Mendukung Eksistensi Brand Kecantikan Lokal Lewat Ajang Penghargaan

Sebuah ajang penghargaan digelar sebagai upaya untuk mendukung brand kecantikan lokal dan memberi mereka panggung lebih luas menjangkau masyarakat.

oleh Putu Elmira diperbarui 25 Okt 2021, 18:49 WIB
Diterbitkan 25 Okt 2021, 18:02 WIB
Ilustrasi Makeup
Ilustrasi makeup. (dok. Unsplash.com/@kellysikkema)

Liputan6.com, Jakarta - Brand kecantikan lokal kian diminati dan berjaya di negeri sendiri. Salah satu upaya mendukung eksistensi brand lokal ini adalah dengan penyelenggaraan ajang penghargaan dengan beragam keuntungan dan hadiah.

Seperti yang digelar oleh Tokopedia melalui Tokopedia Beauty Awards 2021. Sebelum mengumumkan pemenang pada Desember 2021, ada dua periode voting oleh masyarakat, yakni Periode 1 mulai 25 Oktober--14 November 2021 dan Periode 2 mulai 15--30 November 2021.

"Tokopedia Beauty Awards 2021 adalah salah satu contoh dari banyak inisiatif untuk mendukung UMKM lokal di industri kecantikan. Mengajak masyarakat mendukung produk lokal dalam kategori kecantikan dan perawatan diri," kata Antonia Adega selaku External Communications Lead Tokopedia dalam acara virtual, Senin (25/10/2021).

Dega melanjutkan, ada beberapa kriteria bagi brand kecantikan lokal yang ambil bagian dalam ajang ini. Pertama, dilihat dari jumlah followers, berlanjut dengan top trending produk atau seberapa sering dicari oleh masyarakat, serta penjualannya sesignifikan apa.

"Ingin kasih panggung lebih luas untuk UMKM lokal, tidak terkecuali untuk mereka di industri kecantikan. Kita bergerak ke daerah-daerah dengan inisiatif masyarakat di berbagai daerah punya kesempatan yang sama untuk menemukan produk kebutuhan sampai menciptakan peluang berbisnis daring," tambahnya.

Dega juga menyebut pihaknya mencatat kategori kecantikan dan perawatan tubuh menjadi salah satu kategori di Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama kuartal III/2021 dibanding periode yang sama di 2021. Produk dari pegiat lokal yang paling populer, mulai dari tabir surya, serum wajah, masker wajah, cleanser, dan krim wajah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ragam Kategori

Ilustrasi
Ilustrasi makeup. (dok. unsplash.com)

Dikatakan Dega, berbagai peningkatan di kategori kecantikan ini yang mendorong pihaknya kembali mengadakan acara. Misinya tidak lain demi memberi panggung lebih luas lagi kepada UMKM lokal di industri kecantikan untuk bisa lebih menjangkau masyarakat Indonesia.

"Terutama lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di Tokopedia yang sekarang sudah tersebar di 99 persen kecamatan di Indonesia," lanjutnya.

Masyarakat dapat berpartisipasi dengan mengikuti vote yang ada di halaman khusus Tokopedia Beauty Awards 2021. Masyarakat dapat memilih merek lokal andalan melalui dua periode, yakni Periode 1 terdiri atas best toner/essence, serum, moisturizer, sun care, face mask, face cleanser, eye care, body wash, body care, hair care, artisan body and hair care, serta hand sanitizer. Periode 2 untuk vote kategori best eye shadow, eye brow, eyeliner, mascara, foundation, blusher, lip color, makeup/setting spray, fragrance, newcomer, dan fastest growing brand.


Keuntungan Pemenang

[Fimela] Makeup Brush
Ilustrasi makeup | unsplash.com/@brandless

"Keuntungan merek lokal dapat penghargaan ajang ini tentynya exposure lebih tinggi karena pemenang akan kita libatkan kampanye yang ada, Tokopedia juga akan support dari sisi modal supaya pegiat UMKM lokal yang ada di bidang kecantikan ini bisa punya kesempatan untuk mengembangkan usahanya lebih lagi," jelas Dega.

Keuntungan lainnya adalah TopAds yaitu fitur iklan Tokopedia yang bakal meningkatkan exposure brand lokal. Pemenang juga akan mendapat plakat dan badge Tokopedia Beauty Awards 2021.

"Ini akan meningkatakan kepercayaan pembeli supaya bisa lebih dipilih masyarakat," ungkap Dega.

 
 

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan

Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan
Infografis Sampah Kemasan Produk Kecantikan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya