Liputan6.com, Jakarta - Sholat malam merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan oleh syariat. Ada banyak jenis sholat malam yang dapat dilakukan.
Misalnya sholat tahajud, sholat witir berbagai macam sholat sunnah lainnya. Dalam sebuah hadis dijelaskan bahwa sholat malam adalah sholat yang paling utama setelah sholat lima waktu.
Ĝ£ÙĜĥÙ Ĝ§ÙĜµÙĜ§Ĝİ Ĝ¨ĜıĜŻ Ĝ§ÙÙĜħÙĜĥĜİ ĜµÙĜ§Ĝİ Ĝ§ÙÙÙÙ
Artinya: âSholat yang paling afdal setelah shalat fardu (wajib) adalah shalat malam.â (HR Muslim).Â
Advertisement
Lantas apakah sholat malam masih tetap dianjurkan jika ternyata mengakibatkan sholat subuh yang wajib dilakukan oleh seseorang menjadi lalai? Berikut penjelasannya mengutip dari laman NU Online.
Baca Juga
Â
Saksikan Video Pilihan ini:
Kisah Sulaiman bin Abi Hatsmah, Sahabat yang Tertidur karena Sholat Malam
Kejadian demikian pernah dialami Sulaiman bin Abi Hatsmah, salah satu sahabat Nabi yang istiqamah melaksanakan sholat malam dan sholat subuh berjamaah dengan sahabat Umar bin Khattab. Pernah pada suatu ketika, Umar bin Khattab tidak melihat Sulaiman bin Abi Hatsmah melaksanakan sholat subuh berjamaah seperti biasanya, hingga akhirnya beliau menanyakan perihal ini kepada ibu Sulaiman yang bernama Syifaâ.
Ibu Sulaiman menerangkan bahwa Sulaiman tertidur karena semalam suntuk melaksanakan sholat malam. Mendengar hal tersebut Umar bin Khattab menegurnya dan mengatakan bahwa melaksanakan sholat subuh berjamaah lebih utama daripada melaksanakan sholat malam tapi akan berakibat pada tidak melaksanakan sholat subuh.
âUmar bin Khattab tidak melihat Sulaiman bin Abi Hatsmah pada saat sholat subuh, lalu Umar bin Khattab berangkat menuju pasar dan berkunjung ke kediaman Sulaiman yang berada di antara pasar dan masjid Nabawi. Umar bin Khattab bertemu Syifaâ yang tak lain adalah ibu Sulaiman, lalu beliau berkata, âAku tidak melihat Sulaiman saat sholat subuh.â Ibu Sulaiman berkata, âIa terjaga semalam melakukan shalat, lalu matanya terlelap (hingga tidak shalat subuh)â.â
Umar bin Khattab lalu berkata, âSungguh aku lebih suka terjaga dan melaksanakan sholat subuh dengan berjamaah, daripada aku terjaga untuk sholat di malam hariâ (Imam Malik bin Anas, al-Muwatthaâ, juz 1, hal. 291).
Mengenai makna âmatanya terlelapâ (ghalabathu âainahu) Imam al-Mubarakfuri menjelaskan dalam kitabnya, Mirâah al-Mafatih dengan mengutip pendapat dari Imam al-Baji:
âImam al-Baji berkata, âMakna secara lahir, Sulaiman tertidur dan tidak bangun pada saat waktu sholat. Dan terdapat kemungkinan makna matanya terlelap adalah Sulaiman tertidur pada waktu yang tidak mungkin melaksanakan sholat bersama Sahabat Umar bin Khattab, maka ia tertidur meninggalkan sholat jamaahâ (Syekh Abi al-Hasan âUbaidillah al-Mubarakfuri, Mirâah al-Mafatih, juz 3, hal. 1069)
Advertisement
Sholat Subuh Lebih Utama daripada Sholat Malam
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dipahami bahwa lebih utama bagi seseorang untuk lebih mengutamakan melaksanakan sholat subuh pada waktunya daripada melaksanakan sholat malam tapi akan berakibat pada terbengkalainya sholat subuh. Rasulullah dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Sahabat âAbdullah bin Masâud menjelaskan:
âAku bertanya pada Rasulullah shallallahu âalaihi wa sallam: âAmal apakah yang paling dicintai oleh Allah?â Rasulullah menjawab: âMelaksanakan shalat pada waktunyaââ (HR Bukhari Muslim).
Terlebih jika seseorang melaksanakan shalat subuh dilakukan dengan berjamaah maka seolah-olah ia seperti menghidupkan seluruh malam. Hal ini seperti dijelaskan dalam hadis:
âBarangsiapa yang melaksanakan sholat isyaâ berjamaah maka ia seperti telah menghidupkan (sholat sunnah) separuh malam. Dan barangsiapa yang melaksanakan sholat subuh berjamaah maka ia seperti telah menghidupkan seluruh malamâ (HR Baihaqi).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melaksanakan sholat subuh pada waktunya merupakan hal yang lebih utama daripada melaksanakan sholat di malam hari tapi akan berakibat pada terbengkalainya sholat subuh, sehingga tidak bisa melaksanakan sholat subuh pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini sesuai pula dengan salah satu kaidah fiqih al-fardlu afdlalu min an-nafli (amalan fardhu lebih utama dari amalan sunnah).
Penting bagi kita yang hendak memperbanyak ibadah kepada Allah untuk pandai mengatur waktu. Menunaikan perbuatan sunnah adalah hal yang mulia tapi mesti tetap memperhatikan terlaksananya ibadah fardhu secara sempurna. Jika ibadah sunnah ternyata mengganggu atau mengorbankan ibadah fardhu, seyogianya kita memprioritaskan pelaksanaan ibadah fardhu. Wallahu aâlam.