perlu dikonsumsi dengan frekuensi yang sering, seperti metformin SR untuk diabetes tipe 2.

Tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah suatu tablet atau kapsul memiliki modifikasi atau lapisan khusus hanya dengan melihatnya. Jika Anda tidak yakin, periksalah leaflet informasi pasien atau tanyakan kepada apoteker Anda.

2. Risiko overdosis

Menggiling atau membelah obat yang dilapisi enterik atau pelepasan dimodifikasi berisiko terlalu banyak obat dilepaskan ke dalam aliran darah Anda terlalu cepat. Tidak hanya meningkatkan risiko overdosis dan mengalami efek samping, hal ini juga berarti ada periode waktu di mana Anda sama sekali tidak mendapatkan manfaat dari obat tersebut.

Sebagai contoh, seorang pakar, Sid, menjelaskan bahwa sebuah obat penghilang rasa sakit yang tahan lama dan pelepasan lambat mungkin hanya bekerja selama delapan jam dari 12 jam yang direncanakan jika obat tersebut digerus.

3. Obat bisa menjadi tidak stabil

Beberapa obat sangat sensitif terhadap faktor lingkungan seperti cahaya, panas, atau kelembaban, itulah sebabnya mereka diproduksi dengan cara tertentu. Sebagai contoh, nifedipin - suatu blocker saluran kalsium yang digunakan untuk tekanan darah tinggi - sangat sensitif terhadap cahaya, sehingga memiliki lapisan pelindung khusus untuk melindunginya dari degradasi.

4. Berpotensi membahayakan orang lain

Ada beberapa obat yang dapat membahayakan siapa pun yang menggiling atau membelah tablet, terutama jika obat-obatan tersebut dapat diserap melalui kulit atau dihirup. Obat-obatan ini termasuk obat kanker payudara tamoxifen, obat artritis rematoid metotreksat, obat prostat finasterida, serta tablet kemoterapi (sitotoksik) dan kontrasepsi oral atau terapi penggantian hormon.

Maka dari itu, penting untuk memahami risiko dan mematuhi petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter atau apoteker untuk mengonsumsi obat dengan cara yang aman dan efektif.


Susah Minum Obat Tablet Utuh? Ini Cara yang Bisa Dilakukan

Ilustrasi anak minum obat saat sakit
Ilustrasi anak minum obat saat sakit. (Photo by cottonbro from Pexels)

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2021 dalam jurnal Patient Prefer Adherence, sekitar sepertiga dari populasi mengalami kesulitan menelan tablet atau kapsul secara utuh. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan jika Anda termasuk dalam kategori tersebut? Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Dapatkan obat Anda dalam format yang berbeda

Bicaralah dengan apoteker Anda untuk melihat apakah ada versi lain dari obat Anda yang tersedia, seperti dalam bentuk cairan, tablet yang dapat larut atau dikunyah, atau bahkan plester (jika diresepkan, Anda mungkin perlu meminta dokter Anda untuk mengubah resepnya). Banyak obat, seperti penghilang rasa sakit seperti Voltarol, juga tersedia dalam bentuk plester atau gel, begitu juga dengan kontrasepsi dan terapi penggantian hormon (HRT). Namun, untuk produk over-the-counter, biasanya lebih mahal.

Jika itu adalah suplemen, banyak yang sekarang hadir dalam format 'gummy' atau yang dapat dikunyah. Lihat panduan kami tentang vitamin dan suplemen yang perlu dan tidak perlu Anda konsumsi, serta panduan vitamin D kami untuk tips di mana mendapatkan tablet, semprotan, dan gummy dengan harga terjangkau.

2. Coba teknik untuk menelan obat dengan lebih mudah

Teknik 'miring ke depan'. Teknik ini sangat efektif untuk mengonsumsi kapsul - Anda letakkan obat di atas lidah Anda, minum seteguk air sedang, lalu miringkan kepala Anda ke depan saat menelan.

Teknik 'botol pop'. Ini melibatkan mengisi botol plastik dengan air, menempatkan tablet di atas lidah Anda sebelum menutup rapat bibir Anda di sekitar pembukaan botol.

Peneliti dalam sebuah studi tahun 2014 tentang menelan tablet yang merancang kedua teknik ini menemukan bahwa teknik ini meningkatkan kemampuan menelan tablet dibandingkan dengan teknik standar seperti minum air dari gelas - dalam hal teknik botol, peningkatan bisa mencapai hingga 60%.

3. Diskusikan dengan apoteker Anda

Ada beberapa teknik yang digunakan oleh apoteker yang mungkin cocok untuk Anda, tetapi sebaiknya bicarakan terlebih dahulu dengan apoteker Anda untuk memastikan keamanan dan Anda tahu apa yang harus dilakukan:

Melarutkan tablet dalam air. Layanan Apoteker Spesialis NHS England (SPS) mengatakan bahwa banyak tablet pelepasan segera akan larut cukup dalam air tanpa perlu digerus, tetapi ada proses khusus yang harus diikuti untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar.

Menggerus obat dengan benar. Jika tablet Anda cocok untuk digerus, SPS menyarankan untuk menggunakan alat penghancur tablet, sprayer penghancur, atau lesung dan cobek, selalu pastikan untuk memberikan air yang digunakan untuk membersihkan obat kepada pasien juga, untuk memastikan mereka mendapatkan dosis penuh.

 

 


Tips Menggunakan Obat dengan Aman

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk menggunakan obat dengan aman:

1. Konsultasikan dengan apoteker Anda jika Anda tidak yakin bagaimana cara mengonsumsi obat Anda.

Seringkali, petunjuk penggunaan obat tidak hanya mencakup dosis dan frekuensi konsumsi, tetapi juga petunjuk khusus tentang cara mengonsumsi obat tersebut. Jika Anda merasa ragu atau kurang yakin, jangan ragu untuk bertanya kepada apoteker Anda. Mereka dapat memberikan informasi yang tepat sesuai dengan jenis obat yang Anda konsumsi dan kebutuhan kesehatan Anda.

2. Ikuti petunjuk tentang makanan

Beberapa obat harus dikonsumsi dengan perut kosong untuk memastikan mereka diserap sebelum makanan berikutnya masuk ke dalam lambung, sementara yang lain membutuhkan makanan di perut untuk melindungi lapisan lambung dari iritasi. Dalam beberapa kasus - seperti dengan simvastatin penurun kolesterol, blocker saluran kalsium termasuk amlodipin, dan obat pengencer darah warfarin - sebaiknya hindari mengkonsumsi jeruk nipis atau minum jus jeruk nipis karena dapat meningkatkan tingkat obat dalam darah Anda.

3. Simpan obat sesuai petunjuk

Jika Anda menyimpan obat dengan tidak benar, obat tersebut bisa menjadi kurang efektif sehingga dokter Anda mungkin akan meningkatkan dosis karena mereka mengira obat tersebut tidak bekerja dengan baik. Sebuah organizer pil harian mungkin terdengar seperti ide yang baik jika Anda memiliki beberapa obat untuk diatur, tetapi jika obat Anda perlu disimpan dengan desikan untuk menjaganya tetap kering, sebaiknya simpan obat tersebut dalam wadah aslinya untuk menjaga kualitasnya, dan lebih mudah untuk melacak tanggal kedaluwarsa juga.

4. Lindungi identitas Anda

Ini mungkin terdengar rumit, tetapi penting untuk menghapus label nama pada obat Anda sebelum mendaur ulang mereka: 'Ada banyak informasi di sana, yang bisa digunakan seseorang untuk pencurian identitas, tetapi mereka juga dapat mengetahui apakah Anda telah diberi obat-obatan terkontrol yang bisa mereka targetkan untuk dijual.'

Anda juga dapat membawa obat-obatan yang tidak terpakai (atau kedaluwarsa) ke apoteker Anda yang akan memiliki fasilitas untuk pembuangan yang aman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya