10 Sikap Pamer yang Justru Membuat Orang Terlihat Bodoh dan Kurang Berwawasan Luas

Jika tidak ingin dianggap bodoh dan suka pamer, hindarilah melakukan kesalahan-kesalahan tersebut.

oleh Miranti diperbarui 30 Agu 2024, 19:53 WIB
Diterbitkan 30 Agu 2024, 19:53 WIB
ekspresi sinis serius senyum
ilustrasi perempuan cantik baju hitam/Photo by HONG SON

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai faktor yang membuat seseorang tampak cerdas di hadapan orang banyak. Kemungkinan besar, mereka memiliki berbagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh orang-orang biasa. Ini tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan yang luas atau pencapaian akademis yang mengesankan, tetapi juga mengenai cara seseorang mempersembahkan dirinya dan berinteraksi dengan orang lain.

Menjadi tampak cerdas adalah hasil kombinasi antara pengetahuan, karakter, sikap, dan keterampilan berkomunikasi.  Banyak orang yang memiliki pengetahuan luas namun gagal terlihat cerdas karena beberapa kesalahan yang mereka lakukan.

Di bawah ini akan diuraikan tentang sepuluh kesalahan yang harus dihindari jika kamu ingin terlihat cerdas dan berwawasan luas di mata banyak orang. Berikut penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (30/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Jangan Terlalu Banyak Bicara

panjang umur
"Ilustrasi wanita berkarir/copyright oleh Flávia Martins dari Pexels."

Kesalahan yang sering kali membuatmu tidak dianggap cerdas adalah ketika kamu berbicara secara berlebihan tanpa memberi ruang bagi orang lain untuk berpendapat. Terlalu banyak berbicara dapat menciptakan kesan sombong, angkuh, pamer, dan bahkan egois, karena terkesan selalu ingin menjadi pusat perhatian. Lebih parah lagi, jika kamu tidak menghargai pandangan orang lain. Untuk terlihat lebih cerdas, sebaiknya bicaralah dengan bijak dan belajarlah untuk menghargai orang yang sedang berbicara.


2. Suka Menggunakan Kata-kata yang Rumit

karakter zodiak
"Foto ilustrasi wanita yang sedang bekerja/Foto oleh Olya Kobruseva dari Pexels."

Tidak semua istilah yang sulit menunjukkan kecerdasan seseorang. Sebenarnya, jika kamu menggunakan kata-kata yang terlalu kompleks atau teknis dalam situasi sehari-hari tanpa alasan yang tepat, hal itu justru bisa membuatmu terlihat bodoh. Ini dapat memberi kesan bahwa kamu berusaha terlalu keras untuk menunjukkan kepintaranmu. Seseorang yang benar-benar cerdas dapat menyederhanakan ide-ide yang rumit dan menjelaskannya dengan cara yang mudah dimengerti oleh semua orang.


3. Tidak Mau Bertanya

karakter zodiak
"Foto seorang wanita yang sedang bekerja/Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels."

Ada sebagian orang yang merasa bahwa bertanya akan membuat mereka tampak bodoh atau kurang cepat memahami materi yang diajarkan. Namun, pertanyaan yang cerdas justru mencerminkan rasa ingin tahu dan komitmen untuk belajar lebih dalam. Jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang jelas. Jika kamu sudah memahami, manfaatkan kesempatan itu untuk membantu teman-temanmu agar mereka juga bisa mengerti, dan jadilah proaktif dalam proses belajar yang positif.


4. Tidak Mau Mengakui Kesalahan

karakter zodiak
"Foto oleh Leah Kelley dari Pexels yang menggambarkan karakter wanita."

Individu yang berkeinginan untuk dianggap pintar sering kali berusaha menghindari kesalahan. Namun, mengakui kesalahan merupakan indikasi dari kecerdasan emosional yang tinggi. Mereka yang enggan mengakui kesalahan sendiri sering kali dianggap keras kepala dan tidak dapat diandalkan. Meskipun mengakui kesalahan dan belajar darinya mungkin tampak memalukan dan menunjukkan kelemahan, sebenarnya hal tersebut dianggap sebagai tanda kedewasaan, terutama jika seseorang bersedia untuk bertanggung jawab dan memperbaiki kesalahan tersebut dengan sikap reflektif.


5. Berpura-pura Tahu Segalanya

perempuan tersenyum
"Gambar yang menggambarkan karakter perempuan / Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels."

Orang-orang umumnya tidak menyukai mereka yang berpura-pura memiliki segalanya, karena hal itu cenderung terlihat mengganggu dan dapat merusak reputasi yang baik. Berpura-pura mengetahui segala hal tidak hanya membuatmu tampak angkuh, tetapi juga dapat merusak kepercayaan orang lain terhadapmu, bahkan membuatmu terlihat kurang berilmu. Jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami, lebih baik bersikap jujur dan ungkapkan bahwa kamu akan mencari informasi lebih lanjut. Kejujuran justru lebih dihargai oleh orang lain.


6. Tak Bisa Menjadi Pendengar

karakter zodiak
"Foto seorang wanita yang sedang bekerja/Foto oleh Amina Filkins dari Pexels."

Memiliki keterampilan mendengarkan yang baik sangat penting untuk terlihat cerdas. Dengan mendengarkan secara aktif, kamu dapat memberikan tanggapan yang tepat dan menunjukkan minat dengan mengajukan pertanyaan yang mendalam.

Hal ini mencerminkan kecerdasan tinggi tanpa perlu menunjukkan pengetahuanmu secara berlebihan. Selain itu, menjadi pendengar yang baik juga menunjukkan kemampuanmu untuk menghargai pandangan orang lain dan memahami sudut pandang yang berbeda.


7. Bahasa Tubuh yang Negatif

sifat menyebalkan
"Foto oleh mentatdgt dari Pexels yang menggambarkan perempuan yang sedang bekerja."

Usahakan untuk menghindari bahasa tubuh yang negatif yang dapat merusak kesan baik pada orang lain. Contohnya, jangan sampai terlihat sibuk dengan handphone tanpa memperhatikan lawan bicara, memiliki postur tubuh yang membungkuk, kurang melakukan kontak mata, atau tampak gelisah dengan sering melihat jam saat percakapan berlangsung.

Semua perilaku tersebut bisa membuatmu terlihat kurang percaya diri atau bahkan menunjukkan ketidakminatan terhadap orang di hadapanmu. Pastikan bahasa tubuhmu mencerminkan rasa percaya diri dan keterbukaan.


8. Terlalu Percaya Diri

karakter zodiak
"Gambar seorang wanita yang sedang bekerja/Foto oleh Destiawan Nur Agustra dari Pexels."

Dalam menghadapi momen-momen krusial, seperti saat melakukan presentasi atau berpartisipasi dalam diskusi, penting untuk tidak terlalu yakin pada diri sendiri sehingga merasa bahwa semua tindakanmu sudah benar dan meyakinkan. Seringkali, kamu cenderung membagikan informasi dan pendapatmu yang belum sepenuhnya terolah.

Minimnya persiapan dapat membuatmu terlihat kurang kompeten dan tidak profesional, terutama jika ditambah dengan rasa percaya diri yang berlebihan. Jadi, sisihkan waktu untuk mempelajari berbagai topik agar kamu tidak terkesan kurang paham.


9. Mengabaikan Etika Komunikasi

zodiak mingguan
"Foto oleh Muhamad Farid dari Pexels yang menggambarkan perempuan yang sedang bekerja."

Etika dalam berkomunikasi, seperti tidak memotong pembicaraan orang lain, tidak berpaling saat diajak berbicara, menjawab dengan singkat dan ketus, menunjukkan ekspresi wajah yang kurang antusias, menggunakan bahasa yang sopan, serta menghargai pendapat yang berbeda, adalah hal-hal penting yang dapat membuatmu tampak cerdas di mata orang lain. Mengabaikan etika komunikasi yang baik dan positif dapat membuatmu terlihat kurang dewasa dan kurang cerdas.

 


10. Menggunakan Jargon yang Tidak Perlu

ekspresi sinis serius ketus tegas mandiri
ilustrasi perempuan angkuh/Photo by Jeys Tubianosa/Pexels

Menggunakan jargon atau istilah teknis yang tidak perlu dalam percakapan sehari-hari dapat membuatmu terlihat pretensius dan sulit dipahami. Lebih baik berkomunikasi dengan jelas dan sederhana agar lebih dapat diterima oleh audiens yang lebih luas.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya