Tak Ada Orang yang Sholatnya Sempurna, Ini Cara Menutupinya Kata Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber mengatakan, tidak ada yang sholatnya sempurna, termasuk dirinya. Ini yang menutupi kekurangan sholat wajib

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2024, 04:30 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 04:30 WIB
Riwayat Kesehatan Syekh Ali Jaber
Syekh Ali Jaber Credit: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Jika ada seseorang yang mengaku sholatnya sempurna, hal ini bisa dipertanyakan karena kesempurnaan dalam sholat adalah sesuatu yang sangat sulit dicapai.

Dalam ajaran Islam, sholat yang sempurna adalah ideal yang harus diupayakan, tetapi semua manusia pasti memiliki kekurangan.

Sholat yang dilakukan dengan penuh kesadaran dan usaha untuk memperbaiki diri adalah langkah menuju kesempurnaan, tetapi tidak ada yang benar-benar sempurna.

Oleh karena itu, klaim tentang sholat yang sempurna sebaiknya dipertimbangkan dengan hati-hati, dan lebih baik fokus pada usaha untuk meningkatkan kualitas ibadah kita dengan tulus dan konsisten.

Mengutip sebuah video yang diunggah di kanal YouTube @quotesislami-92, Syekh Ali Jaber menyampaikan pandangannya mengenai kesempurnaan sholat dan cara menutupi kekurangannya. Menurutnya, tidak ada seorang pun yang sholatnya sempurna, termasuk dirinya.

"Gak ada yang sempurna sholatnya termasuk saya," ujar Syekh Ali Jaber.

Ia menegaskan bahwa kesempurnaan dalam sholat adalah hal yang sangat sulit dicapai oleh manusia. Oleh karena itu, Allah SWT memberikan jalan untuk menutupi kekurangan dalam sholat wajib melalui sholat sunnah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Begini Cara Menutupi Sholat yang Belum Sempurna

Tata Cara Sholat Tasbih
Ilustrasi Sholat Tasbih Credit: shutterstock.com

Syekh Ali Jaber menjelaskan bahwa manfaat dari sholat sunnah, baik qabliyah maupun ba'diyah, adalah untuk menutupi kekurangan yang ada dalam sholat wajib.

"Makanya manfaatnya ini sunnah qabliyah ba'diyah menutupi kekurangan yang wajib," jelasnya. Dengan melaksanakan sholat sunnah, kita dapat menutupi kekurangan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan sholat wajib kita.

Ia juga menyampaikan bahwa pada hari kiamat, Allah SWT akan memerintahkan malaikat untuk memeriksa sholat setiap hamba-Nya. "Makanya pertama yang dihisab kata Allah subhanahu wa taala kepada malaikatnya, periksa sholat hamba-Ku," kata Syekh Ali Jaber, mengutip hadits yang menggambarkan proses hisab.

Setelah sholat wajib diperiksa, jika ditemukan banyak kekurangan, Allah SWT akan melihat sholat sunnah yang dilakukan oleh hamba tersebut. "Habis diperiksa sholatnya, ya Allah banyak kekurangan. Apa kata Allah? Lihat sunnahnya, ada nggak sunnahnya?" ujar Syekh Ali Jaber.

Menurut Syekh Ali Jaber, jika malaikat menemukan bahwa seseorang memiliki banyak sholat sunnah, maka Allah SWT akan memerintahkan untuk menutupi kekurangan sholat wajib dengan sholat sunnah tersebut. "Kata malaikat, ada ya Allah. Tutupi kekurangan yang wajib dengan sholat sunnahnya," jelasnya.


Pentingnya Konsistensi Ibadah Sholat

ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Pesan yang disampaikan oleh Syekh Ali Jaber ini memberikan pencerahan bahwa meskipun kita mungkin tidak bisa mencapai kesempurnaan dalam sholat wajib, kita masih memiliki kesempatan untuk menutupi kekurangan tersebut melalui sholat sunnah.

Oleh karena itu, beliau mengajak umat Islam untuk selalu memperbanyak sholat sunnah sebagai bentuk upaya untuk menyempurnakan ibadah kita kepada Allah SWT.

Pendakwah ini juga menekankan pentingnya menjaga konsistensi dalam melaksanakan sholat sunnah, baik sebelum maupun setelah sholat wajib.

"Jangan remehkan sholat sunnah, karena itu yang akan menutupi kekurangan dalam sholat wajib kita," pesan Syekh Ali Jaber.

Dengan pemahaman ini, diharapkan umat Islam dapat lebih semangat dalam melaksanakan sholat sunnah, sehingga ibadah sholat wajib kita menjadi lebih sempurna di sisi Allah SWT. Pesan Syekh Ali Jaber ini menjadi pengingat bahwa setiap usaha dalam beribadah, meskipun terlihat kecil, memiliki nilai yang sangat besar di sisi Allah SWT.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya