8 Manfaat Kelas Prenatal, Tips Penting agar Proses Melahirkan Lebih Lancar

Dengan mengikuti kelas prenatal, kekhawatiran seputar proses melahirkan dapat dibantu untuk dihilangkan.

oleh Miranti diperbarui 13 Sep 2024, 17:47 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 17:47 WIB
Ilustrasi Hamil
Ilustrasi Ibu di Alabama yang mengalami kondisi langka yakni rahim ganda dan kini hamil di tiap rahimnya. (Unsplash/Juan Encalada)

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan saat ingin memasuki masa melahirkan. Seorang ibu harus dibekali banyak pengetahuan seputar kehamilan, melahirkan, hingga pengetahuan pascamelahirkan. Pasangan juga harus turut mengetahui dasar-dasar tersebut agar dapat membantu dan mempersiapkan selama masa hamil sampai melahirkan.

Salah satu cara yang dapat diambil adalah dengan mengikuti kelas prenatal. Kelas prenatal biasanya berisikan pengetahuan seputar proses melahirkan. Biasanya, ibu hamil dengan usia kehamilan 30 sampai 36 minggu dapat mengikuti kelas prenatal bersama dengan pasangan atau walinya.

Dengan mengikuti kelas prenatal, kekhawatiran seputar proses melahirkan dapat dibantu untuk dihilangkan. Jadi pengalaman melahirkan menjadi lebih rileks. Sebagaimana dilansir Liputan6.com pada Jumat (13/9/2024) dari Roots Community Birth Center dan sumber lainnya, inilah delapan manfaat yang didapat dari kelas prenatal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Tingkat kesehatan yang lebih baik

Ibu dan anak
Dengan mengikuti kelas prenatal, pengetahuan yang diperoleh dapat mencegah permasalahan kesehatan di masa depan. (Foto: Pexels/Catalina Carvajal Herrera)

Orangtua yang mengikuti kelas prenatal memiliki kemungkinan yang tinggi untuk melahirkan secara normal dan cenderung tidak mengalami kelahiran sebelum waktunya. Ini adalah hal yang baik karena bayi yang lahir prematur dapat mengalami masalah kesehatan seperti permasalahan pernapasan dan tumbuh kembang.


2. Membangun hubungan yang baik dengan pasangan

Proses melahirkan
Para ibu dapat menyampaikan kekhawatiran dan kebutuhan mereka dengan baik kepada para profesional melalui kelas prenatal.

Baik itu kehamilan pertama atau kehamilan kesekian, proses dari hamil hingga melahirkan selalu menjadi menyenangkan ketika pasangan juga turut membantu dan mendukung. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan mengikuti kelas prenatal.

Melalui kelas prenatal, sepasang calon orangtua dapat belajar banyak seputar kehamilan, proses melahirkan, hingga tahap pascamelahirkan. Dengan demikian, hubungan antara keduanya menjadi lebih erat dan akan membuat proses melahirkan menjadi lebih baik.


3. Berkenalan dengan keluarga lain yang juga akan melahirkan

Saat mengikuti kelas prenatal, Anda juga dapat berkenalan dengan keluarga-keluarga lain yang akan sedang hamil atau akan melahirkan dalam waktu dekat. Memiliki sebuah komunitas yang berisikan orangtua-orangtua akan sangat membantu, terlebih jika ini ada kali pertama Anda menjadi orangtua. Selain untuk mendapatkan sumber kenyamanan dari orang-orang yang mengalami hal yang sama, Anda juga dapat menciptakan tali pertemanan bagi anak-anak kelak untuk dapat berkenalan dengan satu sama lain. 


4. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan para tenaga kesehatan

Berbagai istilah yang asing di telinga mungkin akan didengar ketika memasuki masa melahirkan. Penting bagi seorang ibu untuk mengomunikasikan apa yang diinginkan saat proses melahirkan dan mengomunikasikan hal-hal yang dikhawatirkan kepada para tenaga kesehatan. Dengan demikian, para tenaga kesehatan akan mengerti kebutuhan dan akan membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.


5. Membuat pengalaman melahirkan yang lebih baik

Para peneliti menemukan bahwa para orangtua yang mengikuti kelas prenatal merasa lebih percaya diri untuk melahirkan dan cenderung memiliki kesiapan yang lebih untuk melahirkan. Ketika Sahabat Fimela mengikuti kelas prenatal, Anda akan diberikan berbagai pengetahuan seputar melahirkan, seperti hal-hal apa saja yang harus diperhatikan hingga teknik yang digunakan saat melahirkan nanti. 


6. Awal yang baik untuk menyusui

Walaupun air susu ibu diproduksi secara alami oleh tubuh, tetapi Anda juga tetap harus belajar bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar. Menyusui bayi membutuhkan latihan dan waktu yang banyak. Oleh karena itu, melalui kelas prenatal, Anda akan dibekali dasar-dasar seputar kegiatan menyusui agar tidak bingung saat sudah melahirkan.


7. Strategi untuk Mengelola Stres dan Kecemasan

Kehamilan
Ilustrasi Ibu Hamil Credit: pexels.com/pixabay

Kelas prenatal sering kali mengajarkan teknik manajemen stres, seperti relaksasi dan meditasi. Ini membantu ibu hamil mengatasi kecemasan terkait kehamilan dan persalinan, serta mempromosikan kesejahteraan mental yang positif.


8. Pemahaman tentang Hak dan Pilihan

Mencegah Kematian Ibu Hamil, Peran Pelayanan Kesehatan Komprehensif Diperlukan (Ilustrasi Ibu Hamil/Hamil/Mengandung/Ibu by AI)
Mencegah Kematian Ibu Hamil, Peran Pelayanan Kesehatan Komprehensif Diperlukan (Ilustrasi Ibu Hamil/Hamil/Mengandung/Ibu by AI)

Kelas prenatal memberikan informasi tentang hak-hak ibu hamil dan pilihan yang tersedia selama proses persalinan dan setelah melahirkan. Pengetahuan ini membantu calon orang tua merasa lebih terinformasi dan berdaya dalam membuat keputusan mengenai perawatan mereka dan bayi mereka.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya