5 Cara Bikin Foto Traveling Unik dan Beda dari Orang Lain

Travelling tak lengkap kalau tidak mengabadikannya dengan foto, 5 cara ini bisa jadi referensi Anda biar foto makin kece, unik, dan beda.

oleh Firman Fernando Silaban diperbarui 25 Okt 2015, 19:00 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2015, 19:00 WIB
Ilustrasi mengambil foto objek saat travelling
Travelling tak lengkap jika tidak diabadikan lewat foto. (Sumber www.roughguides.com)

Liputan6.com, Jakarta Buat Anda yang suka jalan-jalan atau travelling, tidak lengkap rasanya kalau tidak mendokumentasikannya dengan berfoto. Nuansa, tempat, situasi, bahkan kuliner baru menjadi objek yang tak boleh luput dari jepretan kamera atau smartphone Anda.

Anda pasti menginginkan foto dengan kualitas yang bagus untuk Anda unggah di media sosial, seperti Instagram, Path, Facebook, Twitter, Flicker, dan lainnya atau mungkin hanya menjadi koleksi pribadi. Namun, tak selamanya foto yang kita ambil bagus untuk melengkapi koleksi foto kita.

Nah pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan hasil foto yang bisa membuat Anda bahkan followers Anda tergugah?
Dilansir dari berbagai sumber, Liputan6.com merangkum cara-cara yang dapat anda lakukan agar foto perjalanan Anda terlihat unik dan beda dari orang lain.

Berani berinteraksi dengan objek
Salah besar jika foto candid atau diam-diam itu tidak membutuhkan interaksi terlebih dahulu. Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat dan punya keinginan untuk mengabadikan objek hidup, khususnya manusia, interaksi dan komunikasi diperlukan untuk membangun chemistry. Coba saja Anda bayangkan ada seseorang yang tidak dikenal, tiba-tiba memotret Anda, tidak nyaman pastinya. Oleh karena itu, proses pengenalan dibutuhkan sehingga objek merasa nyaman saat dipotret.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata
Proses ini cukup penting agar Anda punya gambaran lebih banyak ketika ingin memutuskan untuk memotret objek apa. Persiapan yang tidak matang, hanya membuat Anda membuang waktu dan tenaga untuk mendapatkan foto yang seharusnya berkualitas. Contohnya, ketika Anda ingin berkunjung ke Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Beberapa hal yang ada di sana bisa masuk dalam daftar objek yang akan anda foto, seperti lanscape pantai, sunset, dan objek lainnya.

Bawalah Peralatan yang Ringkas sesuai Kebutuhan
Biasanya bagi para pemula, tahapan ini seringkali luput jadi perhatian. Sebab membawa peralatan berlebihan hanya akan membuat Anda repot sehingga yang terjadi Anda melewatkan momen atau objek yang ingindipotret. Kalau Anda bukan fotografer profesional, mungkin lensa-lensa besar dan kamera yang banyak tidak perlu Anda bawa. Cukup dengan kamera Smartphone, kamera Mirrorless, atau kamera pocket, Anda bisa mengeksplor objek di tempat wisata dengan leluasa.

Penentuan waktu saat mengambil foto
Dalam dunia fotografi, pemilihan waktu yang tepat sangat diperlukan. Sebab, cahaya matahari sangat penting untuk menghasilkan foto-foto yang baik sebagai sumber pencahayaan. Lain hal jika Anda di tempat tertutup (indoor), pencahayaan dari lampu sebagai sumbernya. Mungkin hal ini tidak terlalu berlaku untuk penggunaan kamera Smartphone yang punya fitur filter dan editing foto sendiri.

Untuk foto kegiatan travelling, gunakan lensa lebar
Penggunaan lensa lebar akan memberikan kesan yang luas untuk foto objek lansekap dan kesan akrab kalau anda memotret manusia. Lensa lebar ini juga sangat direkomendasikan ketika anda melakukan selfie dan wefie untuk memperlihatkan lingkungan di sekitar Anda. (Ffs/Nad)

 

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya