Top 3 Berita Hari Ini: Sepak Terjang Arnold Putra yang Kontroversial, Desainer yang Diduga Pesan Organ Tubuh Manusia

Top 3 Berita Hari Ini, sepak terjang Arnold Putra yang kontroversial, desa wisata di MInahasa dan teknologi untuk minum air keran.

oleh Henry diperbarui 24 Feb 2022, 23:05 WIB
Diterbitkan 24 Feb 2022, 23:05 WIB
6 Potret Arnold Putra, Desainer Indonesia yang Tengah Jadi Sorotan
Arnold Putra (Sumber: Instagram/arnoldputra)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang sepak terjang desainer Arnold Putra yang kontroversial. Ia kembali menyita atensi publik karena dituding memesan organ tubuh manusia dari laboratorium di Brasil yang dikirim ke Singapura.

Paket diduga organ tubuh manusia berisi tangan dan tiga plasenta manusia dikemas dan dikirim ke Singapura, menurut keterangan Polisi Federal Brasil. Pengiriman dilakukan pada Selasa pagi, 22 Februari 2022, waktu setempat. Laporan tersebut diungkap usai penggerebekan Universitas Negeri Amazonas (UEA) di kota Manaus, Brasil. Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah tentang Desa Wisata Tulumantung di Minahasa, Sulawesi Utara.

Desa wisata ini memiliki sederet potensi wisata, termasuk situs adat dan budaya. Salah satu yang populer adalah Waruga, kuburan kuno orang Minahasa yang terbuat dari dua batu berbentuk segitiga dan kotak. Kuburan kuno ini menandai keberadaan manusia di Minahasa pada masa lampau dan perkembangannya.

Waruga awalnya digunakan sebagai tempat penguburan dan pelaksanaan ritual kematian dalam kepercayaan aninisme dan dinanisme, serta sebagai pelambang seni masyarakat Minahasa. Berita ketiga yang banyak diminati adalah tentang air bersih. Salah satu tantangan terbesar masyarakat Indonesia saat ini adalah air bersih.

Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa kondisi air di 10 dari 24 provinsi di Indonesia sangat tercemar oleh bakteri E. coli dan zat berbahaya. Minum dari air keran sudah banyak dilakukan di negara-negara maju, termasuk di beberapa negara Asia.

Namun di Indonesia, hal itu belum terlalu umum antara lain karena kualitas air di negeri ini. Ketiga bahasan itu terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

Sepak Terjang Arnold Putra yang Kontroversial, Desainer yang Diduga Pesan Organ Tubuh Manusia

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Viral Sosok Arnold Putra, Desainer yang Buat Tas dari Tulang Manusia
Sosok Arnold Putra (Sumber: Instagram/@arnoldputra)

Desainer Arnold Putra kembali menyita atensi publik. Baru-baru ini, ia dituding memesan organ tubuh manusia dari laboratorium di Brasil yang dikirim ke Singapura.

Sebelumnya, desainer Indonesia ini juga sempat bikin heboh ketika menghadiri pertunjukan busana di Paris Fashion Week 2022. Kala itu, ia mengenakan busana mirip seragam organisasi massa (ormas) Pemuda Pancasila.

Selengkapnya…

Mengenal Waruga, Kuburan Kuno di Desa Wisata Tumaluntung

Cerita Waruga, Kuburan Kuno Para Leluhur Minahasa
Keberadaan waruga tersisih gara-gara wabah kolera dan pengaruh Kristen. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Kekayaan budaya Indonesia memang tak dapat terbantahkan. Salah satunya tercermin dari wisata budaya di Desa Wisata Tumaluntung, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Dikutip dari Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Rabu, 23 Februari 2022, wilayah desa wisata ini berbatasan dengan Gunung Klabat di bagian utara, sebelah selatannya dengan Kecamatan Tondano, sebelah timur dengan Desa Lembean, dan sebelah barat dengan Desa Tanggari. Desa Wisata Tumaluntung memiliki luas wilayah 2.400 hektare.

Selengkapnya…

Teknologi Keran Baru agar Bisa Minum Air Keran Langsung

Air mineral
Ilustrasi air putih. (pexels.com/CC0 License).

Salah satu tantangan terbesar masyarakat Indonesia saat ini adalah air bersih. Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa kondisi air di 10 dari 24 provinsi di Indonesia sangat tercemar oleh bakteri E. coli dan zat berbahaya lainnya seperti klorin serta logam berat seperti merkuri, besi, dan arsenik.

Mendesaknya kebutuhan dan infrastruktur sumber daya air, pemerintah Indonesia telah memberlakukan beberapa solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Contohnya, program air dan sanitasi berbasis masyarakat PAMSIMAS dan Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) 2021 untuk menerapkan pengelolaan sumber daya air yang komprehensif, terpadu dan berkelanjutan, yang mendorong kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pelaku industri.

Selengkapnya…


Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya