Doa Pagar Diri, Amalkan agar Terhindar dari Kejahatan Manusia dan Setan

Manusia adalah makhluk yang lemah akan godaan atau bujuk rayu setan. Maka dari itu, penting untuk berdoa memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari segala kejahatan manusia dan setan.

oleh Putry Damayanty diperbarui 05 Agu 2024, 22:30 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 22:30 WIB
Ilustrasi doa
Ilustrasi doa. Photo by freepik

Liputan6.com, Jakarta - Allah SWT adalah sebaik-baik pelindung bagi manusia. Sebagaimana firman-Nya dalam QS. Ali ‘Imran ayat 173:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Artinya: “Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”. 

Allah SWT akan mengabulkan permohonan bagi hamba-Nya yang berdoa dengan kerendahan hati dan penuh harap kepada-Nya. Termasuk doa memohon perlindungan dari kejahatan manusia dan godaan setan yang terkutuk.

Sebab Allah adalah sebaik-baik pelindung dan penolong, maka sudah sepantasnya manusia untuk senantiasa mengingat dan berdoa kepada Allah.

Mengutip dari laman dream.co.id, berikut adalah amalan doa agar terhindar dari kejahatan manusia dan setan yang dapat dibaca dalam berbagai kondisi buruk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan ini:


Doa agar Terhindar dari Kejahatan Manusia

Tata Cara dan Doa Lengkap untuk Salat Malam Tahajud
(sumber: iStockphoto)

Pepatah yang mengatakan bahwa manusia adalah serigala bagi manusia lainnya itu benar adanya. Meskipun manusia seharusnya bersaing secara sehat dalam menjalani kehidupan, namun tak sedikit orang yang menghalalkan segala cara untuk meraih tujuannya.

Meskipun harus melakukan kejahatan kepada manusia lainnya. Dengan demikian bukan hal yang aneh apabila kita terkena imbas dari kejahatan manusia. Sebab setan selalu membisikkan kepada setiap anak Adam untuk berbuat kejahatan.

Inilah mengapa kita perlu memanjatkan doa agar terhindar dari kejahatan manusia.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Allahumma inni a'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (syaitan atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang lain." (HR. Abu Dawud dan At Tirmidzi)


Doa agar Terhindar dari Kejahatan Setan

Berdoa
Ilustrasi Berdoa Credit: freepik.com

Kejahatan setan menjadi awal mula kejahatan manusia. Bisikan setan yang selalu dilakukan berulang-ulang membuat manusia akhirnya tergoda dan melakukan kejahatan. Sungguh sulit melawan hawa nafsu yang dibisikkan setan. Maka dari itu manusia butuh pertolongan dan perlindungan Allah SWT agar terhindar dari kejahatan setan.

Berdoa mohon perlindungan kepada Allah SWT dari kejahatan setan dijelaskan dalam surah Al A'raf ayat 200 berikut:

وَإِمَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطَانِ نَزْغٌ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِإِنَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Wa immā yanzaghannaka minasy-syaiṭāni nazghun fasta'iż billāh, innahụ samī'un 'alīm.

Artinya: "Dan jika kamu digoda oleh setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”


Doa agar Terhindar dari Kejahatan Manusia dan Setan di Lingkungan yang Buruk

Ilustrasi memanjatkan doa
Ilustrasi memanjatkan doa. (Photo Copyright by Freepik)

Selain kejahatan manusia, lingkungan yang buruk juga bisa menjerumuskan kita ke hal-hal dosa. Sebab keburukan itu lebih mudah menular daripada kebaikan. Dengan demikian hendaknya kita mohon kepada Allah SWT agar terhindar dari pengaruh lingkungan yang buruk.

Dalam buku Tanbihul Mughtarrin, Imam Abdul Wahab As-Sya’rani menyebutkan doa agar terhindar dari pengaruh buruk lingkungan sekitar.

اللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ صَاحِبِ غَفْلَةٍ وَمِنْ جَارِ سُوْءٍ وَمِنْ زَوْجٍ يُؤْذِيْ

Allāḥumma innī a‘ūdzu bika min shāhibi ghaflatin wa min jāri sū’in wa min zawjin yu’dzī.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari sahabat yang lalai agama, tetangga yang jahat, dan pasangan yang menyakiti.”


Doa agar Terhindar dari Kejahatan Fitnah Manusia Zalim

Ilustrasi berdoa
Ilustrasi berdoa. (Photo created by 8photo on www.freepik.com)

رَبَّنَا لاَ تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظَّالِمِينَ وَنَجِّنَا بِرَحْمَتِكَ مِنَ الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Rabbanâ lâ taj‘alnâ fitnatal lil qaumidh dhâlimîn wa najjinâ birahmatika minal qaumil kâfirîn

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zalim, dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang kafir.”

Demikian itulah kumpulan doa agar terhindar dari kejahatan manusia dan setan yang perlu diamalkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya