7 Indikasi Kamu Tak Gampang Dimanfaatkan, Memiliki Batasan yang Tegas!

Berikut tanda jelas kamu tidak mudah dimanfaatkan.

oleh Mochamad Rizal Ahba Ohorella diperbarui 09 Sep 2024, 14:53 WIB
Diterbitkan 09 Sep 2024, 14:53 WIB
karakter zodiak
gambar wanita bekerja/Foto oleh Dmitriy Nushtaev di Unsplash

Liputan6.com, Jakarta Pernah nggak sih, kamu merasa ada orang yang mencoba mengambil keuntungan dari kebaikanmu? Memang, bersikap baik dan membantu orang lain itu suatu yang baik. Namun, tidak sedikit orang yang justru memanfaatkan kebaikan tersebut untuk kepentingan pribadi mereka. Nah, di sinilah pentingnya harus bisa membedakan mana yang benar-benar membutuhkan bantuan dan mana yang hanya ingin memanfaatkan kebaikan anda. 

Sering kali, orang yang memiliki batasan yang jelas dan tegas cenderung lebih dihormati dan tidak mudah dimanfaatkan. Mereka tahu kapan harus berkata tidak dan tidak merasa bersalah karenanya. Ini bukan berarti mereka tidak peduli atau kurang empati, tetapi mereka memahami bahwa menjaga kesejahteraan diri sendiri adalah prioritas.

Kalau kamu nggak mau jadi orang yang mudah dimanfaatkan, yuk simak tanda-tanda berikut ini. Siapa tahu kamu sudah memiliki sikap-sikap ini dan bisa lebih percaya diri dalam menjaga diri! Mengetahui tanda-tanda bahwa kamu tidak mudah dimanfaatkan akan membantumu merasa lebih aman dan percaya diri dalam berinteraksi dengan orang lain, dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(9/9/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Berani Menolak dengan Tegas

karakter zodiak
gambar wanita gembira/Foto oleh Bin Thiều di Unsplash

Pernahkah kamu merasa bersalah ketika harus menolak permintaan seseorang? Meskipun kamu tahu bahwa permintaan tersebut berlebihan atau tidak masuk akal? Jika kamu mulai bisa mengatakan "tidak" tanpa merasa bersalah, itu adalah tanda bahwa kamu semakin dewasa dan memahami apa yang terbaik untuk dirimu. Menolak dengan tegas bukan berarti kamu kejam, tetapi justru menunjukkan bahwa kamu menghargai dirimu sendiri dan waktumu.


2. Sulit Dipengaruhi Bujukan

perempuan tersenyum
ilustrasi wanita gembira/Foto oleh Michelle Zhou di Unsplash

Beberapa individu memiliki kemampuan untuk merayu atau memanipulasi agar kamu merasa berkewajiban membantu mereka. Namun, orang yang tidak mudah dimanfaatkan dapat mengenali motif di balik rayuan tersebut. Kamu tidak mudah terperdaya oleh pujian palsu atau kata-kata manis yang hanya bertujuan untuk mendapatkan sesuatu darimu. Jadi, kamu lebih berhati-hati dan tidak langsung mempercayai apa yang dikatakan orang.


3. Kamu Punya Rasa Percaya Diri yang Tinggi

perhiasan wanita
Gambar wanita cantik mengenakan perhiasan/copyright unsplash.com/Mandy Zhang

Individu yang memiliki kepercayaan diri memahami nilai dirinya sendiri. Kamu tidak merasa perlu untuk menyenangkan semua orang demi diterima. Kepercayaan diri membuatmu lebih mandiri dan tidak bergantung pada pengakuan dari orang lain. Tindakan ini juga membuatmu lebih tegas saat harus mengatakan "tidak" atau menjauh dari mereka yang berusaha memanfaatkanmu.


4. Kamu Pandai dalam Memilih Teman

zodiak perempuan berani
Gambaran kepribadian wanita/Foto oleh Adi Probo di Unsplash

Sahabat, memilih teman yang tepat adalah salah satu indikator bahwa kamu tidak mudah dimanfaatkan. Kamu bisa membedakan mana teman yang tulus dan mana yang hanya hadir saat butuh. Dengan memilih teman yang mendukung dan menghargaimu, kamu akan lebih terlindungi dari orang-orang yang memiliki niat buruk. 


5. Mampu Menghargai Diri Sendiri

Perempuan Cantik
Ilustrasi/hak cipta unsplash.com/Reinaldo Kevin

Jika kamu mulai menghargai dirimu sendiri, orang lain juga akan melihat dan memperlakukanmu dengan cara yang sama. Kamu menyadari nilai waktumu, energi yang kamu miliki, dan tidak akan membuangnya untuk suatu yang tidak bermanfaat. Seseorang yang menghargai dirinya sendiri tahu kapan harus berinvestasi dalam hubungan yang saling menguntungkan, bukan hubungan yang hanya menguntungkan satu pihak.


6. Kamu Tidak Selalu Butuh Pengakuan

kepribadian anak pertama
gambar karakter wanita/Foto oleh Wenyang di Unsplash

Beberapa individu mudah dimanfaatkan karena mereka selalu mencari validasi dari orang lain. Mereka merasa bahwa dengan membantu orang lain, mereka akan lebih diterima. Namun, jika kamu sudah mencapai titik di mana kamu merasa cukup dengan dirimu sendiri, kamu tidak akan tergoda untuk selalu menyenangkan orang lain. Kamu lebih memilih untuk memberikan bantuan dengan tulus, tanpa merasa perlu mendapat pengakuan atau pujian.


7. Kamu Memiliki Batasan yang Jelas

karakter zodiak
ilustrasi kepribadian perempuan/Photo by Aisha Askhadova on Unsplash

Seseorang yang tidak mudah dimanfaatkan tahu betul kapan harus berkata "tidak." Batasan yang jelas sangat penting untuk menjaga dirimu dari orang-orang yang suka mengambil keuntungan. Kamu bisa menunjukkan bahwa meskipun kamu bersedia membantu, ada batasan yang tidak boleh dilanggar. Ini bukan berarti kamu egois, tapi kamu tahu kapan waktu dan energimu harus diprioritaskan untuk suatu yang lebih penting.

Jadi, menjadi orang yang baik itu penting, tetapi mengetahui kapan harus bersikap tegas juga tidak kalah pentingnya. Jangan biarkan kebaikanmu dimanfaatkan oleh orang-orang yang hanya ingin mengambil keuntungan. Dengan memiliki batasan yang jelas dan sikap yang tegas, kamu akan lebih dihormati dan dihargai oleh orang-orang di sekitarmu.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya