11 Tips Cepat Mengurangi Lemak Perut Berlebih, Dijamin Body Goals dan Makin Percaya Diri

Mengurangi lemak perut yang menggelambir sebenarnya tidak sekompleks yang dipikirkan namun butuh konsistensi dalam melakukannya.

oleh Miranti diperbarui 21 Agu 2024, 11:07 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2024, 11:07 WIB
mengukur lingkar pinggang
ilustrasi perut rata diet/Photo by Bill Oxford on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Mengurangi lemak perut yang bergelambir sangat penting bagi kamu yang ingin mempertahankan bentuk tubuh ideal. Lemak perut yang bergelambir sering menjadi masalah bagi banyak orang, terutama wanita. Selain mengganggu penampilan, kehadiran lemak perut juga dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Namun, mengatasi lemak perut bukanlah hal yang tidak mungkin. Proses mengurangi lemak perut yang berlebih ternyata tidak sekompleks yang dibayangkan. Hal yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dan metode yang tepat dalam pelaksanaannya. Kebanyakan cara untuk mengurangi lemak perut juga berkaitan dengan pola hidup sehat.

Oleh karena itu, jika kamu ingin memiliki perut yang lebih ramping dan tubuh yang ideal, pastikan untuk selalu menjalani gaya hidup sehat dan teratur. Jika kamu merasa bingung atau tidak tahu harus mulai dari mana, kamu bisa membaca informasi tentang cara mengecilkan perut yang berlemak seperti yang terdapat dalam artikel ini.

Penasaran dengan tips-tips yang akan dibahas? Mari melihat beberapa cara efektif untuk membakar lemak perut dengan cepat di bawah ini sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Rabu (21/8/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Batasi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat
Ilustrasi Nasi Credit: unsplash.com/Pille

Cara mengurangi lemak perut yang bergelambir bisa kamu coba dengan membatasi konsumsi karbohidrat. Pada dasarnya, makanan yang menjadi sumber karbohidrat sangat diperlukan oleh tubuh. Sebab, nutrisi ini dapat bermanfaat sebagai sumber energi utama bagi tubuh, sumber energi bagi otak, hingga bantu meningkatkan penyerapan nutrisi penting lainnya pada tubuh. 

Walau begitu, karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi hal yang nggak baik bagi tubuh, terlebih bila kamu jarang beraktivitas sehari-harinya. Makanan dengan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh bisa saja menumpuk pada perut dan lama-kelamaan akan menjadi lemak yang menumpuk. Hal inilah yang kemudian membuat lemak perut wanita tampak bergelambir dan nggak enak untuk dilihat.

Dengan alasan inilah, kamu perlu mengurangi konsumsi karbohidrat yang berlebihan sebagai salah satu cara mengecilkan perut. Namun perlu diingat, asupan karbohidrat ini harus kamu sesuaikan lagi dengan rutinitas harian yang dimiliki, ya. Semakin banyak kegiatan fisik yang dilakukan, maka boleh untuk mengonsumsi karbohidrat dengan jumlah yang sewajarnya.


2. Perbanyak Asupan Protein dan Serat

ilustrasi makanan berserat dan protein/pexels
ilustrasi makanan berserat dan protein/pexels

Perbanyak asupan protein dan serat juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi lemak perut yang bergelambir. Kedua nutrisi ini memiliki peranan sangat penting dalam mewujudkan perut yang rata dan bebas lemak berlebih, terutama jika kamu ingin mengecilkan perut pasca melahirkan. 

Protein sendiri merupakan nutrisi yang berguna untuk bantu membakar lebih banyak kalori dalam tubuh. Selain itu, nutrisi yang satu ini juga dapat dimanfaatkan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, sehingga nafsu makan dapat dikendalikan dan lemak nggak akan menumpuk di bagian perut. Nah, buat makanan untuk mengecilkan perut buncit wanita yang mengandung protein, kamu dapat memilih daging tanpa lemak, aneka makanan laut, telur, produk olahan susu, hingga biji-bijian.

Di sisi lain, makanan tinggi serat dapat diandalkan sebagai salah satu cara mengecilkan perut karena ragam khasiatnya. Sama seperti protein, serat juga mampu bikin rasa kenyang jadi tahan lebih lama. Selain itu, serat juga membantu memperbaiki sistem pencernaan, yang berkontribusi pada pengurangan lemak perut. Adapun makanan untuk mengecilkan perut buncit wanita yang tinggi serat misalnya seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Yuk, cobain cara mengurangi lemak perut bawah yang satu ini.


3. Konsumsi Lemak Sehat

Contoh ilustrasi kacang-kacangan sebagai sumber lemak sehat
Agar kolesterol dapat turun dan terjaga, kamu harus membatasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh bahkan lebih baik menghindarinya. (Foto: Unsplash.com/Dan Burton)

Cara mengurangi lemak perut yang bergelambir selanjutnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi lemak sehat. Lemak sehat seringkali diabaikan dalam diet penurunan berat badan, padahal perannya sangat penting dalam menghilangkan lemak perut secara alami. 

Makanan untuk mengecilkan perut buncit wanita yang mengandung lemak sehat seperti asam lemak omega-3 dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang lebih cepat memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, bahkan saat beristirahat. 

Selain itu, lemak sehat dari sumber seperti minyak kelapa dan kacang almond juga bisa diandalkan untuk membantu menstabilkan kadar hormon dan mendukung proses pengelolaan berat badan yang sehat. Sehingga, lemak perut wanita dapat dikurangi dan bisa diandalkan sebagai cara mengecilkan perut yang efektif.


4. Kurangi Makanan Olahan yang Manis dan Asin

Kue Kering Tanpa Oven
Ilustrasi Kue Kering Simpel Tanpa Oven / Freepik by KamranAydinov

Jika ingin mengurangi lemak perut wanita yang bergelambir, maka tips yang satu ini wajib diipertimbangkan. Asal kamu tahu saja bahwa mengonsumsi makanan olahan yang manis dan asin secara berlebihan cenderung membuat lemak pada perut cepat menumpuk. Oleh karena itu, salah satu cara mengurangi lemak perut yang bergelambir yang efektif bisa dilakukan dengan mengurangi jenis-jenis makanan tersebut.

Daripada memilih makanan olahan yang manis, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula alami seperti buah-buahan dan madu sebagai cara menghilangkan lemak perut secara alami. Sementara untuk makanan yang asin, sebaiknya hindarilah yang menggunakan penyedap rasa dan pilih yang menggunakan garam asli. Itupun juga harus dibatasi, karena kelebihan garam sangat nggak baik untuk kesehatan tubuh serta proses mengecilkan perut pasca melahirkan.


5. Kontrol Porsi Makan

Ilustrasi makan dalam porsi secukupnya (Sumber: Freepik)
Ilustrasi makan dalam porsi secukupnya (Sumber: Freepik)

Cara mengurangi lemak perut yang bergelambir berikutnya bisa dilakukan dengan mengontrol porsi makan sehari-hari. Tips menghilangkan lemak perut tanpa olahraga ini bisa dicoba dengan menggunakan piring kecil setiap menyantap makanan di pagi, siang, dan malam hari. Perlu diketahui bahwa penggunaan piring kecil dalam cara mengecilkan perut dinilai ampuh, karena mampu membuat pelakunya berpikir bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup.

Adapun manfaat jangka panjang dari penerapan tips menghilangkan lemak perut tanpa olahraga adalah membantu mencapai tujuan penurunan berat badan dan sebagai cara mengurangi lemak perut bawah. Dengan porsi yang lebih kecil dan pengurangan asupan kalori yang konsisten, tubuh akan membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi, yang pada akhirnya menyebabkan penurunan berat badan dan pengurangan penumpukan lemak.


6. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga
Rutin berolahraga dapat mempertajam daya ingat. (Foto: Freepik/jcomp)

Jika ingin mengecilkan perut pasca melahirkan, maka jangan pernah meremehkan manfaat dari berolahraga. Cara mengurangi lemak perut bawah seperti dinilai efektif dan dapat memberikan hasil yang sesuai kamu inginkan bila dilakukan dengan tepat dan secara rutin. Nah, buat yang masih bingung, kamu dapat mencoba olahraga membakar lemak perut seperti plank, mountain climbers, serta High-Intensity Interval Training (HIIT).

Selain itu, olahraga membakar lemak perut dengan alat bantuan seperti latihan roda AB, lari di treadmill, hingga menggunakan stationary bike. Berbagai olahraga membakar lemak perut tentunya dapat kamu coba dulu sebagai langkah membuat bentuk tubuh lebih ideal. Apalagi hasil yang didapatkan dari rutin melakukan cara membakar lemak perut dengan cepat ini juga nggak akan mengecewakanmu.


7. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Jogging
Aktivitas fisik dapat membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh. (Foto: Pexels/Daniel Reche)

Berbeda dari olahraga membakar lemak perut, meningkatkan aktivitas fisik ini bisa dilakukan lewat keseharian kamu. Misalnya, saat berangkat bekerja atau pergi ke sekolah, cobalah untuk berjalan kaki atau mengayuh sepeda alih-alih menggunakan transportasi seperti motor, mobil, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih menaiki tangga alih-alih menggunakan lift, yang mana ini akan berguna sebagai cara membakar lemak perut dengan cepat. Yuk, terapkan cara mengecilkan perut ini biar kamu bisa merasakan hasil nyatanya.


8. Penuhi Waktu Istirahat Berkualitas yang Cukup

Ilustrasi perempuan tidur, bermimpi
Ilustrasi perempuan tidur, bermimpi. (Photo Copyright by Freepik)

Kurang tidur dapat menyebabkan peningkatan berat badan, termasuk penumpukan lemak pada perut. Inilah mengapa, agar bisa sukses menghilangkan lemak perut secara alami, usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam per malam. Tidur yang cukup sendiri dapat membantu tubuh memperbaiki diri dan menjaga keseimbangan hormon yang berperan dalam pengendalian berat badan. 

Dengan kata lain, ini merupakan cara mengecilkan perut yang efektif tanpa perlu effort yang besar. Selain itu, cara membakar lemak perut dengan cepat ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari meningkatkan imunitas hingga menjaga organ tubuh untuk tetap berfungsi dengan maksimal. 


9. Kelola Stres dengan Baik

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Ilustrasi Aktivitas Yoga Credit: pexels.com/Karolina

Mengelola stres dengan baik dapat menjadi tips menghilangkan lemak perut tanpa olahraga selanjutnya yang bisa dicoba. Nyatanya, stres yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan hormon kortisol, yang berhubungan dengan penumpukan lemak di perut. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik, terlebih bila kamu ingin mengecilkan perut pasca melahirkan.

Untuk menerapkan cara mengurangi lemak perut bawah seperti ini, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau sekadar berjalan-jalan santai. Dengan mencoba berbagai teknik relaksasi tersebut, stres yang dipendam pasti akan berkurang dan rencanamu dalam menghilangkan lemak perut secara alami pun dapat berprogres dengan baik.


10. Konsultasi Bersama Dokter Ahli Gizi

Ilustrasi konsultasi ke dokter
Ilustrasi konsultasi ke dokter/Canva.com.

Kamu juga bisa mencoba cara mengurangi lemak perut bawah dengan bantuan para profesional yang sudah berpengalaman dan terpercaya. Dalam kasus beberapa orang, proses menghilangkan lemak perut yang bergelambir bisa saja jadi hal yang sulit untuk diwujudkan. Namun, dengan mengandalkan dokter ahli gizi, cara membakar lemak perut dengan cepat bukan lagi sesuatu yang mustahil dan bahkan bisa memberikan progres hasil yang memuaskan.

Konsultasi dengan ahli gizi memungkinkan kamu mendapatkan panduan diet yang disesuaikan dengan kondisi dan tujuan pribadi. Ahli gizi pun akan mengevaluasi kondisi tubuh, seperti kadar gula darah, tekanan darah, metabolisme, dan kondisi medis lain yang mungkin memengaruhi pola makan kamu. Dengan demikian, diet yang diterapkan akan lebih aman dan efektif untuk mencapai tujuan tanpa risiko kesehatan.

Selain itu, dokter ahli gizi dapat membantu merancang menu diet yang mencakup semua nutrisi esensial, seperti protein, karbohidrat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral. Mereka juga akan memastikan bahwa diet kamu mencakup makanan bervariasi sehingga nggak hanya sehat, tetapi juga menyenangkan untuk diikuti.


11. Hindari Alkohol

Ilustrasi minuman beralkohol
Ilustrasi minuman beralkohol. Credit: pexels.com/Thirdman

Alkohol tidak hanya menambah kalori tetapi juga dapat merangsang nafsu makan dan meningkatkan penyimpanan lemak di perut. Mengurangi atau menghindari konsumsi alkohol dapat membantu menurunkan lemak perut.

Well, itu dia beberapa yang bisa dicoba dalam proses menghilangkan lemak bergelambir pada perut. Mengurangi lemak perut yang bergelambir memang membutuhkan usaha dan konsistensi, tetapi hasilnya sangat sebanding.

Dengan menjalankan tujuh langkah di atas, kamu nggak hanya akan mendapatkan perut yang lebih rata dan tubuh yang lebih langsing, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan secara keseluruhan. Ingatlah bahwa perubahan kecil dalam pola hidup sehari-hari dapat memberikan hasil yang besar dalam jangka panjang. Jadi, mulailah dari sekarang dan rasakan perbedaannya! 

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya