Apakah Kate Middleton dan Meghan Markle Akan Pakai Kerudung Berkabung di Pemakaman Ratu Elizabeth II?

Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022, dan akan dihadiri keluarga kerajaan, termasuk Kate Middleton dan Meghan Markle.

oleh Putu Elmira diperbarui 16 Sep 2022, 19:11 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2022, 07:32 WIB
Pangeran William, Kate Middleton, Meghan Markle, dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022 (Christopher Furlong/Pool Photo via AP)
Pangeran William, Kate Middleton, Meghan Markle, dan Pangeran Harry dalam prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022 (Christopher Furlong/Pool Photo via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022. Prosesi penguburan ibunda Raja Charles III tersebut akan dihadiri oleh keluarga kerajaan Inggris, termasuk Kate Middleton dan Meghan Markle.

Dikutip dari PageSix, Kamis, 15 September 2022, saat pemakaman Ratu Elizabeth II nanti, pemirsa di seluruh dunia akan melihat keluarga kerajaan mengenakan seragam militer, jas dan pakaian hitam. Namun, bagian lain dari pakaian berkabung mereka juga akan tampak yang sesuai dengan sejarah ratusan tahun.

Beberapa di antaranya adalah kerudung hitam panjang yang dikenakan Ratu dan Ibu Suri pada pemakaman Raja George VI pada 1952 atau netted style yang dikenakan Kate Middleton untuk prosesi pemakaman Pangeran Philip pada 2021. Diketahui bahwa kerudung berkabung telah ada selama beberapa generasi.

Penggunaan item tersebut mungkin dianggap sebagai tradisi Victoria karena sang ratu mengenakan kerudung selama sisa hidupnya setelah kematian suami tercintanya, Pangeran Albert. Namun, kebiasaan itu dapat dilacak jauh sebelum itu, seperti yang dikatakan sejarawan kerajaan Jessica Storoschuk dari An Historian About Town kepada Page Six Style.

"Tradisi kerudung berkabung sudah ada sejak beberapa abad yang lalu, dan tampak mirip seperti kerudung biarawati," katanya.

Ia menambahkan bahwa kerudung berkabung itu kerap dianggap sebagai 'pelindung' yang akan melindungi kesedihan mereka dari publik. Storoschuk menjelaskan panjang dan gaya kerudung telah berubah selama bertahun-tahun dan kerudung yang lebih modern "seringkali lebih pendek dan terbuat dari bahan transparan."

"Kerudung Princess of Wales di Westminster Hall cukup pendek dan terbuat dari jaring hitam, yang sesuai dengan praktik penggunaan kerudung saat ini," kata sejarawan itu.


Penggunaan di Masa Lalu

Ratu Elizabeth II, Ibu Suri Elizabeth dan Putri Margaret
Ratu Elizabeth II, Ibu Suri Elizabeth dan Putri Margaret menghadiri kedatangan jenazah Raja George VI di Westminster Hall di London pada 11 Februari 1952. (SPORT AND GENERAL PRESS AGENCY LIMITED / AFP)

Ratu Elizabeth II, Putri Margaret, dan Ibu Suri, misalnya, mengenakan kerudung hitam penuh untuk meratapi kepergian ayah dan suami mereka Raja George VI pada 1952. Wallis Simpson melakukan hal yang sama ketika suaminya, Duke of Windsor (sebelumnya Raja Edward VIII) meninggal dunia pada 1972.

Beberapa dekade kemudian, topi berkerudung yang lebih kecil terlihat lebih sering. Meskipun perempuan kerajaan modern tidak selalu memilih salah satunya (misalnya, Ratu Elizabeth II tidak mengenakan kerudung di pemakaman Pangeran Philip), kemungkinan hal ini akan terlihat dari beberapa anggota keluarga saat kebaktian pada Senin, 19 September 2022, meski jumlahnya yang lebih rendah.

Topi hitam elegan dengan jaring, seperti gaya yang dikenakan Kate Middleton untuk pemakaman Pangeran Philip pada 2021 ,atau pada kebaktian di Westminster Hall untuk memulai pemakaman Ratu adalah hal yang kuat ada untuk pemakaman mendiang ratu. Meghan Markle juga pernah mengenakan topi subtle veiled untuk acara peringatan. Ia mengenakan gaya angkatan laut yang indah untuk layanan Field of Remembrance ke-91 di Westminster Abbey pada 2019.


Perhiasan Mutiara

Penampilan Meghan Markle - Kate Middleton saat Hadiri Prosesi Persemayaman Ratu Elizabeth II
Kate Middleton berada di dalam mobil saat menghadiri prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall di London (14/9/2022). Kate Middleton yang mendapat gelar baru sebagai Princess of Wales memakai bros berlian dan mutiara berbentuk daun. (AFP/Marco Bertorello)

Selain kerudung, beberapa detail seperti penggunaan perhiasan mutiara diperkirakan muncul di pemakaman. Dari bros dan anting-anting Princess of Wales hari ini hingga choker empat untai Permaisuri, anggota keluarga kerajaan telah mengenakan batu permata milik mendiang ratu untuk mengucapkan selamat tinggal padanya.

Dalam perjalanan ke Istana Buckingham untuk menerima peti mati Ratu Elizabeth pada Selasa, 13 September 2022, Kate Middleton terlihat mengenakan kalung mutiara tiga untai yang menyerupai salah satu dari koleksi perhiasan mendiang Ratu. Ia mengenakannya bersama dengan sepasang anting-anting berlian dan mutiara milik ratu.

Mengenakan gaun hitam lengan panjang dengan rambut ditata loose curls, Princess of Wales tampak muram saat dia bertolak ke istana bersama suaminya Pangeran William. Meskipun tidak mungkin untuk mengatakan apakah kalung itu adalah salah satu miliki Ratu, Middleton tidak pernah terlihat mengenakan desain yang serupa. Anting-antingnya yang berkilauan adalah pinjaman jangka panjang dari Ratu yang kerap dia pakai.


Simbol Mutiara

Camilla, the Queen Consort; Kate, Princess of Wales; Sophie, Countess of Wessex; dan Meghan, Duchess of Sussex di prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Oli Scarff/Pool via AP)
Camilla, the Queen Consort; Kate, Princess of Wales; Sophie, Countess of Wessex; dan Meghan, Duchess of Sussex di prosesi persemayaman Ratu Elizabeth II di Westminster Hall, 14 September 2022. (Oli Scarff/Pool via AP)

Selain memberikan penghormatan kepada mendiang Ratu Elizabeth II, mutiara secara tradisional dikenakan selama masa berkabung kerajaan. "Tradisi kerajaan mengenakan mutiara untuk berkabung sudah ada sejak Ratu Victoria, yang begitu diliputi kesedihan ketika Pangeran Albert meninggal sehingga dia hanya mengenakan pakaian hitam selama sisa hidupnya," kata ahli perhiasan Steven Stone, Maxwell Stone kepada Page Six Style.

Ia menambahkan, "Mutiara dianggap mewakili air mata, tradisi yang bertahan hingga hari ini."

Pada 14 September 2022, anggota keluarga kerajaan mengikuti peti mati dengan berjalan kaki dari Istana Buckingham ke Westminster Hall, tempat Ratu Elizabeth akan disemayamkan hingga pemakaman pada Senin, 19 September 2022. Kate mengenakan mantel hitam baru oleh Catherine Walker dan topi dengan perhiasan mutiara yang berarti milik Ratu.

Kate Middleton juga memberikan penghormatan kepada mendiang ibu mertuanya, Putri Diana, dengan memilih Collingwood Pearl Earrings miliknya. Sedangkan, Camilla memilih salah satu choker mutiara empat untai yang sering dipakainya dengan jepit berlian, bersama dengan anting-anting mutiara dan berlian.

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya