Harga Kamar di Mandalika Maksimal Naik 3 Kali Lipat, Apakah Aturan Pergub NTB Diikuti?

Pergub NTB mengatur harga kamar hotel dan penginapan di area dekat Sirkuit Mandalika maksimal hanya boleh naik tiga kali lipat.

oleh Henry diperbarui 22 Feb 2022, 18:02 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2022, 18:02 WIB
Mencermati Alamat Situs Berita
Ilustrasi Mencermati Situs Berita Online Credit: pexels.com/Kaboompics

Liputan6.com, Jakarta - Ajang balap motor paling bergengsi MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022. Animo wisatawan yang ingin menyaksikan langsung balapan di lapangan membludak. Sudah banyak yang memesan hotel maupun tempat penginapan lainnya di sana.

Tingginya minat wisatawan untuk menonton langsung ajang MotoGP Mandalika 2022 dimanfaatkan sejumlah pihak untuk mendapatkan keuntungan instan. Salah satunya dilakukan oleh penyedia kamar hotel atau penginapan.

Salah seorang korban praktik curang itu kemudian melontarkan unek-uneknya di kolom komentar akun Instagram Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrag) Sandiaga Uno. Ia mengaku sudah membayar Rp500 ribu per malam via situs pemesanan online untuk menginap di sekitar Mandalika. Namun, pihak hotel masih menagihnya biaya Rp3 juta per kamar per malam agar kamarnya tetap aman.

Terkait hal ini, Traveloka meminta agar konsumen tersebut segera mengadukan masalahnya melalui Customer Care Traveloka, baik melalui aplikasi maupun via email. "Kami akan segera melakukan investigasi dan menindaklanjuti kejadian sesuai dengan prosedur yang berlaku," tutur Shirley Lesmana, CMO Traveloka, kepada Liputan6.com, Senin, 21 Februari 2022.

Untuk itu, Gubernur Nusa Tengara Barat Zulkieflimansyah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 9 Tahun 2022 yang mengatur Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi. Pergub itu untuk mengatur tarif batas atas akomodasi dalam rangka menyambut gelaran MotoGP Mandalika 2022 pada 18--20 Maret 2022.

Dalam pergub tersebut diatur tiga zona. Di zona area seputar tempat event berlangsung, hotel dan penginapan diperkenankan menaikkan tarif maksimal tiga kali dari harga normal. Untuk zona yang lebih luar, kenaikan tarif diperbolehkan maksimal dua kali, dan zona terjauh dari area event kenaikan harga maksimal satu kali.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Hanya 1 Penginapan

Mencari Tempat Penginapan MotoGP Mandalika 2022 di Traveloka
Mencari Tempat Penginapan MotoGP Mandalika 2022 di Traveloka. foto: tangkapam layar www.traveloka.com

Saat ditelusuri lewat laman resmi beberapa OTA, memang ada yang tarifnya naik drastis, tapi ada juga yang tidak mencantumkan harga dan bahkan mengklaim tidak ada lagi tempat penginapan yang tersedia di tanggal tersebut. Saat Liputan6.com mencari di Traveloka, untuk 18 sampai 20 Maret di hari ini, Selasa (22/2/2022), hanya ada satu penginapan yang tersedia yaitu Ocean Views Campsite.

Tarif penginapan itu adalah Rp450 ribu. Tarifnya hampir sama kalau kita memesan untuk menginap pada akhir pekan ini. Tempat penginapan ini hanya berjarak sekitar 4 km dari Sirkuit Mandalika.

Hal itu hampir sama dengan tiket.com. Saat ditelusuri, hanya ada penginapan satu penginapan yang tersedia yaitu Fisherman’s Bungalow.

Tarifnya cukup terjangkau yaitu Rp350 ribu, dan harga yang sama juga tertera kalau kita memesannya untuk akhir pekan ini (26-27 Februari 2022). Namun Anda harus bergegas, karena sampai dengan Selasa siang (22/2/2022), bungalow ini hanya menyisakan satu kamar lagi.


Gili Trawangan

Proyek Sirkuit Mandalika Lombok
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, selatan Lombok, 23 Februari 2019. Lokasi MotoGP di Lombok diharapkan dapat menghidupkan kembali ekonomi pulau itu yang sempat dilanda gempa. (ARSYAD ALI/AFP)

Hasil yang berbeda terlihat di laman resmi Agoda. Saat ditelusuri, masih ada beberapa penginapan yang tersedia bahkan ada yang menawarkan diskon yang cukup besar. drastis kalau kita memesannya saat MotoGP Mandalika berlangsung. Tapi ini hanya berlaku di penginapan di Gili Trawangan.

Contohnya, kalau kita mau menginap di Gili Eco Villas pada 18 sampai 20 Maret 2022, tarifnya sekitar Rp504 ribu. Kalau menginap di akhir pekan ini tarifnya sekiatr Rp411 ribu.

Lalu ada Aston Sunset Beach Resort. Kalau kita mau menginap pada 18 sampai 20 Maret 2022, tarifnya sekitar Rp1 juta, dan sampai berita ini ditulis hanya tersisa dua kamar lagi. Kalau menginap di akhir pekan ini tarifnya hanya sekitar Rp263 ribu.


Naik Drastis

Rekomendasi Tempat Makan Instagramable Dekat Sirkuit Mandalika
Rekomendasi Tempat Makan Instagramable Dekat Sirkuit Mandalika (Istimewa)

Berbeda lagi dengan di Expedia. Di OTA tersebut masih ada beberapa penginapan yang tersedia, tapi khusus untuk tanggal 18 sampai 20 Maret 2022, tarifnya naik drastis.

Di Ekas Breaks misalnya, kalau kita menginap di resor ini pada 26-27 Febuari 2022, tarifnya sekitar Rp743 ribu. Sedangkan periode 18 sampai 20 Maret 2022, tarifnya naik menjadi sekitar Rp1 juta per malam dan hanya tersisa satu kamar lagi.

Lalu, ada Jeeva Beloam Beach Camp yang pasang tarif sekitar Rp1,8 juta untuk akhir pekan ini. Sedangkan pada 18-20 Maret 2022, tarif glamping di tepi pantai ini naik drastis menjadi sekitar Rp10,7 juta dan tersisa dua kamar lagi.

Yang naik lebih drastis lagi bisa dilihat di laman Booking.com, salah satunya di Mad Monkey Kuta Lombok. Kalau kita menginap di akhir pekan ini (25-27 Februari), tarif per kamarnya hanya sekitar Rp427 ribu. Tapi kalau kita memesan untuk di tanggal 18 sampai 20 Maret 2022, tarifnya naik drastis sampai sekitar Rp9 juta untuk 3 har 2 malam sampai Rp12,5 juta untuk 4 hari 3 malam!  Harganya ternyata naik sampai lebih dari 10 kali lipat.

Meski begitu, untuk yang memesan kamar dari 18 sampai 20 Maret 2022, tidak tersedia kamar lagi. Yang masih terseida adalah antara tanggali 16 sampai 19 Maret 2022. 


Infografis Jadwal Sementara MotoGP 2020

Infografis Jadwal Sementara MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jadwal Sementara MotoGP 2020 (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya