Cara Memasak Steak Terbaik ala Restoran yang Tuai Kritik Warganet

Cara memasak steak ini diklaim seorang pembuat konten akan membuat tekstur daging tetap empuk dan juicy.

oleh Asnida Riani diperbarui 28 Sep 2021, 06:30 WIB
Diterbitkan 28 Sep 2021, 06:30 WIB
[Fimela] Steak
Ilustrasi steak | unsplash.com/@joseignaciopompe

Liputan6.com, Jakarta - Masakan rumahan bisa dikatakan naik daun selama pandemi. Pembatasan mobilitas membuat tidak sedikit orang bereksplorasi di dapur rumah sendiri dan menghasilkan sajian yang tidak itu-itu saja. Jadi, mengapa tidak membuat steak sendiri?

Di akun TikTok-nya, @tammylouiseee, baru-baru ini, seorang perempuan mengungkap rahasia restoran memasak steak terbaik. Ini berarti, klaimnya, menjaga tekstur daging tetap empuk dan juicy tanpa meninggalkan rasa berminyak berlebihan.

Di klip tersebut, Tammy memulai tutorial memasaknya dengan mengambil sebatang mentega dan mengoleskannya di satu sisi daging steak. "Lupakan pergi makan ke restoran mewah, ini yang terbaik," katanya.

Tahap yang sama pun dilakukan di sisi lain daging. Ia membungkus steak dengan mentega setebal kurang lebih 2,5 sentimeter di seluruh sisi. Tammy kemudian menggunakan bumbu taco instan untuk menutupi steak mentega dan menghangatkan wajan di atas api kecil.

Daging steak kemudian dimasukkan, mentega yang melumurinya seketika lumer. Ia kemudian menambahkan bawang bombai ke dalam wajan. Ia membalik steak dan membesarkan api.

Tammy menambahkan sebatang mentega lagi ke steak. "Menteganya meresap (ke dalam daging). Ini akan membuatnya lembut, enak, semuanya enak," tuturnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Dimasak dalam Kolam Mentega

Memasak Steak
Pengguna TikTok berbagi rahasia restoran menyajikan steak terbaik. (dok. tangkapan layar TikTok @tammylouiseee/https://www.tiktok.com/@tammylouiseee/video/7001934254959512838)

Ia kemudian meninggalkan sebatang mentega yang ditambahkan untuk menyerap dan meleleh di atas steak. Alhasil, "kolam mentega" tercipta di dalam wajan dan disebut membuat tekstur steak kian lembut.

Tammy kemudian membalik steak sekali lagi dan ketika dikeluarkan dari wajan, sepotong daging itu memang terlihat juicy. Di akhir klip, ia tampak memotong steak dan mencicipnya dengan hanya menambahkan ekspresi wajah untuk memberi tahu rasa sajian tersebut. 

Terlepas dari klaimnya, banyak pengguna di kolom komentar yang tidak setuju. Sebagian mengatakan ia menggunakan terlalu banyak mentega, membuat sajian tersebut jauh dari sehat, apalagi bisa disantap sebagai menu diet.


Tuai Protes Warganet

Memasak Steak
Pengguna TikTok berbagi rahasia restoran menyajikan steak terbaik. (dok. tangkapan layar TikTok @tammylouiseee/https://www.tiktok.com/@tammylouiseee/video/7001934254959512838)

Ada juga pengguna yang mengaku bekerja di restoran dan mengklaim mereka tidak pernah memasak steak seperti yang dicontohkan Tammy. "Restoran tidak akan mau memakai mentega sebanyak itu," timpal yang lain.

"Saya telah berbisnis restoran selama 40 tahun, dan tidak pernah melihat yang seperti ini," komentar seorang pengguna, sedangkan yang lain mengatakan, "Ini hanya caranya memasak. Ia hanya mau pengikut yang lebih banyak."

"Saya mau tahu komentar Gordon Ramsay melihat ini," sambung yang lain. Beberapa juga berkomentar bahwa daging hasil masakannya belum matang karena masih berwarna merah muda di bagian luar.


Infografis Cara Cuci Tangan yang Benar

Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Yuk Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya