Tagihan Anak Kos Nggak Kalah Menantang dari Rumah Tangga, Yuk Kelola Keuangan dengan Bijak

Daftar tagihan anak kos bisa dibilang cukup menantang dan tidak kalah seperti daftar tagihan rumah tangga.

oleh Gilar Ramdhani pada 20 Mei 2024, 17:23 WIB
Diperbarui 20 Mei 2024, 17:23 WIB
Perempuan transaksi melalui smartphone
Ilustrasi perempuan transaksi melalui smartphone. (Shutterstock/220 Selfmade studio)

Liputan6.com, Jakarta Mengelola keuangan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anak kos. Terlebih bila merantau ke luar kota dengan tingkat biaya hidup dan budaya yang jauh berbeda dengan daerah asal. Tak cukup harus bisa mandiri tapi juga pandai mengelola keuangan biar selalu aman sampai akhir bulan dan momen gajian.

Jadi anak kos merupakan salah satu jalan kehidupan yang harus ditempuh oleh mereka yang memasuki dunia kuliah atau kerja. Kemampuan mengelola keuangan di masa-masa kos ini jadi bekal penting sebelum memasuki dunia pernikahan dan rumah tangga. Pengelolaan keuangan anak kos bisa dimulai dengan menyusun daftar pengeluaran atau tagihan per bulan, dari yang terbesar hingga terkecil. 

1. Daftar Tagihan Anak Kos

Daftar tagihan anak kos bisa dibilang cukup menantang dan tidak kalah seperti daftar tagihan rumah tangga. Sejumlah tagihan anak kos yang perlu disiapkan dengan matang antara lain: Sewa tempat tinggal, makanan dan belanja perlengkapan, transportasi, hangout/traveling, listrik dan air, internet dan telepon, tagihan platform digital.

Selain itu, masih ada alokasi yang perlu jadi perhatian seperti tagihan asuransi, alokasi perawatan kesehatan dan kecantikan, pembayaran tagihan kartu kredit, dana darurat dan tabungan. Melihat daftarnya yang panjang itu pasti jumlah tidak sedikit dan perlu pengelolaan yang baik.

2. Tips Kelola Keuangan Anak Kos

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Perempuan transaksi melalui smartphone
Ilustrasi perempuan transaksi melalui smartphone. (Shutterstock/wichayada suwanachun)

Setelah mengetahui daftar tagihan dan pengeluaran umum anak kos, saatnya kamu tahu dan menerapkan tips mengelola keuangan anak kos agar finansialmu aman.

  • Susun Anggaran 

Daftarnya sudah ada, selanjutnya tinggal menyusun besaran anggaran setiap item pengeluaran dan atur skala prioritas. Sesuaikan dengan pendapatan kamu, jangan besar pasak daripada tiang. Bila dari satu pendapatan kurang, maka harus mencari sumber pendapatan yang lain. Setelah itu kamu bisa mulai mencatat pemasukan dan pengeluaran secara teratur supaya tidak ada yang melebihi anggaran.

  • Menabung di Awal Bulan

Alokasikan pendapatan kamu untuk menabung. Ini bisa menjadi simpanan untuk membantu kamu menghadapi kebutuhan di masa depan maupun dana darurat. Selain kesadaran menabung, investasi juga perlu ditanamkan sejak muda. Sekalipun angkanya kecil, tapi percayalah lama kelamaan akan terkumpul dan menjadi besar.

  • Sesuaikan Gaya Hidup dengan Pendapatan

Tips terbaik adalah menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan keuangan sendiri bukan orang lain dan tidak asal mengikuti tren. Utamakan kebutuhan bukan keinginan. Pilih pakaian, tempat makan, dan hal lainnya sesuai kemampuan kamu, Jangan memaksakan di luar kemampuan. Hindari hal-hal yang berpotensi menjadi beban keuangan. 

  • Hindari Kebiasaan Berhutang

Memiliki hutang dan pinjaman tidak sepenuhnya salah, namun perlu diperhatikan tujuan dan fungsinya. Jangan sampai untuk konsumsi atau memenuhi gaya hidup semata. Beli barang sesuai kemampuan, jika harus kredit pastikan memiliki nilai manfaat jangka panjang

  • Bayar Tagihan Tepat Waktu

Item tagihan ini sudah masuk susunan anggaran, kamu cukup memastikan pembayaran tagihan tepat waktu. Jangan ditunda-tunda atau sampai menunggak karena bisa menimbulkan biaya-biaya tambahan dan terganggunya layanan yang kamu perlukan.

Untuk menyelesaikan tagihan kebutuhan kos dan hidup bulanan di tengah kesibukan, kamu bisa mengandalkan DANA. Aplikasi dompet digital ini memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi keuangan dan pembayaran secara online, langsung dari smartphone kamu.

Yuk Kelola Keuangan dengan Bijak
Bayar Tagihan Apa Aja, Semua Ada di DANA!

Melalui DANA, kamu bisa melakukan pembayaran tagihan apa aja lho! Mulai dari tagihan listrik, air, internet & tv kabel, pulsa, BPJS, asuransi, paspor, e-Samsat dan masih banyak lagi. Untuk bayarnya, kamu bisa pilih pakai Saldo DANA atau pakai kartu bank yang sudah kamu simpan di aplikasi DANA. Tanpa perlu keluar rumah, gonta-ganti aplikasi, semua tagihan bisa dibayar di DANA.

Yuk, segera download aplikasi DANA sekarang. Nikmati segala fitur dan promo-promo menarik di setiap bulannya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya