4 Sholat Sunah Sebagai Pembuka Pintu Rezeki, Amalkan Setiap Hari!

Berikut ini 4 sholat sunah yang fadhilahnya sebagai pembuka pintu rezeki.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Agu 2024, 07:30 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 07:30 WIB
Ilustrasi Sholat, Ibadah
Ilustrasi Sholat, Ibadah (Photo created by rawpixel.com on freepik)

Liputan6.com, Cilacap - Kecukupan rezeki dapat dilakukan dengan banyak cara. Banyak amalan dan doa yang diajarkan Rasulullah SAW dan para ulama yang fungsinya sebagai pembuka pintu rezeki.

Selain doa, terkait dengan rezeki, Islam mengajarkan amalan yakni sholat sunah yang fadilahnya antara lain mampu membuka pintu rezeki.

Dalam Al-Qur’an dijelaskan bahwa sholat, tentu saja termasuk sholat sunah sebagai jembatan atau pertolongan di saat kita menghadapi ujian salah satunya masalah kesempitan rezeki.

وَٱسۡتَعِینُوا۟ بِٱلصَّبۡرِ وَٱلصَّلَوٰةِۚ وَإِنَّهَا لَكَبِیرَةٌ إِلَّا عَلَى ٱلۡخَـٰشِعِینَ

“Dan mintalah tolong kalian dengan sabar dan salat, dan sesungguhnya salat itu benar-benar berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” (QS. Al-Baqarah : 45)

Perihal ini ada beberapa sholat sunah yang fadhilahnya antara lain sebagai pembuka pintu rezeki. Berikut ini ulasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Simak Video Pilihan Ini:


Sholat Sunah Sebagai Pembuka Pintu Rezeki (Sholat Tahajud - Sholat Dhuha)

Tata Cara Sholat Tasbih
Ilustrasi Sholat Tasbih Credit: shutterstock.com

Adapun beberapa sholat sunah yang fadhilahnya sangat dahsyat dan termasuk dapat memperlancar rezeki adalah sebagai berikut:

1. Sholat Tahajud

Sholat Sunah Tahajud sebagai salah satu sholat yang dapat memperlancar rezeki. Hal ini tertuang dalam sabda Rasulullah SAW perihal sholat Tahajud yang mampu mendekatkan diri hingga dicintai Allah SWT. Jika seseorang telah dicintai oleh Allah tentu saja, jangan rezeki, segala seuatu yang diinginkannya pasti akan dikabulkan oleh Allah SWT.

"Dan hamba-Ku tiada henti untuk mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sampai Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, niscaya Aku akan menjadi pendengarannya yang digunakan untuk mendengar, pandangannya yang digunakannya untuk memandang, tangannya yang digunakannya untuk memegang, dan kakinya yang digunakannya untuk berjalan. Jika ia meminta kepada-Ku, niscaya Aku beri. Jika ia meminta perlindungan kepada-Ku, niscaya Aku lindungi. Dan tidaklah Aku ragu untuk melakukan sesuatu yang Aku lakukan seperti keraguan-Ku untuk mencabut nyawa seorang mukmin, ia tidak menyukai kematian dan Aku tidak suka untuk menyakitinya." (HR Bukhari)

2. Sholat Dhuha

Menukil rumaysho.com, dari Nu’aim bin Hammar Al-Ghathafaniy, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

“Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad, 5: 286; Abu Daud, no. 1289; At Tirmidzi, no. 475; Ad Darimi, no. 1451 . Syaikh Al-Albani dan Syaikh Syu’aib Al-Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Dari Uqbah bin Amir Al-Juhani radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah ‎shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ يَقُولُ يَا ابْنَ آدَمَ اكْفِنِى أَوَّلَ النَّهَارِ بِأَرْبَعِ رَكَعَاتٍ أَكْفِكَ بِهِنَّ آخِرَ يَوْمِكَ

“Sesungguhnya Allah berfirman: “Wahai ‎anak adam, laksanakan untukKu 4 rakaat di awal siang, Aku akan cukupi ‎dirimu dengan shalat itu di akhir harimu.” (HR. Ahmad, 4: 153. Syaikh Syu’aib Al-Arnauth berkata bahwa sanad hadits ini shahih. Perawinya tsiqah termasuk dalam jajaran perawi kitab shahih kecuali Nu’aim bin Himar termasuk dalam perawi Abu Daud dan An-Nasa’i).‎


Sholat Sunah Fajar - Sholat Hajat

ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

3. Sholat Sunah Fajar

Menukil NU Online, keutamaan shalat sunnah Subuh atau shalat fajar, meski pelaksanaannya tampak ringan, yaitu dua rakaat, tetapi shalat ini mengandung keutamaan luar biasa. Hal itu sebagaimana hadits Rasulullah saw berikut:

رَكْعَتَا اَلْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلدُّنْيَا وَمَا فِيهَا 

Artinya: Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya (HR Muslim).  

Dari hadits riwayat Imam Muslim ini, kita sulit membayangkan betapa besarnya keutamaan shalat fajar ini. Imam Abu Hasan al-Mubarakfuri mengartikan dua rakaat shalat fajar pada hadits di atas pada makna shalat sunnah fajar, sehingga yang dimaksud adalah shalat qabliyah subuh. 

4. Sholat Hajat

Sholat sunah hajat dilakukan jika ada hajat atau keinginan yang ingin dicapai, termasuk di dalamnya kecukupan rezeki. Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu Adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan shalawat kepada Nabi. Setelah itu mengucapkan, 'Laa illah ilallahul haliimul kariimu, subhaana rabbil 'arsyil 'azhiim. Alhamdulillaahi rabbil 'alamiin as'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa 'ima maghfiratika wal ghaniimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin laa tada'lii dzanban illaa ghafartahu walaa hamman illaa farajtahu walaa ghamman illaa kasyaftahu walaa haajaran hiya laka ridhaa illaa qadhaitahaa yaa arhamar raahimiin." (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya