Cara Mudah Buat Bihun Gulung Ala Pedagang Kaki Lima, Bisa Dicoba di Rumah

Bihun gulung adalah salah satu jajanan kaki lima yang terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 29 Jul 2024, 10:46 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2024, 10:46 WIB
ilustrasi resep telur gulung sd/cookpad
ilustrasi resep telur gulung sd/cookpad

Liputan6.com, Jakarta Bihun gulung mirip seperti telur gulung adalah salah satu jajanan kaki lima yang terkenal dengan cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Kelezatan bihun gulung terletak pada kombinasi bumbu dan isian yang meresap hingga ke dalam bihun, menciptakan rasa yang memikat setiap lidah yang mencobanya.

Biasanya, bihun gulung ditemukan di pinggir jalan dengan aroma yang menggoda, namun kini, Anda bisa menciptakan kelezatannya sendiri di rumah dengan cara yang mudah dan praktis.Membuat bihun gulung di rumah bukan hanya sekadar menyiapkan makanan, tetapi juga menghadirkan pengalaman memasak yang menyenangkan dan memuaskan.

Dengan resep sederhana ini, Anda dapat menghadirkan hidangan kaki lima yang populer ini di meja makan tanpa perlu keluar rumah. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber panduan lengkap dan langkah demi langkah untuk membuat bihun gulung yang lezat dan enak, Senin (29/7/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Resep Bihun Gulung

resep telur gulung jajanan anak SD
Ilustrasi Bihun Gulung.

Bahan - Bahan yang Diperlukan :

  • 200 gram bihun (rendam dalam air hangat hingga lembut)
  • 2 siung bawang putih (cincang halus)
  • 4 butir telur (kocok lepas)
  • 2 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan saus
  • 2 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • Garam dan merica secukupnya

Cara Membuat Bihun Gulung

6 Nama Telur Gulung Nyeleneh Ini Bikin Tepuk Jidat, Jajanan SD Favorit
Nama Telur Gulung Nyeleneh. (Sumber: TikTok/@braveseraf)

Persiapan Bahan: Rendam bihun dalam air hangat hingga lunak, lalu tiriskan. Kocok telur hingga rata dan sisihkan.

Persiapan Adonan Telur: Pecahkan telur ke dalam mangkuk besar. Tambahkan susu cair jika menggunakan, serta kecap manis dan saus tiram. Kocok hingga rata.Masukkan daun bawang  ke dalam adonan telur. Aduk rata. Beri garam dan merica sesuai selera, lalu aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

Menggoreng Bihun Gulung: Panaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng. Celupkan bihun gulung ke dalam kocokan telur, lalu goreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan lalu dengan lidi dicelupkan dari tengah dorong kepinggir kemudian digulung . Angkat dan tiriskan.

Penyajian: Sajikan bihun gulung hangat dengan daun selada sebagai pelengkap, jika diinginkan.Nikmati bihun gulung ini dengan saus sambal atau saus favorit sebagai pelengkap.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menikmati bihun gulung ala pedagang kaki lima yang lezat dan menggugah selera di rumah. Selamat mencoba dan semoga hidangan ini menjadi favorit baru di meja makan Anda!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya