Doa Bepergian Bismillahi Tawakkaltu, Jaminan Selamat Sampai Tujuan

Tujuan membaca doa bepergian adalah memohon perlindungan dan pertolongan Allah SWT.

oleh Laudia Tysara diperbarui 07 Apr 2023, 02:40 WIB
Diterbitkan 07 Apr 2023, 02:40 WIB
KAI
Tiket Mudik Lebaran Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan H-10 pada momen lebaran1444 H per hari ini 26 Februari 2023 sudah dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, serta seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya. (Dok. KAI)

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu merupakan salah satu amalan yang dianjurkan dalam agama Islam. Tujuan utama dari membaca doa ini adalah memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT ketika mulai keluar rumah.

Dalam doa tersebut, seseorang menyatakan keyakinannya bahwa segala sesuatu berada di tangan Allah. Membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu sama dengan meminta bantuan Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan selama perjalanan agar bisa selamat sampai tujuan.

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga.” Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!” (HR. Abu Daud no. 5094 dan Tirmidzi no. 3426)

Doa bepergian bismillahi tawakkaltu, berisi permohonan agar diberi perlindungan dari berbagai macam kejahatan hingga kezaliman selama berada di perjalanan. Doa bepergian bismillahi tawakkaltu ada dua versi, yaitu versi panjang dan versi pendek.

Meskipun demikian, kedua doa bepergian bismillahi tawakkaltu memiliki tujuan yang sama, yaitu memohon perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT selama melakukan perjalanan. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang bacaan doa bepergian bismillahi tawakkaltu lengkap teks Arab, latin, dan artinya, Selasa (4/4/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Mudik Lebaran 2022 Lewat Jalur Laut
Pemudik menaiki Kapal KM Dobonsolo tujuan Semarang di Pelabuhan Indonesia 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, (26/42022). PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) memprediksi penumpang kapal pada musim mudik 2022 ini bisa menembus 417.676 orang selama periode H-15 hingga H+15 Lebaran. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: "Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah."

Membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu adalah salah satu amalan yang diajarkan oleh agama Islam. Dalam kitab Al-Adzkar An-Nawawi oleh Imam Abi Zakariya Muhyiddin Yahya Al-Nawawi, tujuan membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu adalah agar mendapatkan perlindungan dan bantuan dari Allah SWT ketika melakukan perjalanan.

"Engkau harus senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT dan bertakbir setiap kali ada jalan naik." (HR. Tirmidzi)

Dalam doa bepergian bismillahi tawakkaltu, seseorang mengakui kekuasaan Allah dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada-Nya dengan harapan mendapatkan perlindungan dan petunjuk-Nya. Maka, dengan membaca doa ini, seseorang diyakini akan dijauhkan dari setan dan diberikan keamanan selama perjalanan.

Dari Anas bin Malik, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan Bismillaahi tawakkaltu 'alallaah, maka dikatakan ketika itu: “Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga.” Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: “Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?!” (HR. Abu Daud no. 5094 dan Tirmidzi no. 3426)

Tidak hanya itu, membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu juga diyakini dapat membantu seseorang dijauhkan dari kejahatan ketika keluar dari rumah. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita tidak tahu apa yang akan terjadi di luar rumah dan apa saja yang akan kita temui di jalan.

Maka, dengan membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu sebelum keluar rumah, seseorang meminta perlindungan dari Allah dan meyakinkan diri bahwa segala sesuatunya berada di tangan-Nya.


بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Usulan Perubahan Tarif Kereta Commuter Line Berdasarkan Kemampuan
Penumpang berada di dalam rangkaian KRL di Stasiun KRL Commuter Line Sudirman, Jakarta, Jumat (30/12/2022). Sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengatakan, hingga saat ini, kenaikan tarif Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL) masih dalam pembahasan antara KCI dan pemerintah. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Bismillahi tawakkaltu 'alallahi, allahumma inni a'udzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala 'alayya.

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”

Selain doa bepergian bismillahi tawakkaltu singkat yang sudah dijelaskan sebelumnya, masih mengutip dari sumber kitab yang sama juga bisa membaca bepergian bismillahi tawakkaltu panjang tersebut.

“Dengan menyebut asma Allah aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, seseungguhnya aku berlindung kepada-Mu agar aku jangan sesat atau disesatkan, agar jangan tergelincir atau dijatuhkan, agar jangan berbuat aniaya atau teraniaya, dan agar jangan terjerumus ke dalam kebodohan atau dijerumuskan ke dalam kebodohan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Dalam doa bepergian bismillahi tawakkaltu panjang tersebut, seseorang memohon kepada Allah untuk dijauhkan dari kesesatan, dijauhkan dari kecelakaan, dan dijauhkan dari kezaliman. Membaca doa ini, seseorang diyakini akan mendapatkan perlindungan dan bantuan dari Allah SWT.

Selain itu, membaca doa bepergian bismillahi tawakkaltu panjang ini juga diyakini dapat membantu seseorang untuk tidak dibodohi. Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali dituntut harus berinteraksi dengan orang-orang yang tidak dikenal dan mungkin memiliki niat yang kurang baik.

Maka dengan membaca doa ini sebelum melakukan perjalanan, seseorang memohon perlindungan dari Allah agar terhindar dari tipu daya dan kebohongan yang akan mengancam di perjalanan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya