Bothok dan 5 Makanan Lain yang Dibungkus Pakai Daun Pisang

Selain buah, daun pohon pisang juga bermanfaat. Salah satunya untuk membungkus sejumlah makanan.

oleh Komarudin diperbarui 18 Jul 2019, 07:04 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2019, 07:04 WIB
Ilustrasi Daun Pisang
Ilustrasi Daun Pisang (pixabay.com)

Liputan6.com, Jakarta - Pohon pisang mempunyai beragam manfaat. Selain buahnya yang bisa dikonsumsi, daun pisang bisa juga digunakan untuk membungkus.

Daun pisang juga bisa digunakan sebagai pendukung dekorasi, juga bisa digunakan dalam berbagai kegiatan keagamaan, serta manfaat kesehatan.

Daun pisang memiliki kandungan polifenol yaitu antioksidan alami. Antioksidan sendiri berkhasiat melawan radikal bebas dan mencegah berbagai macam penyakit.

Berikut beberapa makanan yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Selain harganya murah, daun pisang juga sangat mudah didapat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Lontong

Liputan 6 default 5
Ilustraasi foto Liputan 6

Makanan berbahan dasar beras ini biasa dibungkus dengan daun pisang. Membuat proses pembuatan lontong sangat mudah. Bahannya hanya beras, daun pisang, dan garam.

Pepes

Daun pisang juga digunakan untuk pepes, mulai dari pepes nasi, ayam, teri, ikan, bahkan jamur. Pepes merupakan metode memasak tertua di Asia dan Amerika Latin. Pepes ikan bahkan tercatat jadi salah satu makanan favorit mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Lemper

Lemper terbuat dari ketan dan biasanya berisi abon atau cincangan daging ayam. Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang disukai hampir semua lapisan masyarakat Indonesia. 


Nasi Bakar

Nasi bakar
Nasi bakar (cookpad.com)

Saat ini nasi bakar makin banyak disukai.Perpaduan antara nasi dengan sayuran dan daging, teri, dan lainnya yang diolah, kemudian dibungkus menggunakan duas pisang.

Bothok

Makanan khas Jawa ini terbuat dari ampas atau bungkil kelapa yang sudah diambil sarinya. Ampas kelapa ini dibumbui dengan cabai, garam, merica, daun salam, kemudian dibungkus pakai daun pisang. Saat ini bothok sudah dimodifikasi dengan petai China, tahu, teri, udang.

Nasi Kucing

Makanan ini juga menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Berlauk sambal teri, porsi nasi kucing hanya sekepal. Angkringan bisa menjual nasi kucing dengan makanan pelengkap seperti bakwan, gorengan tahu, sate usus, dan lani-lain.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya