7 Tanda Orang Pendendam yang Hatinya Penuh Kebencian, Punya Hasrat Kuat untuk Membalas

Individu yang menyimpan dendam sering kali menampilkan perilaku dan sikap tertentu yang mencerminkan luka batin dan hasrat untuk membalas.

oleh Miranti diperbarui 13 Sep 2024, 10:48 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 10:48 WIB
Menyimpan Dendam
Ilustrasi Menahan Amarah Credit: pexels.com/CraigAdderley

Liputan6.com, Jakarta Merupakan hak setiap individu untuk merasa sakit hati ketika dikhianati atau perasaannya terluka. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan terhadap orang lain, dan seringkali timbul rasa benci dan muak terhadap orang yang bersalah. Namun, sisi negatifnya adalah beberapa orang justru bisa mengembangkan rasa dendam dan kebencian yang berlebihan terhadap orang yang bersalah, yang pada akhirnya tidak baik untuk kesehatan mental mereka.

Individu yang menyimpan dendam sering kali menampilkan perilaku dan sikap tertentu yang mencerminkan luka batin dan hasrat untuk membalas. Memahami karakteristik ini dapat membantumu mengenali dan mengelola interaksi dengan mereka secara lebih efektif.

Berikut adalah beberapa ciri khas sikap yang umumnya dimiliki oleh orang yang pendendam. Simak penjelasan selengkapnya sebagaimana dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat (13/9/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Sulit Memaafkan

kecantikan
Ilustrasi wanita serius/Foto oleh jim flores di Unsplash

Salah satu tanda yang paling mudah dikenali dari seorang pendendam adalah kesulitan untuk memaafkan dan melupakan kesalahan orang lain. Meski ia mungkin sering mengklaim telah memaafkan si A, ia tetap merasa terganggu ketika orang lain membicarakan kehidupan si A, terutama jika yang dibahas adalah kebaikan atau pencapaian si A. Ketidakmampuan untuk memaafkan ini membuatnya terus-menerus merasa tersakiti dan marah. Ia mungkin berpikir bahwa memaafkan berarti mengalah dan memberikan kemenangan kepada orang yang bersalah.


2. Suka Mengungkit Kesalahan

ekspresi jutek sinis serius marah mandiri kesal
gambar wanita serius sedih/Foto oleh Mikhail Nilov/Pexels

Seorang pendendam cenderung terus mengingat kesalahan masa lalu dan akan mengungkitnya dalam berbagai kesempatan sepanjang waktu. Kesalahan tersebut dijadikan senjata untuk mempertahankan kebencian, bahkan mempengaruhi orang lain agar ikut membenci individu yang sama.

Kebiasaan ini menunjukkan bahwa ia belum sepenuhnya pulih dari rasa sakit yang dialami. Karena emosi negatif ini, ia menjadi sangat sinis dan menyimpan dendam dalam jangka waktu yang lama.


3. Menuntut Keadilan secara Berlebihan

zodiak
gambar wanita serius/Foto oleh Mirko Krizan di Unsplash

Salah satu ciri khas dari seorang pendendam adalah keinginan kuat untuk diperlakukan dengan sangat adil. Mereka memiliki rasa keadilan yang berlebihan dan merasa perlu membalas dendam untuk mendapatkan keadilan tersebut.

Mereka yakin bahwa balas dendam adalah cara terbaik untuk mengatasi ketidakadilan yang mereka alami. Perasaan ini bisa membuat mereka terobsesi untuk menyakiti orang lain, termasuk orang-orang terdekat dari individu yang mereka benci. Mereka tidak akan ragu untuk menyakiti orang lain demi mencapai tujuan mereka.


4. Gampang Sekali Tersinggung

perempuan
Gambar wanita serius/Foto oleh Alexander Mils di Unsplash

Ciri khas dari seseorang yang pendendam adalah mudah tersinggung. Mereka cenderung menunjukkan sikap pasif-agresif dan rentan secara emosional. Alih-alih mengekspresikan kemarahan atau kebencian secara langsung, mereka lebih memilih untuk menunjukkan ketidakpuasan melalui tindakan-tindakan kecil yang menyakitkan.

Contohnya, mereka mungkin sengaja mengabaikan atau menghindari orang yang mereka dendami, atau membuat komentar sinis yang menyakitkan. Mereka juga mudah tersulut emosi oleh hal-hal sepele yang sebenarnya tidak ditujukan untuk mereka.


5. Merasa Dirinya Tak Pernah Salah

kepribadian zodiak
Gambar wanita serius/Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels

Orang yang suka menyimpan dendam sering kali merasa bahwa dirinya selalu benar dan tidak pernah membuat kesalahan. Mereka cenderung melihat orang lain sebagai pihak yang selalu bersalah terhadap mereka.

Akibat dari kecenderungan ini, mereka sering menghadapi kesulitan dalam membangun hubungan sosial yang sehat. Mereka mungkin sulit mempercayai niat baik orang lain dan selalu curiga. Ketidakpercayaan ini dapat merusak hubungan sosial yang sehat dan membuat mereka dijauhi karena sikapnya yang merasa selalu benar.


6. Suka Menciptakan Drama

Mulai Sekarang Harus Lebih Memaafkan, Ternyata Menyimpan Dendam Punya Banyak Dampak Negatif Bagi Diri Sendiri!
Ilustrasi wanita bersedih menyimpan dendam.

Menyimpan dendam dapat berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang, termasuk kecenderungan untuk menciptakan drama dalam hidup mereka. Bagi mereka, hidup adalah sebuah drama. Individu yang pendendam sering merasa bahwa dunia ini tidak menyenangkan.

Alih-alih mengatasi rasa sakitnya, mereka cenderung melebih-lebihkan situasi sehingga merasa menjadi orang yang paling menderita di dunia. Hal ini juga bisa dipicu oleh tingkat stres dan kecemasan yang tinggi karena mereka terus-menerus memikirkan cara untuk membalas dendam.

 


7. Mengambil Kepuasan dari Kegagalan Orang Lain

Dendam Tidak Menyelesaikan Masalah
Ilustrasi Ekspresi Sedih Credit: pexels.com/Engin

Mereka merasa senang atau puas ketika orang yang mereka benci mengalami kegagalan atau kesulitan. Perasaan ini menunjukkan bahwa mereka menganggap kegagalan orang lain sebagai bentuk balasan terhadap sakit hati mereka sendiri.

Itulah beberapa ciri dari orang yang pendendam. Jika kita menyadari seseorang di sekitarmu menunjukkan tanda-tanda ini, penting untuk mencoba memahami latar belakang rasa sakit mereka dan berusaha berkomunikasi dengan lebih empati.

Lanjutkan Membaca ↓

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya