Lakukan 7 Hal Sederhana Ini di Bulan Ramadhan, Bisa Dapat Imbalan Pahala

Berikut ini deretan hal sederhana yang bisa mendapatkan banyak pahala jika dilakukan di bulan Ramadhan.

oleh Camelia diperbarui 14 Apr 2022, 05:03 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2022, 05:03 WIB
Manfaat Puasa Dzulhijjah
Ilustrasi Membaca Niat Puasa Dzulhijjah Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini kita sedang menjalani bulan suci Ramadhan. Bulan Ramadhan menjadi bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bagaimana tidak, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan. Segala kebaikan yang dilakukan di bulan ini tentu akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Itu mengapa bulan suci Ramadhan sangat sayang dijalani dengan hal-hal yang tak bermanfaat. Tetapkan niat Anda dan inilah 7 amalan baik yang mudah dilakukan selama Ramadhan.

Dilansir dari havehalalwilltravel, Rabu (13/4/2022), berikut ini deretan hal sederhana yang bisa mendapatkan banyak pahala jika dilakukan di bulan Ramadhan.

1. Siapkan makanan untuk orang tersayang

Zaid bin Khaalid al-Juhani berkata: Rasulullah (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan: “Barang siapa yang memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapatkan pahala seperti dia, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa. Sedikit pun.” Sahih At-Tirmidzi.

Itu mengapa Anda sangat dianjurkan untuk menyiapkan makanan berbuka puasa untuk keluarga, kerabat atau bahkan orang lain yang tak dikenal. Pasalnya hal sederhana ini bisa mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT.

2. Bersilaturahmi kembali dengan kerabat lama saat berbuka puasa

Rasulullah SAW mengatakan: "Barang siapa yang ingin diperpanjang rezekinya dan diperpanjang jangka hidupnya, hendaklah memelihara tali persaudaraan." [Al Adab Al Mufrad ]

Alasan lain mengapa banyak muslim menantikan bulan Ramadhan yang penuh berkah adalah untuk menghidupkan kembali persahabatan lama saat berbuka puasa.

Ada juga berbagai pilihan yang bisa Anda dan pasangan Anda pilih mulai dari makanan lama yang lezat di masjid hingga berbagai bazaar. Ketika Anda penuh dengan acara dan komitmen kerja sepanjang tahun, rasanya menyenangkan untuk bersantai dan minum teh dengan teman lama.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Baca Alquran dan Sholat Sunah

Amalan ramadhan
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

3. Membaca Alquran setiap hari

Bagi banyak orang, membaca Alquran itu mudah. Namun seringkali, kita sering mengabaikan internalisasi makna Alquran dan menanamkan ajarannya dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Ramadhan juga dikenal sebagai bulan Alquran, jadi cara apa yang lebih baik untuk merayakan bulan yang indah ini selain membacanya setiap hari? Anda juga dihargai untuk setiap huruf Arab yang Anda baca. Bagi yang belum mengenal huruf Arab dan tajwid, jangan khawatir, tidak ada kata terlambat untuk Anda memulai. 

“(Inilah) bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-penjelasan yang memberikan petunjuk, dan Pembeda (untuk membedakan yang hak dan yang batil). Maka barang siapa di antara kamu yang menyaksikan bulan ini, hendaklah dia berpuasa.” [2:185]

4. Lakukan Sholat sunah

Cara lain untuk merasa berhasil selama Ramadhan adalah mengetahui bahwa Anda telah berusaha untuk melakukan sholat non-wajib sebelum atau sesudah sholat fardhu Anda. Di bulan yang penuh berkah, sholat sunah 2 hingga 20 rakaat yang Anda lakukan bisa menjadi pintu gerbang untuk menerima dari Allah apa pun yang diinginkan hati Anda.

5. Berikan sedekah kepada orang yang membutuhkan

Selain zakat wajib, kita juga dianjurkan untuk bersedekah ekstra selama bulan Ramadhan yang penuh berkah. Sedekah tidak serta merta berarti meninggalkan harta, bahkan membantu orang tua untuk memasak atau menyumbangkan pakaian lama Anda kepada orang yang lebih membutuhkan juga merupakan bagian dari sedekah.

Kepuasan dan kebahagiaan yang akan Anda rasakan setelah Anda membantu seseorang untuk meringankan hari mereka pasti tak terlukiskan. Bahkan tersenyum pada orang asing juga merupakan amal.

Jabir bin Abdullah meriwayatkan: Rasulullah SAW bersabda, “Setiap kebaikan adalah sedekah. Sungguh, adalah perbuatan baik untuk bertemu saudaramu dengan wajah ceria, dan menuangkan apa yang tersisa dari embermu ke dalam bejana saudaramu.”


Perbanyak istighfar

Menambah Ketakwaan Ibadah Kepada Allah SWT
Ilustrasi Melaksanakan Sholat Credit: pexels.com/pixabay

6. Perbanyak mengingat Allah SWT

Awali dan akhiri Ramadhan dengan mengingat mengapa Anda memilih berpuasa sejak awal, dan itu semua karena Allah SWT. Selama bulan suci Ramadhan ini, sangat penting untuk meningkatkan zikir kepada Allah dengan melakukan hal-hal sederhana seperti zikir atau meluruskan niat. Kita juga bisa melakukannya dengan menghadiri ceramah atau acara keagamaan yang mendekatkan masyarakat.

7. Jadi relawan untuk acara amal

Waktu selalu merupakan hadiah terbaik yang dapat Anda tawarkan kepada seseorang. Oleh karena itu, Anda bisa merelakan diri menjadi relawan di bulan Ramadhan. Sebenarnya, itu akan mendorong Anda untuk melakukan yang terbaik saat menawarkan bantuan kepada siapa pun.

Jumlah kegiatan yang dapat Anda lakukan tidak terbatas karena ada banyak organisasi kesejahteraan yang selalu membutuhkan relawan. Selain peningkatan imbalan, menjadi sukarelawan juga memperluas perspektif Anda dalam hidup dan jejaring sosial Anda. Anda dapat berteman dan memberi. Pasti tidak ada yang lebih baik dari itu.

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya