Tak Setulus Kelihatannya, Ini 6 Tanda Orang yang Hanya Pura-Pura Baik

Menemukan seseorang yang tulus dan benar-benar baik dapat menjadi tantangan yang unik.

oleh Miranti diperbarui 06 Agu 2024, 15:37 WIB
Diterbitkan 06 Agu 2024, 15:37 WIB
Ilustrasi teman baik, sahabat, pertemanan, persahabatan
Ilustrasi teman baik, sahabat, pertemanan, persahabatan. (Image by halayalex on Freepik)

Liputan6.com, Jakarta Orang yang baik seringkali menunjukkan sikap yang ramah dan menyenangkan di hadapanmu. Tetapi, sulit untuk mengetahui apakah kebaikan mereka itu tulus atau hanya pura-pura. Banyak orang yang terlihat baik tetapi sebenarnya hanya pura-pura baik. Sebaliknya, ada juga orang yang cuek dan kurang peduli tetapi sebenarnya sangat baik hati.

Mengenali orang yang tulus dan benar-benar baik bisa menjadi tantangan tersendiri. Terlebih lagi, mengenali orang yang hanya pura-pura baik. Orang seperti ini mungkin memiliki motif tersembunyi atau hanya ingin memanfaatkan kebaikan kita untuk keuntungan pribadi mereka.

Biasanya, orang yang hanya pura-pura baik akan menunjukkan beberapa tanda. Dan berikut ini adalah beberapa tanda orang yang hanya berpura-pura baik pada orang lain sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa (6/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sikapnya Tidak Konsisten

perempuan angkuh
Gambar perempuan yang merasa paling hebat diilustrasikan oleh Tamara Bellis dari unsplash.com.

Seseorang yang tulus akan tetap konsisten dalam menunjukkan kebaikan, tanpa memandang situasi atau siapa yang ada di sampingnya. Di sisi lain, orang yang hanya berpura-pura baik cenderung tidak konsisten.

Meskipun orang tersebut terlihat sangat baik dan perhatian di hadapanmu, sikapnya berubah ketika di belakangmu. Perubahan sikapnya juga dapat dilihat dari perilakunya yang hanya manis dan perhatian saat ia memiliki niat tertentu yang menguntungkannya.


2. Sering Memanfaatkan Situasi

Orang yang hanya pura-pura baik seringkali memanfaatkan situasi untuk keuntungannya sendiri. Ia cenderung bersikap baik saat dirinya membutuhkan sesuatu darimu. Selanjutnya, ia akan mengabaikan atau bahkan merendahkanmu saat ia merasa tidak ada lagi yang bisa diperoleh darimu. Pahami akan sikap ini agar kamu bisa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menghadapi orang-orang yang hanya pura-pura baik selama ini. 


3. Suka Menggosipkan dan Bicara di Belakangmu

Jika kamu mendengar bahwa seseorang sering bergosip atau berbicara negatif tentangmu saat kamu tidak ada, itu bisa menjadi tanda bahwa kebaikan mereka di depanmu hanya pura-pura. Orang yang seperti ini cenderung suka berpura-pura baik dan bersikap manipulatif, sehingga tidak benar-benar baik.


4. Sikapnya Berubah Saat Kamu Tidak Memperhatikannya

Mungkin ada kemungkinan bahwa orang yang berpura-pura baik akan menunjukkan perilaku yang berbeda ketika tidak ada orang yang memperhatikannya. Jika kamu melihat mereka bertindak berbeda di depan orang lain dibandingkan saat hanya bersama kamu, itu bisa menjadi tanda bahwa kebaikan yang mereka tunjukkan kepadamu selama ini tidaklah tulus.


5. Tidak Tulus Saat Membantumu

zodiak baik
Ilustrasi perempuan cantik dan baik/copyright unsplash.com/Clarisse Meyer

Seseorang yang benar-benar baik akan memberikan bantuan tanpa mengharapkan imbalan atau tanpa pamrih. Namun, orang yang pura-pura baik justru mengharapkan sesuatu sebagai balasan atas bantuan yang ia berikan.

Orang ini cenderung memberikan bantuan dengan syarat tertentu. Atau, secara terus-menerus ia mengingatkanmu akan bantuan yang telah dirinya berikan. Ia juga membicarakan hal ini ke semua orang dan berulang-ulang. 


6. Tidak Mau Terbuka atau Berbagi

Jika mereka enggan untuk berbagi cerita atau masalah pribadi mereka tetapi selalu ingin tahu tentang kehidupanmu, itu bisa menunjukkan bahwa mereka lebih tertarik pada informasi tentangmu daripada membangun hubungan yang tulus.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya