Penguin Kaisar Masuk Daftar Terancam Punah akibat Perubahan Iklim

Dampak perubahan iklim turut menyeret spesies penguin kaisar terancam punah.

oleh Putu Elmira diperbarui 28 Okt 2022, 13:02 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 13:02 WIB
Ilustrasi Penguin Kaisar
Ilustrasi Penguin Kaisar (dok. Unsplash.com/Martin Wettstein)

Liputan6.com, Jakarta - Penguin kaisar secara resmi dinyatakan sebagai spesies terancam punah. Hal ini menyusul dampak perubahan iklim terhadap habitat hewan yang hidup di Antartik tersebut.

Dikutip dari Travel + Leisure, Kamis, 27 Oktober 2022, penguin kaisar terdaftar sebagai spesies terancam di bawah Undang-Undang Spesies Terancam Punah oleh U.S. Fish and Wildlife Service pada Selasa, 25 Oktober 2022. Daftar ini bertujuan untuk mencegah penguin kaisar benar-benar punah.

Dampak perubahan iklim pada habitat es laut mereka adalah "ancaman utama" bagi penguin kaisar, menurut badan tersebut. "Daftar ini mencerminkan krisis kepunahan yang berkembang dan menyoroti pentingnya ESA (Undang-undang Spesies Terancam Punah) dan upaya untuk melestarikan spesies sebelum penurunan populasi menjadi tidak dapat diubah," kata direktur layanan Martha Williams dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan, "Perubahan iklim berdampak besar pada spesies di seluruh dunia dan mengatasinya adalah prioritas bagi pemerintahan. Daftar penguin kaisar berfungsi sebagai alarm tetapi juga panggilan untuk bertindak."

Fish and Wildlife Service mengatakan populasi penguin kaisar saat ini tetap stabil dengan sekitar 61 koloni berkembang biak yang ada di sepanjang garis pantai Antartika dengan perkiraan 625.000 hingga 650.000 penguin kaisar di dunia. Tetapi, para ahli telah memperkirakan populasi hewan ini dapat berkurang dari 26 persen menjadi 47 persen pada 2050.

Perubahan iklim terutama mengancam penguin kaisar yang hidup di Samudra Hindia, Samudra Pasifik Barat, Laut Bellingshausen, dan Laut Amundsen. Di sana, koloni diproyeksikan menurun lebih dari 90 persen karena mencairnya es laut, menurut Fish and Wildlife Service.


Populasi Menurun

Ilustrasi Penguin Kaisar
Ilustrasi Penguin Kaisar (dok. Unsplash.com/Paul Carroll)

Tahun lalu, Fish and Wildlife Service menyatakan 23 spesies punah, termasuk pelatuk paruh gading, yang merupakan pelatuk terbesar di Amerika. Hewan ini telah terdaftar terancam punah sejak 1967.

Sejak Undang-Undang Spesies Terancam Punah diresmikan pada 1973, lebih dari 50 spesies telah dihapus dari daftar karena pemulihan spesies. Lebih dari 50 lainnya telah dipindahkan dari "terancam punah" menjadi "terancam".

Penguin kaisar terutama ditemukan di Laut Ross dan Weddell di Antartika, tetapi beberapa ada di penangkaran. Pengunjung SeaWorld San Diego, misalnya, dapat melihat sekilas hewan-hewan ini bersama dengan spesies penguin yang lebih kecil, yakni king, adlie, gentoo, chinstrap, dan penguin makaroni.

Penguin kaisar adalah yang terbesar dari semua spesies penguin dan tingginya hampir empat kaki. Dikutip dari National Geographic, Kamis, 27 Oktober 2022, hewan yang tidak bisa terbang ini hidup di es Antartika dan di perairan sekitar yang dingin. Penguin menggunakan adaptasi fisiologis dan perilaku kooperatif untuk menghadapi lingkungan yang sangat keras, di mana angin dingin bisa mencapai -76 derajat Fahrenheit (-60 derajat Celcius).


Tentang Penguin Kaisar

Ilustrasi Penguin Kaisar
Ilustrasi Penguin Kaisar (dok. Unsplash.com/Hubert Neufeld)

Penguin kaisar meringkuk bersama untuk menghindari angin dan berbagi kehangatan. Individu bergiliran pindah ke bagian dalam kelompok yang terlindungi dan relatif hangat.

Setelah penguin sedikit menghangat, ia akan bergerak ke sekeliling kelompok sehingga yang lain dapat menikmati perlindungan dari elemen es. Penguin kaisar menghabiskan musim dingin yang panjang di atas es terbuka dan bahkan berkembang biak selama musim yang sulit ini.

Betina bertelur tunggal dan kemudian segera meninggalkannya. Mereka bepergian berburu diperpanjang yang berlangsung sekitar dua bulan. Bergantung pada luasnya lapisan es, betina mungkin perlu bepergian sekitar 50 mil (80,4 km) hanya untuk mencapai laut terbuka, tempat mereka akan memakan ikan, cumi-cumi, dan krill.

Di laut, penguin kaisar dapat menyelam hingga kedalaman 1.850 kaki (563,8 meter) lebih dalam dari burung mana pun. Hewan ini bertahan di bawah selama lebih dari 20 menit. Dari segi reproduksi, penguin kaisar jantan menjaga telur yang baru diletakkan agar tetap hangat, tetapi mereka tidak duduk di atasnya, seperti yang dilakukan banyak burung lainnya.


Berkembang Biak

Ilustrasi Penguin Kaisar
Ilustrasi Penguin Kaisar (dok. Unsplash.com/Ian Parker)

Penguin kaisar jantan berdiri dan melindungi telur mereka dari cuaca dengan menyeimbangkan di kaki mereka dan menutupi telur dengan kulit berbulu yang dikenal sebagai kantong induk. Selama pertarungan dua bulan mengasuh anak ini, penguin kaisar jantan tidak makan apa-apa dan berada di bawah kekuasaan cuaca Antartika.

Ketika penguin betina kembali ke tempat berkembang biak, mereka membawa perut penuh makanan yang mereka muntahkan untuk anak-anak ayam yang baru menetas. Setelah tugas mereka selesai, penguin kaisar jantan turun ke laut untuk mencari makanan untuk diri mereka sendiri.

Induk merawat anak-anak mereka dan melindungi mereka dengan kehangatan kantong induk mereka sendiri. Di luar kepompong yang hangat ini, seekor anak bisa mati hanya dalam beberapa menit. Pada Desember, musim panas Antartika, bongkahan es mulai pecah dan perairan terbuka muncul di dekat tempat berkembang biak, tepat saat penguin kaisar muda siap berenang dan memancing sendiri.

Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Bumi Makin Panas, Apa Solusinya? (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya