8 Gejala Hb Rendah yang Pantang Diabaikan, Memahami Lebih Dini Bisa Cegah Bahaya

Jika kadar Hb dalam darah menurun, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen yang diperlukan untuk berfungsi dengan optimal.

oleh Miranti diperbarui 31 Agu 2024, 13:47 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2024, 13:47 WIB
Efek Gula Darah Rendah Pada Otak
Gula darah yang rendah memiliki sejumlah efek pada otak. (Foto:Freepik/freepik)

Liputan6.com, Jakarta Hemoglobin (Hb) adalah protein dalam sel darah merah yang berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Jika kadar Hb dalam darah menurun, tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen yang diperlukan untuk berfungsi dengan optimal.

Gejala Hb rendah seringkali muncul dalam bentuk gejala yang mudah diabaikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali tanda-tanda Hb rendah agar bisa segera mendapatkan penanganan medis yang diperlukan.

Berikut adalah beberapa tanda Hb rendah yang perlu kamu ketahui dan pantang untuk diabaikan. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana telah dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Sabtu (31/8/2024):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

 


1. Kelelahan yang Berlebihan

tanda - Vania
Ilustrasi Depresi/https://www.freepik.com/freepik 

Tanda pertama dari Hb rendah adalah kelelahan yang berlebihan. Hemoglobin (Hb) mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Jika kadar Hb rendah, tubuh kekurangan oksigen, membuat seseorang merasa sangat dan lemah meskipun tidak melakukan aktivitas berat.


2. Sesak Napas

tanda - Vania
"Gambar Ilustrasi Depresi/https://www.freepik.com/freepik"

Sesak napas atau napas pendek-pendek sering kali menjadi tanda Hb rendah. Karena Hb yang rendah tidak dapat mengangkut oksigen dengan efisien, tubuh berusaha keras untuk mendapatkan lebih banyak oksigen, yang menyebabkan seseorang merasa sesak napas, terutama saat beraktivitas.


3. Kaki dan Tangan Dingin

tanda - Vania
Ilustrasi Mengobari Luka/https://www.freepik.com/freepik 

Tangan dan kaki yang selalu terasa dingin bisa menjadi tanda Hb rendah. Sirkulasi darah yang buruk akibat kurangnya hemoglobin menyebabkan ekstremitas tubuh kekurangan darah yang cukup, sehingga terasa dingin.


4. Pucat dan Kulit Kering

Wajah Terlihat Pucat
Ilustrasi Wajah yang Pucat Karena Darah Rendah Credit: pexels.com/pixabay

Kulit yang pucat dan kering adalah tanda umum dari Hb rendah. Hemoglobin memberikan warna merah pada darah, dan ketika kadarnya menurun, kulit akan tampak lebih pucat. Selain itu, kurangnya oksigen juga dapat membuat kulit menjadi kering dan kusam.


5. Detak Jantung yang Tidak Teratur

Detak Jantung Lebih Cepat
Kenali Tanda Kamu Alami Gangguan Kecemasan RDNE/copyright pexels/cottonbro studio

Detak jantung yang tidak teratur atau palpitasi bisa menjadi tanda Hb rendah. Jantung harus bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah yang kurang kaya oksigen ke seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat atau tidak teratur.


6. Sakit Kepala dan Pusing

Mendadak Pusing Hingga Menyebabkan Pingsan
Ilustrasi Pusing dan Sakit Kepala Credit: pexels.com/pixabay

Sakit kepala dan pusing adalah gejala umum lainnya dari Hb rendah. Kurangnya oksigen di otak dapat menyebabkan rasa sakit dan pusing, terutama ketika berdiri atau bergerak tiba-tiba. Ini adalah salah satu tanda Hb rendah yang sering diabaikan.


7. Kuku Rapuh dan Rambut Rontok

rambut rontok
(Pinterest)

Kuku yang rapuh dan rambut yang mudah rontok juga dapat menjadi indikasi Hb rendah. Kekurangan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah dapat mempengaruhi kesehatan kuku dan rambut, membuatnya lebih mudah patah dan rontok.


8. Kesulitan Berkonsentrasi

Fimela - Stres
ilustrasi stres kerja/copyright fimela

Kurangnya oksigen yang disuplai ke otak akibat Hb rendah dapat menyebabkan masalah dengan konsentrasi dan fokus. Kesulitan ini terjadi karena otak kekurangan nutrisi dan oksigen yang diperlukan untuk fungsi kognitif yang optimal.

Mengetahui dan memahami tanda-tanda ini dapat membantu Anda lebih cepat mencari perawatan medis jika Anda mengalami gejala yang mengindikasikan kadar hemoglobin rendah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya