Buruan Daftar, Kemenhub Perpanjang Pendaftaran Mudik Gratis Motor

Pada program angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api, tahun ini tersedia kuota sekitar 15.800 sepeda motor.

oleh Ilyas Istianur Praditya diperbarui 13 Jun 2016, 18:59 WIB
Diterbitkan 13 Jun 2016, 18:59 WIB
Ribuan Motor Peserta Mudik Gratis Kemenhub Siap Dikirim
Petugas menata motor milik para peserta mudik gratis dari Kemenhub di Lapangan Gudang Bulog, Jakarta, Rabu (23/7/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperpanjang waktu pendaftaran mudik gratis sepeda motor. Langkah ini untuk memaksimalkan kuota yang disediakan Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengatakan, tahun ini pihaknya kembali menggelar Program Mudik Gratis dengan bus dan angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api.

Untuk angkutan sepeda motor gratis dengan kereta api, tahun ini tersedia kuota sekitar 15.800 sepeda motor. Jumlah ini lebih besar 3 kali lipat dari kuota tahun 2015 yang hanya sekitar 5.000 sepeda motor.


“Sampai hari ini kira-kira sudah sekitar 11.000 yang mendaftar. Pendaftaran akan diperpanjang hingga kuota habis,” jelas Jonan, Senin (13/6/2016).

Dia menghimbau masyarakat, khususnya warga Jakarta yang hendak mudik ke Jawa Tengah atau Jawa Timur untuk memanfaatkan program angkutan sepeda motor gratis ini.

Penyelenggaraan program ini memang bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan pada pemudik bersepeda motor karena kendaraan tersebut tidak dirancang untuk perjalanan jarak jauh.

Seperti diketahui, Kemenhub‎ sebenarnya sudah membuka mudik gratis sepeda motor ini sejak 8 Maret 2016 dan berakhir pada 6 Juni 2016.

Penyelenggaraan mudik motor gratis dengan kereta api tahun ini menawarkan tiga lintasan tujuan yaitu, lintas utara, di mana kereta api akan berhenti di Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Tegal, Stasiun Pekalongan, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Ngrombo, Stasiun Cepu, Stasiun Bojonegoro, Stasiun Babat, dan berakhir di Stasiun Surabaya Pasarturi.

Selanjutnya pada lintas selatan 1, kereta api akan berhenti di Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Gombong, Stasiun Kebumen dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kutoarjo. Sedangkan lintas terakhir yaitu lintas selatan 2 dimana kereta api akan berhenti di Stasiun Lempuyangan, Stasiun Klaten, Stasiun Solojebres, Stasiun Madiun, Stasiun Kertosono, dan Stasiun Kediri.

Adapun tujuan penyelenggaraan Mudik Gratis pemudik sepeda motor 2016 ini untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan di jalan selama masa penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016 sehingga keselamatan dan kenyamanan mudik lebaran dapat terlaksana dengan baik.‎ (Yas/nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya