10 Sikap untuk Berhenti Merindukan Seseorang, Cocok Buat Kaum LDR atau Putus Cinta

Terdapat beragam cara untuk bisa mengatasi kerinduan pada seseorang yang telah jauh dari hidup Anda.

oleh Miranti diperbarui 23 Jul 2024, 16:12 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 16:12 WIB
ilustrasi Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR
Pacar, pasangan, bahagia, dekat, LDR (Sumber/ freepik)

Liputan6.com, Jakarta Rindu kepada seseorang yang sudah pergi atau tak dapat dimiliki adalah hal yang wajar. Perasaan sulit untuk berhenti merindukan seseorang tersebut bisa terjadi karena banyak sebab.

Misalnya karena seseorang tersebut masih memiliki harapan atau atau menyesali sesuatu dari hubungan yang sudah sirna. Atau bisa juga sulit menahan rindu juga terjadi di antara pasangan yang sedang berhubungan jarak jauh (LDR).

Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk memiliki sikap-sikap yang dapat memperkuat mental agar tidak terus-menerus terjebak dalam kerinduan terhadap orang tersebut. Kamu juga bisa menerapkan sikap ini saat baru putus dari pacar.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini adalah 10 sikap yang dapat membantu berhenti merindukan seseorang dan kembali fokus pada kebahagiaan diri sendiri. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menerima Kenyataan dengan Ikhlas

perempuan dan oktober move on
Maju terus ke depan.

Langkah awal untuk menghentikan kerinduamu terhadapmu adalah menerima kenyataan bahwa takdir mereka tidak lagi bersama. Proses ini memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu. Namun jika kamu tersebut mampu menerima kenyataan dengan tulus, hatinya akan mendapatkan kedamaian.

Ingatlah bahwa melepaskan adalah bagian tak terpisahkan dari perjalanan hidup yang harus kita jalani. Dengan menerima kenyataan ini, kamu tersebut pasti dapat melepaskan harapan-harapan yang tidak realistis dan memulai membangun kembali kehidupan tanpa terhanyut oleh bayang-bayang orang tersebut.


2. Fokus pada Diri Sendiri

wanita juli kaya bahagia
Kekayaan yang membawa kebahagiaan./Gambar oleh lifeforstock di Freepik

Satu cara yang sangat ampuh untuk menghentikan kerinduan terhadap seseorang adalah dengan mengarahkan fokus sepenuhnya pada dirimu sendiri. Temukanlah apa yang benar-benar membuatmu bahagia dan mulailah mengejarnya tanpa ragu.

Mungkin itu adalah hobi baru yang menarik, olahraga yang menyenangkan, atau proyek-proyek pribadi yang selama ini terlupakan. Dengan mengalihkan perhatianmu pada hal-hal yang positif dan produktif, pikiranmu tidak akan lagi terjerat oleh kerinduan yang menyakitkan.


3. Menghindari Pemicu Kenangan

wanita juli tabahkan hati
Teguh dan tak tergoyahkan. Gambar hak cipta oleh freepik.

Setiap orang pasti memiliki pemicu kenangan yang membuatnya merindukan seseorang, entah itu lagu, tempat, atau aktivitas tertentu. Menghindari pemicu-pemicu ini sementara waktu dapat membantu kamu mengurangi rasa rindu.

Tidak perlu merasa bersalah karena melakukan hal ini. Anggap saja sebagai langkah sementara hingga kamu benar-benar mampu menghadapi kenangan tersebut tanpa rasa sakit yang berlebihan.


4. Berbicara dengan Orang yang Dipercaya

wanita juli baju merah ponsel
Ngobrol./Hak Cipta Gambar oleh lookstudio di Freepik

Mengungkapkan perasaan dan berkomunikasi dengan orang-orang terdekat yang kita percayai bisa menjadi cara yang luar biasa untuk mengatasi rasa rindu yang menggelayuti. Mereka mungkin memiliki sudut pandang yang segar dan membantumu melihat situasi dengan lebih jelas.

Tidak hanya itu, berbicara dengan teman atau keluarga yang penuh dukungan juga bisa memberikan kita perasaan lega dan meringankan beban yang ada di dalam hati. Jadi, janganlah ragu untuk mencari dukungan dari orang-orang terdekatmu, karena mereka bisa menjadi sumber kekuatan dan kenyamanan dalam menghadapi rasa rindu yang melanda.


5. Menjaga Jarak secara Fisik dan Emosional

wanita juli beruntung
Rezeki yang Mengalir./Gambar oleh freepik

Menjaga jarak dari orang yang dirindukan secara fisik dan emosional adalah langkah penting dalam proses pemulihan. Jika memungkinkan, hindari bertemu atau berkomunikasi dengannya untuk sementara waktu.

Ini bukan berarti memutuskan hubungan secara permanen, tetapi memberikan diri kamu ruang untuk sembuh dan belajar menjalani hidup tanpa kehadirannya. Menjaga jarak akan membantu kamu membangun kembali keseimbangan emosional dan mengurangi rasa rindu.


6. Mencari Pengalaman Baru

wanita juli aura orang kaya
ilustrasi wanita.

Mencari petualangan baru bisa menjadi cara yang ampuh untuk melupakan rasa rindu pada seseorang. Coba lakukan hal-hal baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Misalnya menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah terjamah, bergabung dengan komunitas yang segar, atau mungkin mengikuti kursus yang menarik.  Pengalaman baru ini tak hanya akan mengalihkan perhatianmu, tetapi juga memberikan kesempatan bertemu dengan orang-orang baru yang bisa memberikan pengaruh positif dalam hidupmu.


7. Menulis Jurnal atau Diary

wanita juli menawan tambah usia
Pesona yang Memukau./Hak Cipta Gambar oleh Lifestylememory di Freepik

Menulis jurnal atau diary tentang perasaan kamu adalah cara yang baik untuk mengekspresikan diri tanpa takut dihakimi. Tulis semua perasaan dan pikiran yang muncul, termasuk kerinduan yang kamu rasakan.

Proses menulis ini dapat membantu kamu memahami dan menerima perasaan tersebut dengan lebih baik. Selain itu, membaca kembali tulisan-tulisan kamu di kemudian hari bisa memberikan perspektif baru tentang sejauh mana kamu telah berkembang dan sembuh dari kerinduan.


8. Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental

wanita juli  yang disukai
Begitu Populer!/Gambar Hak Cipta oleh benzoix di Freepik

Kesehatan fisik dan mental sangat berpengaruh terhadap kemampuan kita mengatasi kerinduan. Pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur.

Aktivitas fisik dapat membantu melepaskan endorfin yang meningkatkan mood dan membantu kamu merasa lebih baik secara keseluruhan. Selain itu, praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga untuk menjaga keseimbangan emosional dan mental.

 

 

 


9. Menjaga Prasangka Baik atas Pengalamanmu

Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka
Ilustrasi sedih, kecewa, patah hati, putus cinta, terluka. (Photo by Tan Danh from Pexels)

Meskipun kamu mungkin merasa terluka atau kecewa oleh asmara pahit yang dialami, penting untuk tetap menjaga prasangka baik atas pengalaman tersebut. Setiap hubungan atau interaksi memiliki pelajaran yang berharga untuk dipetik, meskipun pada akhirnya tidak berjalan sesuai harapan. Dengan menjaga prasangka baik, kamu dapat melihat pengalaman tersebut sebagai bagian dari perjalanan hidup kamu yang membentuk kamu menjadi pribadi yang lebih kuat dan bijaksana.


10. Komunikasi Terbuka dan Teratur Khusus Buat yang LDR

Ilustrasi main HP, kangen, LDR, malam hari
Ilustrasi main HP, kangen, LDR, malam hari. (Image by pvproductions on Freepik)

Bagi kamu yang sedang rindu dengan seseorang karena sedang menjalani hubungan jarak jauh (LDR),  cara yang bisa dilakukan agar tidak mempengaruhi hari-harimu adalah membuat komunikasi dengan terbuka dan teratur. Komunikasi adalah kunci utama dalam setiap hubungan.

Jadi buatlah jadwal komunikasi yang teratur dan tetaplah terbuka satu sama lain. Gunakan teknologi seperti panggilan video atau pesan teks untuk tetap merasa dekat meskipun jarak memisahkan. Dengan begitu rindumu teratasi dan hari-harimu tidak mempengaruhi.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya