Kerjaan Numpuk dan Bingung Selesaikannya? Kamu Harus Lakukan 4 Tips Ini!

Daripada bingung dan merasa terbebani, lebih baik kamu mencoba tips menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk ini ya!

oleh Fachri pada 17 Jun 2022, 12:30 WIB
Diperbarui 17 Jun 2022, 23:00 WIB
Bekerja.
Ilustrasi sedang bekerja. (Foto: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Lagi banyak kerjaan yang harus diselesaikan? Nah, saat kondisi seperti ini, terkadang malah membuat kiamu merasa terbebani untuk menyelesaikannya. Bahkan, nggak sedikit yang akhirnya merasa stres karena pekerjaan terlalu banyak. Rasa bingung pun akhirnya muncul karena nggak tahu harus mengerjakan yang mana duluan.

Alih-alih selesai, malah lewat dari deadline. Kebiasaan seperti itu harus segera kamu hentikan ya, karena bisa memengaruhi performa kerja kamu di kantor. Daripada bingung dan merasa terbebani, lebih baik kamu mencoba tips menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk ini ya!

 


1. Buat Skala Prioritas

Skala Prioritas.
Ilustrasi membuat skala prioritas bekerja. (Foto: Shutterstock)

Ketika merasa kelimpungan dengan pekerjaan yang ada, kamu perlu atur ritme kerja ya. Salah satunya dengan cara kamu buat skala prioritas. Dengan ini, kamu bisa me-manage, mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu mana yang nggak. Misalnya, pekerjaan yang sudah mepet waktu deadline, sebaiknya didahulukan.

Kemudian, kamu juga bisa membuat daftar pekerjaan dilihat dari tingkat kesulitannya. Kerjakan yang mudah terlebih dahulu karena tidak memerlukan banyak waktu. Tips menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk ini akan sangat membantu jika kamu mau konsisten mengerjakan pekerjaan sesuai daftar yang sudah dibuat. 


2. Kerjakan Satu Tugas Dahulu

Bekerja.
Ilustrasi dengan mengerjakan tugas kantor. (Foto: Shutterstock)

Cara menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk, salah satunya dengan selalu fokus mengerjakan satu tugas terlebih dahulu. Namun, supaya lebih efektif sebaiknya kamu kerjakan tugas satu per satu dan hindari multitasking. Pasalnya, hal yang satu ini malah akan membuat fokusmu terpecah. Ada baiknya, supaya pikliran kamu jernih dan tenang, fokus kerjakan tugas satu per satu ya!


3. Selalu Update Kerjaan

Bekerja.
Ilustrasi sedang update pekerjaan. (Foto: Shutterstock)

Nah, setelah di awal tadi kamu buat skala prioritas, kalau ada pekerjaan yang sudah selesai, kamu perlu update ya. Kamu bisa mmeberi tanda di skala prioritas yang kamu buat terkait pekerjaan yang sudah selesai dikerjakan.

Hal itu mencegah kamu kebingungan saat melihat antara pekerjaan yang sudah diselesaikan dan belum. Jadi, dengan selalu update di skala prioritas, kamu akan paham dengan perkembangan pekerjaan yang dikerjakan. Dan dengan selalu update pekerjaan yang telah diselesaikan, akan membuat kamu jauh lebih tenang dan terhindar dari kondisi kelimpungan.


4. Sempatkan Rehat Sejenak

Rehat Bekerja.
Ilustrasi rehat dalam bekerja. (Foto: Shutterstock)

Ketika kerjaan terlalu menumpuk, memang kkita harus benar-benar fokus untuk menyelesaikannya. Tapi, jangan sampai lupa untuk tetap melakukan istirahat sejenak ya, jangan lama-lama! Hal ini diperlukan biar kamu nggak merasa stres saat menyelesaikan pekerjaan.

Ada beberapa aktivitas saat istirahat sejenak yang bisa kamu coba lho. Misalnya dengan melakukan peregangan, melatih pernapasan, atau mencari udara segar. Saat sudah merasa sangat jenuh melihat komputer, jangan memaksakan untuk terus bekerja.

Pasalnya hal itu akan membuatmu merasa tertekan dan membuat mood jadi buruk. Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap mengambil waktu untuk beristirahat karena kesehatan fisik dan mental tetap jadi prioritas.

Nah, itu dia tips gimana kamu selesaikan pekerjaan yang numpuk secara tenang dan tepat ya. Apakah setelah membaca 4 tips di atas kamu tertarik untuk mencobanya? Semoga efektif ya! Yang terpenting, kamu harus memiliki perencanaan yang matang dalam menyelesaikan pekerjaan biar nggak kelimpungan!

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya