Ramadhan Bersama Arroyyan-Hanta Yuda, Puluhan Ribu Dhuafa dan Yatim Mendapatkan Santunan

Dia menyebut jamaah dan masyarakat sangat antusias menyambut program santunan yang dilakukan oleh Yayasan Arroyyyan Indonesia.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Apr 2022, 15:44 WIB
Diterbitkan 28 Apr 2022, 14:11 WIB
Ramadhan Bersama Arroyyan
Ramadhan Bersama Arroyyan, Puluhan Ribu Orang Dhuafa dan Yatim Mendapatkan Santunan

Liputan6.com, Jakarta - Yayasan Arroyyan Indonesia melaksanakan program santunan dan berbuka puasa bertajuk Ramadhan Bersama Arroyyan. Program ini menyasar masyarakat yang kurang mampu dan membutuhkan seperti yatim dan dhuafa.

Kegiatan yang diselenggarakan di 16 masjid di seluruh kabupaten/kota di Pulau Bangka. Program ini menjangkau puluhan ribu masyarakat melalui santunan dan makanan berbuka puasa.

Ketua Yayasan Arroyyan Hanta Yuda AR mengatakan program santunan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki yang diberikan. Dirinya yakin, dengan berbagi rezeki akan membuka pintu-pintu rezeki lainnya.

"Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. sekaligus untuk menumbuhkan semangat kebersamaan sesama umat dan kemanusiaan," ucap Hanta dalam keterangannya, Kamis (28/4/2022).

Sementara itu, Sekretaris Masjid Baitul Hikmah Muntok, Bangka Barat, Ustaz Rahmat Ilfian menyampaikan rasa syukur dengan adanya program Ramadhan Bersama Arroyyan yang menjadikan masjid mereka menjadi salah satu tempat pelaksanaan.

Dia menyebut jamaah dan masyarakat sangat antusias menyambut program santunan yang dilakukan oleh Yayasan Arroyyyan Indonesia.

Terlebih lagi menurut dia, Ketua Yayasan Arroyyan Indonesia merupakan putra asli Bangka Belitung yakni Hanta Yuda AR. Sehingga semakin menambah semangat untuk saling bersilaturahmi di bulan suci.

"Alhamdulillah kita dari pengurus masjid sangat bersyukur dengan adanya kegiatan yang sangat positif dan berbagi ini. Atas nama pengurus dan jamaah, dan seluruh warga Kota Muntok kita doakan Allah memberikan kesehatan bagi keluarganya (Hanta Yuda), diberikan kelapangan rezeki sehingga beliau bisa terus berbagi kepada saudara-saudara yang ada di kampung maupun tempat-tempat yang lain," ucap Ustaz Ilfian.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Sasar Puluhan Ribu Masyarakat Dhuafa

"Apalagi Pak Hanta ini orang bangka, ada rasa kebanggaan kita sebagai orang Bangka yang peduli dengan orang kampung nya sendiri," tambahnya.

Tak hanya itu, H. Bujang Din, Ketua Masjid Al Ihsan Pangkalbalam, Pangkal Pinang juga menyampaikan syukur atas progran Ramadhan Bersama Arroyyan. Dia berdoa agar Arroyyan Indonesia dan Hanta Yuda selalu istikomah dalam kebaikan.

"Alhamdulillah, saya berterimakasih banget kepada Yayasan Arroyyan yang dinaungi oleh Hanta Yuda. Tersentuh dan terharu dengan simpati Pak Hanta Yuda dengan membagikan santunan," ucap H. Bujang Din.

Ramadhan Bersama Arroyyan merupakan program yang digagas oleh Yayasan Arroyyan Indonesia dan Hanta Yuda untuk saling berbagi. Program ini menyasar puluhan ribu masyarakat yang ada di Bangka melalui santunan dan buka puasa bersama.

Program ini juga menjadi program tahunan yang terus dilakukan sejak tahun 2019 lalu. Diharapkan program ini terus diselenggarakan dan semakin banyak penerima manfaat dari program dari Arroyyan Indonesia.


IWAPI Berbagi

Berbagi berkah Ramadhan juga dilakukan IWAPI dan Yayasan Pejuang Subuh Pondok Indah.  Pada momen Ramadhan 2022 ini, lebih dari 1.500 anak panti asuhan diberikan bantuan. Hal ini dilakukan untuk meringankan beban ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Berbagi kasih ini harus terus kita tularkan kepada umat Islam dan masyarakat luas yang mengalami masa pencegahan dan penanganan Covid 19 yang berimbas secara Sosial- ekonomi Indonesia. Alhamdulillah dengan kolaborasi bersama YPSPI serta tambahan dari para donatur dan beberapa sponsor, kami bisa menambah jumlah Yatim Piatu dan Kaum Dhuafa yang semula hanya 1.200 saat ini menjadi 1.650," ungkap Ketua Umum IWAPI, Nita Yudi, Senin (25/4/2022).

Sementara, menurut Ketua Panitia berbagi Kasih, En Dwi HN Ajazih, berbagi kasih ini banyak pihak yang ikut membantu program pemerintah dalam memerangi kemiskinan. Terlebih, kegiatan berbagi kasih di bulan Ramadhan, merupakan kegiatan Tahunan DPP IWAPI.

"Kegiatan santunan ini diberikan kepada yatim piatu dan kaum dhuafa berupa sembako, peralatan sekolah, makanan ringan dan santunan dana tunai," kata wanita yang akrab disapa Ajeng itu.

Dalam kesempatan tersebut juga, Menparekraf Sandiaga Uno serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati hadir langsung memberikan bantuan.

Seperti diketahui, IWAPI yang sudah berusia 47 tahun merupakan organisasi perempuan pengusaha terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara, sehingga Pemerintah pun memberikan kepercayaan kepada IWAPI sebagai Focal Point dari AWEN.

Di Tahun 2021-2023 IWAPI juga ditunjuk menjadi Chair Country AWEN dan IWAPI ditunjuk menjadi Advocate serta Co Chair G2O empower di bawah G20 Indonesia Presidency 2022.


Berbagi Peduli

Kegiatan serupa juga sebelumnya digelar oleh Berbagi Peduli bersama Pelopor Kepedulian. Acara bertajuk Ramadhan Berbagi 10.000 Anak Yatim dan Dhuafa berlangsung di Teras Kota Tangerang Selatan, pada Sabtu (23/4/2022).

Kegiatan Ramadhan berbagi ini diisi beberapa bintang tamu seperti pendakwah David Chalik, Seniman Dik Doank, dan dimeriahkan oleh penyanyi religi Witta Aja.

Antusiasme anak-anak yang hadir sangat luar biasa, terlihat pada jam 15.00 WIB anak yatim berbondong-bondong berdatangan untuk mengikuti santunan bersama.

Direktur Berbagi Peduli, Aryk Kisnowandra, menyampaikan rasa syukur diberikan kesempatan untuk dapat berbagi di bulan penuh berkah bulan Ramadhan kepada anak-anak yatim dan dhuafa. Program ini terus bergulir sampai akhir bulan Ramadhan menjelang Idul Fitri.

"Alhamdulillah, bersyukur ternyata berjalan dengan meriah dan sukses. Dan Terima kasih kepada Bapak Soma selaku direktur PT Arroyan Bangun Indonesia dan Ibu Hj Ida Hamidah selaku direktur Percetakan Laatansa Agung Digital yang sudah mendukung dan support kegiatan kami," ujar Aryk dalam keterangannya, Minggu (24/4/2022).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya