Tips Ampuh Merawat Rambut Berwarna

Rambut berwarna memang membutuhkan perawatan ekstra. Ini dilakukan untuk membuat rambut tetap sehat, tidak kering dan rusak akibat zat kimia yang ada di dalam pewarna rambut.

oleh Mega Dwi Anggraeni diperbarui 18 Feb 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 18 Feb 2023, 11:00 WIB
Bingung Mau Cat Rambut Warna Apa? Yuk, Cari Tahu Pilihan yang Tepat Sesuai Karakter Diri Sendiri
(c) Shutterstock

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut berwarna warni memang seru, ya. Tapi jangan lupa untuk tetap merawatnya agar warna rambut tetap awet, juga tetap sehat. Gimana cara merawat rambut berwarna agar tetap sehat? Berikut ulasannya.

Rambut berwarna memang membutuhkan perawatan ekstra. Ini dilakukan untuk membuat rambut tetap sehat, tidak kering dan rusak akibat zat kimia yang ada di dalam pewarna rambut. 

Selain itu perawatan rambut juga dilakukan supaya rambut berwarna tidak mudah rontok dan warnanya tetap bertahan dalam waktu lama. 

Meski tampak rumit, namun perawatan rambut berwarna ini cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu konsisten dan rajin agar hasilnya maksimal.

 


7 Tahap Mudah Merawat Rambut Berwarna

Cuaca Sedang Panas-Panasnya, Perhatikan Cara Merawat Rambut yang Tepat Biar Tetap Sehat dan Tergerai Indah
Credit: Shutterstock.com

1. Hindari keramas terlalu sering

Keramas terlalu sering dapat membuat rambut kehilangan minyak alami yang dibutuhkan untuk menjaga kelembapan dan kesehatannya. 

Sebaiknya keramas dua hingga tiga kali seminggu dan gunakan sampo dan kondisioner khusus untuk rambut berwarna.

2. Keramas dengan air dingin

Sebaiknya keramas dan bilas rambut dengan air dingin atau suam-suam kuku. Air panas dapat membuat warna rambut cepat memudar.

3. Gunakan produk perawatan rambut berwarna

Gunakan sampo, kondisioner, dan masker rambut yang dirancang khusus untuk rambut berwarna. Produk-produk ini membantu menjaga kelembapan rambut dan mempertahankan warna rambut.

4. Lindungi rambut dari sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat mempercepat hilangnya warna rambut. Sebaiknya gunakan topi atau produk perawatan rambut berisi SPF untuk melindungi rambut dari sinar UV.

5. Hindari penggunaan alat pemanas

Alat pemanas seperti pengering rambut, catokan, dan curly iron dapat merusak struktur rambut dan mempercepat hilangnya warna rambut. 

Sebaiknya hindari penggunaan alat pemanas atau gunakan dengan hati-hati dengan suhu yang rendah.

6. Rutin gunakan treatment 

Selain menggunakan sampo dan kondisioner khusus, gunakan pula treatment rambut berwarna satu atau dua kali seminggu untuk memberikan perawatan lebih dan menjaga kelembapan rambut.

7. Rajin gunakan hair serum

Gunakan hair serum untuk memberikan kelembapan ekstra pada rambut dan melindungi rambut dari kerusakan akibat penggunaan alat pemanas.

Itu dia cara-cara mudah dan sederhana merawat rambut berwarna di rumah. Rajin merawat rambut akan membuat rambutmu sehat dan berkilau indah.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya