Resep Kulit Manggis, Alternatif Murah dan Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Kulit manggis, yang sering kali hanya dianggap sebagai limbah setelah buahnya dimakan, sebenarnya menyimpan manfaat kesehatan yang luar biasa.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 03 Agu 2024, 14:23 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 14:23 WIB
Manggis Purwakarta Berasal dari Semenanjung Malaya, Benarkah?
Buah Manggis khas Kabupaten Purwakarta. Foto (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Kulit manggis, yang sering kali hanya dianggap sebagai limbah setelah buahnya dimakan, sebenarnya menyimpan manfaat kesehatan yang luar biasa. Dalam beberapa tahun terakhir, kulit manggis telah menarik perhatian sebagai alternatif alami untuk membantu menurunkan kolesterol.

Kandungan senyawa antioksidan dan serat yang tinggi pada kulit manggis membuatnya berpotensi mendukung kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular. Dengan memanfaatkan bagian dari buah yang biasanya terbuang ini, Anda tidak hanya berkontribusi pada kesehatan tubuh, tetapi juga berperan dalam mengurangi pemborosan makanan.

Memasak kulit manggis untuk menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan berbagai cara yang sederhana dan terjangkau. Misalnya, kulit manggis dapat dikeringkan dan dijadikan bubuk, yang kemudian bisa ditambahkan ke dalam smoothie atau makanan lain. Proses ini tidak hanya menjaga keseimbangan kolesterol, tetapi juga memberi Anda alternatif sehat yang murah dan mudah diolah di rumah, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (3/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat Kulit Buah Manggis bagi Kesehatan
Manfaat Kulit Buah Manggis bagi Kesehatan (Sumber: Pixabay)

Xanthone, senyawa ajaib yang ada dalam kulit manggis, dipercaya memiliki kekuatan luar biasa untuk menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker, termasuk kanker payudara dan paru-paru. Tidak hanya itu, studi juga menunjukkan bahwa kulit manggis mampu dengan efektif menekan pertumbuhan sel-sel kanker pada usus besar. Namun, penelitian lebih lanjut masih terus dilakukan untuk mengungkapkan peran magis kulit manggis dalam mencegah kanker.


2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ilustrasi buah manggis
Ilustrasi buah manggis. (Photo created by jcomp on www.freepik.com)

Penelitian-penelitian terkini terhadap hewan telah mengungkapkan bahwa kulit manggis memiliki keajaiban dalam menurunkan kolesterol di dalam tubuh. Keajaiban ini terletak pada kandungan antioksidan dan xanthone yang ada dalam ekstrak kulit manggis, yang memiliki sifat anti-peradangan yang luar biasa.

Selain itu, serat yang melimpah dalam kulit manggis juga memberikan manfaat luar biasa dalam mengatur kadar lemak dalam darah. Dengan mengendalikan kadar lemak darah ini, dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke yang mematikan.


3. Mengontrol Gula Darah

Ilustrasi manggis | Fathima Shanas dari Pixabay
Ilustrasi manggis | Fathima Shanas dari Pixabay

Kulit manggis bukan hanya sekadar kulit biasa, tetapi juga menyimpan manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaatnya terletak pada kandungan xanthone yang mampu menurunkan tingkat gula darah dalam tubuh dan menjaganya tetap stabil. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan kulit manggis sebagai obat alami untuk mencegah resistensi insulin dan diabetes.


4. Menutrisi Kulit

Harga Dibandrol Murah Saat Penen Raya, Pembudidaya Manggis di Purwakarta Gigit Jari
Buah Manggis khas Kabupaten Purwakarta. Foto (Liputan6.com/Asep Mulyana)

Salah satu kehebatan kulit manggis dalam hal kecantikan adalah membantu menjaga kekenyalan kulit. Jadi, jika ada produk kecantikan atau perawatan kulit yang mengandung ekstrak kulit manggis, bisa dipastikan kulitmu akan tetap elastis dan proses penuaan akan melambat.

Manfaat ini tak lain karena kulit manggis memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang luar biasa, yang akan melindungi kulitmu dari kerusakan sel akibat sinar UV yang mengintai.


Cara Mengolah Kulit Manggis

Buah Manggis
Kulit manggis memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Ingin menikmati manfaat kulit manggis dengan cara yang simpel? Cobalah membuat teh kulit manggis yang segar dan lezat! Berikut adalah langkah-langkahnya yang bisa kamu ikuti:

1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan: 1 genggam kulit manggis yang sudah kering, 1 kantong teh celup, 1 batang serai, 1,5 liter air, 2 sendok makan gula pasir, dan jahe secukupnya.

2. Cuci bersih kulit manggis, jahe, dan serai untuk memastikan kebersihannya.

3. Rebus semua bahan tersebut dalam air dan tambahkan 1 kantong teh celup. Biarkan mendidih dan tunggu hingga air menyusut.

4. Setelah itu, saring campuran tersebut dan tuangkan ke dalam gelas.

5. Jika ingin menambahkan sedikit rasa manis, kamu bisa menambahkan gula pasir atau madu sesuai selera.

6. Teh kulit manggis siap disajikan! Nikmati teh ini dalam keadaan hangat atau dingin, sesuai dengan selera kamu.

Dengan cara ini, kamu bisa menikmati manfaat kulit manggis dengan mudah dan menyegarkan. Selamat mencoba!

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya