Top 3 Islami: Tanda Kiamat Sudah Muncul di Arab, saat Gus Iqdam Putra Gus Iqdam Bikin Gemas Warganet

Salah satunya adalah tanda kiamat yang sudah muncul di tanah Arab. Sebagaimana disebut dalam hadis Nabi

oleh Muhamad Ridlo diperbarui 30 Sep 2023, 06:30 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2023, 06:30 WIB
Ilustrasi Dubai (AFP)
Ilustrasi Dubai (AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pembahasan kiamat atau tanda-tanda kiamat selalu menarik disimak. Hal itu tak lepas dari waktu terjadinya yang misterius.

Tak ada satu pun makhluk yang mengetahui kapan terjadinya kiamat. Hanya saja, Allah dan Rasulullah telah mengabarkan tanda-tanda kiamat yang bisa dilihat.

Salah satunya adalah tanda kiamat yang sudah muncul di tanah Arab. Sebagaimana disebut dalam hadis Nabi, yang artinya:

'Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “…Jika seorang budak wanita melahirkan tuannya dan jika engkau mendapati penggembala kambing yang tidak beralas kaki dan tidak berpakaian saling berlomba meninggikan bangunan.” (HR. Muslim)'.

Artikel ini populer di kanal Islami Liputan6.com bersama dua tulisan lainnya, mengenai 20 tanda kiamat yang sudah terjadi dan artikel mengenai Gus Novel anak Gus Iqdam yang sukses bikin gemas jemaah dan warganet.

Selengkapnya, mari simak Top 3 Islami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


1. Tanda-tanda Kiamat yang Sudah Muncul di Arab, Hari Akhir Makin Dekat?

Matahari Terbenam dan Burj Khalifa
Matahari terbenam di belakang bangunan tertinggi di dunia Burj Khalifa dan gedung-gedung bertingkat lainnya, di Dubai, Uni Emirat Arab pada Sabtu (12/9/2020). (Photo by Karim SAHIB / AFP)

Tanda-tanda kiamat cukup banyak disebutkan dalam Al-Qur'an maupun hadis. Para ulama menyatakan, sebagian sudah terjadi, sedang terjadi dan belum namun akan terjadi di masa depan.

Beberapa tanda menunjukkan bahwa kiamat makin dekat. Salah satu yang jarang diperbincangkan adalah penggembala kambing yang berlomba meninggikan bangunan.

Mengutip channelmuslim.com, dalam kitab hadis Arbain An-Nawawi yang kedua, disebut ada dua tanda dekatnya kedatangan hari kiamat. Salah satunya, ketika penggembala yang berlomba-lomba membangun gedung tinggi.

'Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “…Jika seorang budak wanita melahirkan tuannya dan jika engkau mendapati penggembala kambing yang tidak beralas kaki dan tidak berpakaian saling berlomba meninggikan bangunan.” (HR. Muslim)'.

Pertanyaannya, siapakah penggembala kambing Itu? Benarkah yang dimaksud adalah penggembala di Arab?

Selengkapnya baca di sini


2. 20 Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi, Banyak Wanita Berpakaian tapi Telanjang

Pandemi, Begini Kemeriahan Perayaan Tahun Baru 2021 di Berbagai Negara
Kembang api meledak di Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia, untuk menandai Tahun Baru di Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat, 1 Januari 2021. (AP Photo/Kamran Jebreili)

Hari kiamat adalah keniscayaan dan pasti terjadi. Hanya saja, tak ada satupun makhluk yang mengetahui kapan hari akhir itu tiba, termasuk Nabi Muhammad SAW.

Namun, Allah SWT telah memberi petunjuk mengenai tanda kiamat, baik melalui kalamullah Al-Qur'an maupun melalui Rasulullah SAW yang kemudian disampaikan melalui hadis-hadisnya.

Mengutip laman humas.acehprov.go.id, Ibn Mas’ud pernah bertanya pada Rasulullah, “Ya Rasululullah, apakah datangnya hari kiamat disertai tanda-tanda kedatangannya?” Dia bersabda “Ya, wahai Ibn Mas’ud.”

Sebagai Muslim kita harus mengetahui tanda-tandanya. Berikut ini adalah 20 tanda kiamat mengutip melansir hikmahkehidupan.com via humas.acehprov.go.id, Kamis (28/9/2023).

Di mana salah satunya adalah fenomena wanita berpakaian tapi telanjang.

Selengkapnya baca di sini


3. Saat Gus Novel Putra Gus Iqdam Curi Perhatian, Sukses Bikin Gemas Warganet Sedunia

Gus Novel 4
Gus Novel Putra Gus Iqdam (Tangkap layar)

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Demikian ungkapan lama namun tepat menggambarkan keluarga pendakwah Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam.

Putra Gus Iqdam, Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir alias Gus Novel kini tumbuh jadi bocah nan menggemaskan.

Gus Iqdam sang ayah begitu mencuri perhatian dan hati masyarakat, di dalam maupun luar negeri.

Setali tiga uang dengan ayahnya, Gus Novel pun kini sedang mencuri hati masyarakat Indonesia.

Seperti diketahui Gus Iqdam menikah dengan Nilatin Nihayah yang merupakan anak dari salah satu kiai besar di Ponpes Lirboyo Kediri, almarhum KH Toha Widodo Zaini Munawwir.

Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Ahmad Novel Zubaidi Al Munawwir.

Selengkapnya baca di sini

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya